Penyerahan 1350 Sertifikat Tanah di Kota Metro

Pemerintah Kota Metro bekerjasama dengan Badan Pertanahan Nasional (BPN) setempat melakukan penyerahan sertifikat tanah untuk rakyat secara virtual, di OR Setda Kota Metro, Jumat (03/07/2020).

Kepala BPN Kota Metro Rahmad mengatakan, sejak 2017 Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di Kota Metro mencapai 11.005 bidang. Pada tahun ini dengan target 1350, untuk Kota Metro sudah tercapai.

“Sejumlah 1350 sertifikat tanah ini akan kami bagikan secara langsung kepada masyarakat selama 2 minggu. Semoga dengan adanya PTSL kali ini dapat  membantu masyarakat dalam perekonomian, sehingga dari sertifikat bisa membantu dalam modal usaha,” ujar Rahmad.

Wakil Walikota Metro Djohan, menyampaikan PTSL untuk masyarakat merupakan program strategi nasional. Dengan pembuatan sertifikat ini telah memberikan nilai positif pada masyarakat Kota Metro.

“Allhamdulilah kami ucapkan terimakasih kepada Mentri beserta jajaran atas upaya selama ini, sehingga di Kota Metro seluruh tanah telah bersertifikat semuanya,” kata Djohan. (Sr/Dk)

Penyerahan Sertifikat Tanah untuk Rakyat Secara Virtual

Pemerintah Kota Metro bekerjasama dengan Badan Pertanahan Nasional (BPN) setempat mengikuti penyerahan sertifikat tanah untuk rakyat secara virtual, di OR Setda Kota Metro, Jumat (03/07/2020).

Selain Kota Metro, Kabupaten Tanggamus, Kabupaten Lampung Utara juga mengikuti acara ini. Proses ini telah diikuti oleh Menteri Agraria dan Tata Ruang RI Sofyan Jalil, Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang Surya Tjandra, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, Kepala BPN Provinsi Lampung, Kepala Daerah serta Kepala BPN setiap Daerah serta perwakilan masyarakat.

Sambutan Menteri Agraria Sofyan Jalil terimakasih kepada kepala BPN yang telah mengupayakan menyerahan sertifikat kepada masyarakat yang berhak.

“Saya rasa masyarakat sangat senang sekali, dengan penertiban sertifikat ini. Selain itu juga hal ini sebagai upaya kita agar lahan dan tanah di Provinsi Lampung tersertifikat secara menyeluruh, seperti di Kota Metro,” ungkapnya.

Sofyan Jalil juga menegaskan bahwa, untuk sisah bulan di akhir tahun untuk dimanfaatkan dengan membenahi data yang kurang dan salah. “Saya juga merasa senang, jika masyarakat banyak berdatangan langsung dan mulai memuji BPN akan pelayanan. Kita harapakan di tahun 2024 pelayana kita secara elektronik dan tanah sudah terdaftar, sehingga tidak adanya masalah sengketa tanah,” ujarnya.

“Dan saya ingatkan kepada masyarakat, jangan sampai dengan adanya sertifikat tanah ini, masyarakat malah banyak yang kehilangan asetnya yang telah menjadi jaminkan modal,” kata Sofyan Jalil.

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengatakan tidak menjadi hambatan dengan adanya Covid-19 ini dalam penyerahan sertifikat untuk rakyat. Pada kesempatan ini Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di Provinsi Lampung sebanyak  4.231.820 bidang tanah dengan rincian 65 % tanah sudah terdaftar dan sebanyak 34,9% belum terdaftar dan bersertifikat. (Sr/Dk)

Syukuran Hari Bhayangkara ke-74, Polres Metro Potong Tumpeng

Polres Kota Metro Potong Tumpeng usai melaksanakan Upacara HUT Bhayangkara ke 74 yang dilakukan secara virtual (01/07). Kapolres Metro AKBP Retno Prihawati mengawali prosesi potong tumpeng, dilanjutkan oleh Walikota Metro Achmad Pairin.

Walikota Metro pada sambutannya mengungkapkan, peringatan Hari Bhayangkara tahun ini bukan sekedar menjadi perayaan, tetapi dapat menjadi momentum untuk meningkatkan optimalisasi pelaksanaan tugas, khususnya dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Atas nama Pemerintah Kota Metro, kami mengucapkan terima kasih banyak kepada pimpinan dan seluruh anggota Polri Kota Metro khususnya dalam setiap pelaksanaan tugas dan pelayanan kepada masyarakat”, ucap Pairin.

Sementara itu, Kapolres Kota Metro, mengatakan bahwa didalam hari Bhayangkara ini kami masih ada kekurangan, namun dengan sinergitas semua pihak akan dapat mengisi kekurangan tersebut.

