Walikota dan Wakil Walikota Metro, Kunjungi Polres dan Kodim 0411/LT

Wahdi Siradjuddin, dihari keduanya menjabat sebagai Walikota Metro melanjutkan kunjungan silahturahmi kerja di Kantor Polres Kota Metro dan Kodim 0411/LT, Selasa (02/03/2021).

Pada kunjugan kali ini Walikota Metro bersama Wakil Wali Kota Metro Qomaru Zaman, melanjutkan kunjungan silahturahmi kerja guna menyukseskan kinerja kedepan secara bersama.

Walikota Metro Wahdi Siradjuddin, menyampaikan beberapa hari lalu telah dilantik oleh Gubernur Lampung, sebagai  Walikota dan Wakil Walikota Metro sampai 4 (empat) tahun kedepan.

“Oleh karena itu, kami berharap untuk kedepan kita dapat mencapai kesuksesan bersama. Serta Pemerintah Kota (Pemkot) Metro harus tetap memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, serta bisa mensosialisasikan program Kota Metro sesuai dengan visi dan misi yang baru,” ujar Wahdi.

Tak hanya itu, Walikota Wahdi memberikan instruksi kepada para OPD untuk tetap menjaga kebersihan sekitar, serta untuk penanganan Covid-19 yang belum terselesaikan ini agar tetap menjalankan protokol kesehatan.

Sedangkan, Kapolres Metro AKBP Retno Primawati, menyampaikan terima kasih atas kunjungannya.

“Kami akan menjalankan kebijakan-kebijakan yang telah diambil, terutama terkait penanganan covid-19  yang masih ada sampai saat ini,” katanya. (Lia/Gt)

Ketua TP PKK Kota Metro Kunjungi Nuwo Intan

Ketua TP PKK Kota Metro Silfia Naharani bersama Wakil Ketua TP-PKK Asih Kusminah, kunjungi UMK Center Nuwo Intan Kota Metro untuk melihat kondisi yang ada di lokasi tersebut, Selasa (02/03/2021).

Dalam kunjungannya, Silfia Maharani, mengajak dari owner PB swalayan untuk ikut berperan serta dalam mempromosikan produk-produk dari Dekranasda Metro tersebut. “Tentu kami ingin mempromosikan produk-produk dari UMK Center Nuwo Intan ini, dengan menggandeng para pelaku usaha salah satunya hari ini kami mengajak dari pihak PB swalayan”, ujarnya.

Istri Walikota Metro tersebut juga melihat kondisi tempat pedagang yang sudah disiapkan Pemkot Metro disekitaran pusat oleh-oleh Metro ini. Ia menginginkan untuk lebih menarik minat masyarakat datang ke Nuwo Intan, oleh karenanya dalam hal kebersihan, keindahan dan keamanan bisa lebih tingkatkan nantinya, dan tentu ekonomi kreatif bisa lebih di kembangkan lagi.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Kominfo Kota Metro, Subehi, mengatakan Kominfo Metro sedang membuat wadah berupa website khusus Dekranasda Metro, harapannya dari dekranas memiliki admin yang akan didampingi Kominfo, dan nantinya admin tersebut dapat mengunggah foto dan info terkait aktivitas maupun hasil dari pusat oleh-oleh Metro tersebut. (dk)

Walikota dan Wakil Walikota Silaturahmi ke Dinkes dan Dinsos Kota Metro

Walikota Metro jalin silaturahmi langsung kebeberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada di Kota Metro, kegiatan ini merupakan upaya pemerintah Kota Metro di dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakatnya, Senin (01/03/2021).

Beberapa OPD yang dikunjungi diantaranya Rumah Sakit Jend Ahmad Yani, Dinas Kesehatan dan Dinas Sosial Kota Metro.

Pada kunjungan tersebut, Walikota Metro Wahdi menyampaikan bahwa Pemerintah Kota (Pemkot) Metro harus memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. “Pemkot harus berikan pelayanan terbaik, dan bisa mensosialisasikan program Kota Metro sesuai dengan visi misi kita yang baru,” tuturnya.

Lanjutnya, bahwa setiap tanggung jawab yang diberikan harus komitmen dijalankan dan amanah menjalankan pekerjaan. “Pemkot akan melakukan perbaikan fasilitas dan akan lebih dikembangkan lagi,” ujar Wahdi.

Tidak hanya itu, Kepala Dinas Kesehatan Erla melaporkan bahwa sebanyak 2300 tenaga kesehatan sudah melakukan vaksinisasi pada tahap pertama.
“Vaksin tahap ke dua dilaksanakan pada 17 Februari yang akan diberikan untuk non tenaga kesehatan, tapi kebutuhan tenaga kesehatan masih kurang,” lapor Erla.

Erla juga menerangkan distribusi vaksin di provinsi juga belum terdistribusi dari pusat untuk non tenaga kesehatan.

Wahdi juga menyampaikan bahwa yang penting bukan hanya distribusi melainkan juga penyimpanan dan penjagaannya.

Selaku Kepala Dinas Sosial Suwandi pun memaparkan bahwa angka kemiskinan Kota Metro menurun dari 8,6% menjadi 8,4% dilihat dari jumlah penduduk Kota Metro. Sekitar 4000 jiwa penduduk yang miskin sudah tercover oleh bantuan PKH.

