Wahdi Sosialisasikan JAMA-PAI di Dinkes Kota Metro

 > Berita >  Wahdi Sosialisasikan JAMA-PAI di Dinkes Kota Metro
0 Comments

Walikota Metro Wahdi Siradjuddin menjadi Narasumber Sosialisasi JAMA-PAI (Jaringan Masyarakat Peduli Anak dan Ibu) di Tingkat Kecamatan se-Kota Metro, kegiatan ini dilaksanakan di Aula Dinas Kesehatan, Kamis (30/06/2022).

.

Selaku Kepala Dinas Kesehatan, Erla Andrianti, melaporkan tujuan dari Sosialisasi Jama-Pai (Jaringan Masyarakat Peduli Anak dan Ibu) salah satunya untuk membantu pembangunan Kota Metro.

.

“Kegiatan ini dilaksanakan untuk menuju masyarakat Metro Gemerlang, ‘Generasi Emas Cemerlang’ dan menurunkan angka kematian ibu dan bayi serta menurunkan angka stunting di tiap kecamatan,” katanya.

Wahdi menyampaikan kegiatan JAMA-PAI, merupakan gerakan bersama semua komponen, termasuk dalam proses pembiayaan dengan tujuan promotif kesehatan, tetapi tidak ke arah pengobatan. Program JAMA-PAI jaringan peduli anak ibu dalam komponennya adalah remetif promotif.

.

“Jama-Pai juga memiliki misi mewujudkan kualitas pendidikan dan kebudayaan yang berdaya saing di tingkat nasional dan global dengan menjunjung tinggi nilai keagamaan, mewujudkan masyarakat sehat jasmani dan juga rohani, serta beberapa misi lainnya,” tuturnya.

.

Tidak hanya itu, Wahdi menjelaskan kegiatan ini merupakan gerakan bersama sinergi/kolaborasi, didalamnya ada nilai kepatuhan terintergrasi dalam satu bentuk inovasi layanan kesehatan,terutama untuk kesehatan ibu dan anak. Hal ini dalam peningkatan kesehatan ibu dan anak bukan penurunan angka kematian, sehingga kedepan menuju peta Indonesia emas 2045 di 100 tahun Indonesia merdeka.

.

Perlu dipahami, bahwa Jama-Pai ini juga merujuk pada kesehatan pranikah yang perlu dipahami oleh para calon pengantin.

.

“Dalam rangka mempersiapkan kesehatan sebelum menikah, para calon pengantin hendaknya perlu menjalani beberapa prosedur pemeriksaan, seperti, Pemeriksaan tanda-tanda vital, yakni suhu, nadi, frekuensi napas, dan tekanan darah, Pemeriksaan status gizi, seperti berat badan, tinggi badan, lingkar lengan atas, tanda-tanda anemia, Pemeriksaan darah rutin, yakni Hb, golongan darah, dan rhesus,” jelasnya.

.

Lanjutnya, persiapan fisik, persiapan gizi, Imunisasi tetanus, menjaga kesehatan organ reproduksi, menjaga kesehatan jiwa dan harmonisasi pasangan suami istri, ini merupakan hal penting yang harus diketahui para calon pengantin yang akan menikah, menjaga kesehatan mental juga amat sangat penting. (Ins/gt)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.