Informasi Pemerintah Kota Metro Berita Bantu Modal Usaha UMKM, Pemkot Metro Salurkan Bantuan Lewat Kantor Pos Metro

Bantu Modal Usaha UMKM, Pemkot Metro Salurkan Bantuan Lewat Kantor Pos Metro




Pemerintah Kota Metro melalui Dinas Koperasi, Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan Perindustrian Pemerintah Kota Metro, memberikan Bantuan Dana Penguatan Modal UMKM kepada pelaku UMKM Kota Metro Tahun 2022 Tahap I, berlangsung di Halaman Kantor Pos Kota Metro, Jumat 9/12/2022.

.

Kepala Dinas UMKM dan Perindustrian Kota Metro, Siti Aisyah, menyampaikan laporan tentang pelaksanaan program bantuan dana penguatan modal UMKM bagi pelaku UMKM Kota Metro Tahun 2022. Sektor UMKM Kota Metro dirasa perlu mendapatkan perhatian khusus dari Pemerintah Kota Metro karena UMKM memiliki peran penting dalam perekonomian suatu pemerintah daerah termasuk di Kota Metro.

“Hal ini dilakukan sebagai upaya membangkitkan kewirausahaan membantu modal usaha, serta meningkatkan kreativitas dan inovasi promosi dan pemasaran bagi para pelaku UMKM di kota Metro,” jelasnya.

.

Tak hanya itu, Siti Aisyah juga menjelaskan maksud dan tujuan dari pelaksanaan pemberian bantuan penguatan modal, agar membangkitkan daerah usaha membantu modal usaha, serta meningkatkan kreativitas dan inovasi promosi dan pemasaran bagi para pelaku UMKM di Kota Metro.

.

“Bantuan penguatan modal UMKM bagi pelaku UMKM Kota Metro diberikan kepada 4.528 penerima dengan besaran bantuan masing-masing menerima 500.000 sehingga anggaran yang dialokasikan yaitu 2.264.000.000. Penyerahan bantuan dana penguatan modal UMKM dilaksanakan menjadi tiga tahap, dengan mekanisme pembayaran menggunakan pelayanan dari Kantor Pos Kota Metro berupa wesel pos,” kata Siti Aisyah.

Lanjutnya, untuk tahap pertama pembagian dana tersebut akan dilaksanakan pada hari Jumat dan Senin tanggal 9 dan 12 Desember 2022 sedangkan untuk tahap II dan III sedang menunggu jadwal dari PT. Pos Indonesia cabang Kota Metro.

.

“Kami ucapkan terima kasih kepada PT Pos Indonesia Cabang Metro yang telah membantu penyaluran bantuan dana penguatan modal bagi UMKM Kota Metro Tahun 2022,” ucapnya.

Walikota Metro Wahdi Siradjuddin, dalam sambutannya berpesan kepada para penerima bantuan, kirannya bantuan ini dapat dipergunakan dengan sebaik-baiknya.

.

“Dalam adanya penyaluran modal UMKM untuk penguatan modal UMKM, guna mengembangkan usaha dapat digunakan dengan baik. Saya berharap agar para penerima bantuan tidak melihat dari banyaknya jumlah atau nominalnya tapi lihatlah dari seberapa besar perhatian Pemerintah Kota Metro dan stakeholder terkait kepada para pelaku UMKM di kota Metro,” ujar Wahdi.

.

Selain itu, sebagaimana diketahui bersama bahwa kondisi ekonomi negara kita secara umum telah berangsur-angsur membaik akibat dari pandemi covid-19. Tentunya berbagai upaya telah dilakukan oleh pemerintah dalam menanggulangi permasalahan ini kami harap melalui kegiatan ini para pelaku UMKM bisa bermotivasi untuk bangkit kembali dari dampak pandemi covid-19.

“Saya berharap kepada segala pelaku UMKM kiranya dapat bersama-sama untuk berkolaborasi dan bersinergis dengan sebaik-baiknya untuk percepatan visi Kota Metro, yaitu Terwujudnya Kota Metro yang Berpendidikan, Sehat, Sejahtera dan Berbudaya. Dengan misi Kota Metro Wira meningkatkan masyarakat produktif berdaya saing dalam ekonomi kreatif dan wisata keluarga,” harapannya.

.

Salah satu warga Kota Metro dari Kelurahan Metro, Kasim selaku pedagang kacang rebus, menyampaikan rasa terima kasih dan juga rasa senangnya.

.

“Dengan adanya pemberian modal UMKM kepada pelaku usaha seperti ini sangatlah terbantu. Tentunya bantuan penyaluran dana UMKM ini sangat tepat sasaran,” jelas Warga Metro.

.

Turut hadir dalam penyaluran dana UMKM, Wakil Walikota Metro, Ketua Dekranasda Metro, Kepala Kantor Pos Kota Metro, Camat dan Lurah se-Kecamatan Metro Pusat, serta para pelaku UMKM Metro. (dns/la)

Bagikan

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Post