Selanjutnya, Suwandi juga meminta penambahan pegawai tenaga Sosial, sebab program-program kementerian sangat luar biasa.

Dalam menanggapinya Walikota Metro juga menyampaikan bahwa angka kemiskinan kita masih di bawah angka kemiskinan nasional sekitar 12.000 jiwa, kita harus tetap bekerja keras untuk menurunkan persentase kemiskinan di Kota Metro. Selain itu, kader-kader tenaga sosial sangat berperan penting kita juga harus memanfaatkan pemberdayaan masyarakat di Kota Metro.(inz/dk)

Webinar HUT ke-41 Dekranasda Provinsi Lampung

Webinar dalam rangka HUT ke-41 Dekranasda Provinsi Lampung dengan tema “UMKM Bangkit di Masa Pandemi Covid-19 Melalui Semangat Pemberdayaan dan Kegotongroyongan”, di Ruang OR Setda, Senin (01/03/2021).

Turut hadir dalam zoom meeting yang diselenggarakan oleh Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Lampung Ketua Deskranasda Kota Metro, Kepala Dinas UMK UM dan Perindustrian Kota Metro.

Dalam penyampaian Riana Sari Arinal selaku ketua Dekranasda Provinsi Lampung menyampaiakan rasa gembira bisa hadir ditengah-tengah para Usaha Kecil Mikro Menengah (UMKM) yang merupakan salah satu ujung tombak pembangunan ekonomi kreatif sekaligus menjaga serta mengembangkan warisan budaya Lampung yang kita banggakan.

Kegiatan yang kita lakukan pada hari ini merupakan upaya untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dalam menggunakan produk-produk kerajinan yang berdaya saing. “Seperti kita ketahui bahwa pelaku industri usaha kerajinan berskala kecil dan menengah (UMKM), merupakan salah satu pelaku ekonomi yang paling penting baik dalam perekonomian di Lampung maupun nasional,” ucapnya.

UMKM juga sangat berperan dalam pengerahan tenaga kerja untuk kebutuhan ekonomi. Dari hasil akumulasi semua sektor ekonomi UMKM konstribusi UMKM terhadap PBB nasional mencapai 58% sampai dengan 60% dengan tingkat laju pertumbuhan sekitar 6% per tahunnya. Dengan harapan adanya webinar ini dapat mengembangkan produknya dengan ilmu yang telah diberikan oleh para narasumber.(gt/la)

Jaga Kebersihan, Wahdi dan Qomaru Tinjau OPD di Kota Metro

Walikota Metro Wahdi Siradjuddin bersama Wakil Wali Kota Metro Qomaru melakukan Sidak (Silahturahmi Dadakan) di sejumlah Kantor Organisasi Perangkat Daerah (OPD) guna peninjauan sarana dan prasarana di OPD tersebut, Senin (01/03/2021)

.

Wahdi mengatakan, “Ini bukan pertama kalinya saya melakukan silaturahmi di beberapa tempat, saya sudah melakukan mulai dari hari Jumat sampai dengan hari ini,” tuturnya.

Tidak hanya itu Wahdi juga mengatakan bahwa, ia akan melakukan beberapa perbaikan fasilitas yang mungkin memang sudah harus diperbaiki. “Insya Allah kedepannya saya akan memperbaiki beberapa fasilitas di kantor pemerintahan ini, hal tersebut bertujuan agar membuat nyaman saat pegawai bekerja,” tuturnya.

Lanjutnya, Walikota juga memberikan peringatan agar pimpinan OPD mengajak seluruh staf untuk membersihkan dan menata dengan rapi seluruh ruangan, agar sirkulasi udara berjalan dengan baik di masa pandemi ini. “Saya berharap setiap pegawai tetap menjaga kebersihan di masa pandemi ini, agar semua tetap sehat, dan bekerja secara nyaman,” ucapnya

Di akhir kunjungannya, Wahdi juga menyampaikan untuk dapat bekerja sama dengan baik kedepannya. (inz/in).

Kunjungan Walikota dan Wakil Walikota Metro ke Pasar Pelangi dan Pasar Pak Tejo

Walikota Metro dan Wakil Walikota Metro melakukan kunjungan ke Pasar Payungi dan Pasar Pak Tejo di Kota Metro, Minggu (28/02/2021).

Dalam acara silaturahmi Walikota Metro Wahdi Siradjuddin dan Wakil Walikota Metro Qomaru Zaman mengunjungi Pasar Yosomulyo Pelangi (Payungi) dan Pasar Pak Tejo di Tejo Agung.

Walikota Metro Wahdi, menyampaikan terima kasih kepada masyarakat yang telah memberikan dukungannya untuk bersama-sama berjuang membangun Kota Metro.

“Saya juga mengapresiasi dan berharap, kegiatan seperti ini akan menjadi suatu contoh sebagai penggerak ekonomi masyarakat dan dapat memberikan contoh untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di daerah lain,” ujar Wahdi.

Pada kesempatan ini juga, Wakil Walikota Metro Qomaru Zaman, menyampaikan keinginan untuk Kota Metro harus menjadi kota yang berpendidikan, sehat, sejahtera dan berbudaya.

Di akhir acara, Qomaru juga mengingatkan kepada masyarakat, agar dapat mematuhi protokol kesehatan, menggunakan masker, dan tetap selalu jaga kesehatan.(cv/la)