Monitoring Pemerintahan Umum pada Kecamatan dan Kelurahan di Kota Metro

 > Berita >  Monitoring Pemerintahan Umum pada Kecamatan dan Kelurahan di Kota Metro
0 Comments

Walikota Wahdi Siradjuddin dan Wakil Walikota Metro Qomaru Zaman, melakukan monitoring pemerintah umum Kecamatan dan Kelurahan se-Kota Metro, yang bertempat di Gedung Wisma Haji Al-Khairiyah, Selasa (28/06/2022).

.

Dalam sambutannya Wahdi, menyampaikan sistem penyelenggaraan pemerintahan pada posisi Kecamatan berkedudukan sebagai perangkat daerah, sekaligus penyelenggara urusan pemerintahan umum. Sebagai pelaksana perangkat daerah, Camat melaksanakan kewenangan Walikota, yang dilimpahkan dan sebagai penyelenggara urusan pemerintahan umum.

.

“Camat secara berjenjang melaksanakan tugas Pemerintah Pusat di wilayah Kecamatan. Dengan kedudukannya tersebut, Kecamatan mempunyai peran yang sangat strategis, baik dari tugas dan fungsi,” lanjutnya.

Tidak hanya itu saja, Kelurahan juga merupakan bagian dari perangkat Kecamatan yang mempunyai tugas dan fungsi kegiatan pemerintahan seperti, pemberdayaan masyarakat, pelayanan masyarakat, pemeliharaan ketentraman dan ketertiban umum, serta pemeliharaan prasarana dan fasilitas pelayanan umum.

.

“Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW) merupakan bagian dari Lembaga Kemasyarakatan Kelurahan yang merupakan mitra Lurah dalam membantu pelaksanaan tugas penyelenggaraan pemerintahan Kelurahan,” tegasnya.

.

Dalam rangkaian acara, Wahdi memberikan penghargaan kepada RT dan RW yang sudah mengabdi selama 20 tahun. Diantaranya Ali Santoso sebagai Ketua Rw 03, Kelurahan Tejosari, Kecamatan Metro Timur dengan masa pengabdian lebih dari 20 tahun. Dan juga Parman Ketua RT 03, Kelurahan Hadimulyo Timur, Kecamatan Metro Pusat.

“Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada kalian, karena sudah ikut andil dalam menertibkan masyarakat. Serta memelihara kerukunan hidup warga, selama masa pengabdian kalian,” ucapnya.

.

Lanjutnya, Wahdi berharap kegiatan Monitoring Pemerintahan Umum Kecamatan dan Kelurahan ini, dapat menciptakan penyelenggaraan pemerintahan yang baik. Dengan adanya inventarisasi kegiatan yang telah dilaksanakan sekaligus permasalahan yang ada di wilayah Kecamatan, Kelurahan bahkan sampai lingkup RT dan RW.

.

Selanjutnya acara Sosialisasi mengenai PBB-P2 (Pajak Bumi Bangunan Perdesaan dan Perkotaan) akan disampaikan oleh Kepala BPPRD Kota Metro. (Ins/Bsr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.