“Meski dalam kondisi covid-19, kami ingin lebih berbuat yang lebih baik dengan masyarakat. Dalam kesempatan ini juga, kami menyampaikan terimakasih kepada jajaran polri yang telah menjaga Kamtibmas Kota Metro semakin kondusif”, ujarnya. (dk)

Puncak HUT Bhayangkara ke-74 Dilakukan Secara Virtual

Peringatan HUT Polri atau Hari Bhayangkara ke-74 kali ini dilakukan secara virtual. Upacara dipimpin langsung oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) selaku inspektur upacara dari Istana Kepresidenan, Rabu (01/07/2020). Upacara virtual ini  juga disiarkan di Mabes Polri, seluruh Polda dan Polres di Indonesia.

Kapolres Kota Metro AKBP Retno Prihawati memimpin jalannya Upacara Virtual yang berlangsung di Polres Metro Lampung, dan juga dihadiri oleh Walikota Metro, Wakil Walikota Metro serta Unsur Fokorpimda Metro.

Jokowi dalam sambutannya mengucapkan selamat Hari Bhyangkara ke 74 kepada keluarga besar kepolisisan di Republik Indonesia.

“Terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas pengabdian dan pengorbanan menjaga keamanan dan ketertiban dalam penegakan hukum dan pengayoman kepada masyarakat”, ucap Jokowi.

Lanjutnya, Presiden RI menambahkan, didalam situasi yang sulit seperti ini, keterlibatan seluruh jajaran polri sangat diperlukan, harus aktif terlibat mengajak masyarakat  mengarahkan protokol kesehatan, aktif dalam berbagai bantuan, serta aktif menjaga keamanan, lakukan dengan cara yang humanis namun tegas dan tetap menjunjung profesionalitas. (dk)

Rapat Paripurna dan Jawaban Walikota Metro Atas Pandangan Umum Fraksi

DPRD Kota Metro kembali menggelar rapat Paripurna pembicaraan tingkat I sesi II dengan agenda pandangan umum fraksi-fraksi DPRD Kota Metro terhadap Penyampaian Raperda tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2019 dan Jawaban Walikota Metro atas Pandangan Umum Fraksi, di Ruang Sidang Utama DPRD, Selasa (30/06/2020).

Dalam penyampaian pandangan umumnya, juru bicara masing-masing fraksi menyampaikan berbagai masukan, saran dan kritik serta pertanyaan tentang berbagai persoalan dan permasalahan yang terjadi di tengah masyarakat.

Seperti pandangan umum Fraksi Partai Keadilan Sejahtera, yang menyoroti laporan keuangan pemerintah daerah yang telah diaudit oleh BPK RI menunjukkan capaian secara keseluruhan pendapatan yakni sebesar 102,33 persen. Namun dari sisi pos-pos yang menjadi sumber pendapatan ada beberapa yang tidak mencapai hasil maksimal dari sisi persentase seperti retribusi daerah yang hanya mencapai 93,90 persen, dana bagi hasil bukan pajak hanya 93,45 persen serta Dana Alokasi Khusus (DAK Fisik) hanya 92,52 persen.

Selepas sidang, Walikota Metro Achmad Pairin mengatakan sependapat dengan pandangan umum terkait peningkatan pelayanan publik dan kesejahteraan masyarakat serta berkaitan dengan penilaian terhadap kepatuhan Peraturan Perundang-undangan. ”Ini akan menjadi pedoman kami dalam pelaksanaan dan pertanggungjawaban APBD seperti contohnya mengenai SSH, penetapan SSH yang sudah berjalan, TAPD dan OPD teknis pengusul SSH yang berkoordinasi untuk memberikan bukti pendukung dan verifikasi, kemudian hasil akhirnya akan ditetapkan dengan Peraturan Perundang-undangan yang berlaku,” tutupnya. (Tm/Gt).

Puncak HARGANAS ke-27 Tahun 2020

Puncak Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) ke-27 Kota Metro Tahun 2020 dengan tema “Melalui Keluarga Kita Wujudkan Sumber Daya Manusia Unggul Menuju Indonesia Maju” berlangsung di OR Setda, Senin (29/06/2020).

Pada kesempatan yang sama diumumkan bahwa Kota Metro yang diwakili oleh Kelurahan Ganjar Asri telah meraih peringkat I pada kategori kesatuan gerak PKK-KKBPK-Kesehatan Provinsi Lampung tahun 2019/2020.

Tak hanya itu, Kota Metro juga masuk peringkat I kategori Posyandu, Lingkungan Bersih Sehat (LBS), PAAR cinta kasih kategori kota, UP2K kategori kota, lomba pemanfaatan pekarangan dan hatinya PKK kategori kota, peringkat II lomba Administrasi PKK Kategori Kota, PHBS, serta IVA tes.

Walikota Metro Achmad Pairin yang membacakan sambutan Kepala BKKBN Pusat menyampaikan bahwa, setiap tanggal 29 Juni telah ditetapkan sebagai Hari Keluarga Nasional (HKN).

“Dengan tema baru dan cara baru, semangat baru hadir dalam keluargamu. Adapun kampung KB yang telah dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo melalui bebagai upaya harus dapat terkontribusi dan tidak dijadikan beban untuk masyarakat,” ujar Pairin. (Sr/Ys)