Walikota Metro Wahdi Melepas Hasil Panen Porang

0 Comments

Walikota Metro melepas hasil panen porang yang diadakan di tempat budidaya porang, Ganjar Asri, Senin (16/05/2022).

.

Ketua Petani Porang se-Lampung Laswanto melaporkan bahwa budidaya porang sudah berjalan selama 3 tahun, dan tahun ini panen raya porang dimulai pada hari Sabtu kemarin dengan menurunkan 5 mobil truk yang akan berangkat menuju Kota Madiun Jawa Timur.

.

Harapan kami kepada Pemerintah Kota Metro dapat memberikan sumbangsih dan membantu petani porang, dimana Presiden Joko Widodo pernah mengatakan bahwa porang merupakan makanan masa depan.

.

Laswanto juga mengeluhkan, harga porang yang terus mengalami penurunan, dan berharap Pemerintah Kota Metro dapat membantu petani-petani porang untuk dapat menaikan harga porang dipasaran seperti tahun-tahun lalu.

.

“Di tahun 2020 harga porang mencapai Rp. 14.000/kg, pada tahun 2021 harga porang Rp. 8.500/Kg sampai Rp.9.000/kg dan di tahun 2022 harga porang terus mengalami penurunan menjadi Rp. 4.000/kg,” ujarnya.

.

Laswanto juga menjelaskan bahwa pada tahun ini panen porang diperkirakan mencapai 15.000 ton, dimana Kota Metro menjadi penampung tunggal di Provinsi Lampung.

Sementara itu, Walikota Metro Wahdi menyampaikan apresiasinya terhadap para petani porang yang penuh semangat untuk meningkatkan kesejahteraan para petani.

.

“Sesuai dengan visi Kota Metro yaitu terwujudnya Kota Metro yang berpendidikan, sehat, sejahtera dan berbudaya,” tuturnya.

.

Wahdi juga meminta kepada para petani porang untuk terus mempelajari rantai pasar dari hulu sampai hilir untuk terus mengembangkan perekonominan, sesuai dengan pertumbuhan ekonomi di Kota Metro yang merupakan tertinggi di Lampung mencapai 2,68 di atas angka nasional.

.

“Hal ini bisa terjadi karena kita menggerakan UMKM melalui MB2 (Metro Bangga Beli) dengan menggunakan produk dalam negeri,” ucap Wahdi. (Hf/Yl)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.