Walikota Metro Sambut Kedatangan Studi Banding STBM Kota Madiun, Jawa Timur

 > Berita >  Walikota Metro Sambut Kedatangan Studi Banding STBM Kota Madiun, Jawa Timur
0 Comments

Walikota Metro Wahdi menyambut baik kunjungan studi banding Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM), dari Kota Madiun, Provinsi Jawa Timur. Studi banding ini berlangsung di Ruang OR Setda Kota Metro, Jumat 1/7/2022.

.

Pada kesempatanya, Ketua Rombongan Studi Banding STBM Kota Madiun, Denik Wuryani, menyampaikan rasa terima kasih telah disambut baik untuk melakukan studi banding STBM di Kota Metro.

.

“Tentunya kami sangat senang telah diterima dalam rangka belajar terkait dengan 5 (lima) Pilar STBM di Kota Metro. Yang dimana kegiatan ini merupakan salah satu dari peringati hari jadi Kota Madiun. Kami akan belajar banyak terkait deklarasi 5 (lima) Pilar STBM di Kota Metro yang telah lebih dahulu melakukannya,” jelasnya.

.

Lanjutnya, Denik Wuryani mengaharapkan, pertemuan ini dapat semakin menjaga nilai silaturahmi. Terlebihnya juga kunjungan Kota Madiun ini untuk mendapatkan banyak ilmu dari Kota Metro.

Dalam sambutan, Wahdi menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan studi banding STBM. Sehingga melalui kegiatan ini selain dapat meningkatkan jalinan silaturahmi dan kerjasama, juga dapat memberikan motivasi dan semangat bagi kita semua khususnya terkait STBM.

.

“Proses panjang dari perjalanan STBM di Kota Metro sudah dilalui berawal dari pemicuan kepada masyarakat untuk tidak buang air besar sembarangan. Mengedukasi dan membuat komitmen bersama, untuk merubah perilaku buang air besar sembarangan dan ilanjutkan dengan verifikasi. Kota Metro berhasil mendeklarasikan Open Defecation Free (ODF) Kota Metro pada tanggal 15 November 2019,” paparnya.

Lanjutnya, Wahdi telah meneruskan komitmen Kota Metro dan melaksanakan STBM secara berkelanjutan di Kota Metro pada tahun 2020 dan 2021. Kota Metro mengikuti ajang penilaian STBM Award dan mendapatkan penghargaan STBM berkelanjutan 5 (lima)  Kabupaten/Kota terkait Katagori Supply Creatin Tahun 2021.

.

“Sebagai wujud dari pelaksanaan STBM berkelanjutan di Kota Metro, pada tanggal 30 Maret 2022 telah melaksanakan verifikasi 5 (lima) Pilar STBM untuk masyarakat Kota Metro. Hal ini membuktikan bahwa masyarakat Kota Metro telah melaksanakan sanitasi total berbasis masyarakat sepenuhnya. Dengan begitu hasil verifikasi ini dapat menjadi dasar Kota Metro mendeklarasikan, Kota Metro sebagai kota STBM pada tanggal 30 Maret 2022,” jelas Wahdi.

.

Tak hanya itu, Wahdi juga menjelaskan Pemerintah Kota Metro dan seluruh masyarakat Kota Metro secara terus-menerus berkomitmen melaksanakan SPBN. Terus berprogres untuk mendapatkan capaian lebih baik di setiap pilarnya pada program STBM, dengan kerja keras dari seluruh lapisan, baik dari OPD dan masyarakat Kota Metro.

“Selamat datang dan selamat ber studi banding di Kota Metro terkait program STBM. Semoga hari ini dapat bermanfaat bagi program STBM di Kota Madiun, Provinsi Jawa Timur,” katanya.

.

Turut hadir dalam kegiatan ini Sekretaris Daerah Kota Metro, Asisten I Pemerintah Kota Metro, Kepala BAPPEDA Kota Metro, Kepala Dinas Kesehatan Kota Madiun, Kepala Dinas Kesehatan Kota Metro, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Metro, Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Metro, Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Kota Metro, Ketua Tim TP-PKK Kota Metro. (Lia/Ian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.