Walikota Metro Membuka Kegiatan Sekolah Lapang Budi Daya Dan Pembibitan Bawang Merah

Informasi Pemerintah Kota Metro  > Berita >  Walikota Metro Membuka Kegiatan Sekolah Lapang Budi Daya Dan Pembibitan Bawang Merah
0 Comments

Pemerintah Kota (Pemkot) Metro melalui Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan, mengadakan kegiatan Sekolah Lapangan (SL) Budi Daya Dan Pembibitan Bawang Merah pada Kelompok Tani Subur Satu Sejahtera Kelurahan Karangrejo Metro Utara, berlangsung di Lahan Percontohan Kelompok Tani Subur Satu Sejahtera Kelurahan Karangrejo, Kamis 24/11/2022.

.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan, Hery Wiratno menyampaikan tujuan kegiatan ini dalam meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) terutama petani mengenai bawang merah. Dengan mendukung upaya Pemerintah daerah dalam mensejahterakan petani, dan upaya pemerintah dalam mewujudkan Metro sebagai sentra bawang merah, serta mendukung upaya pemerintah dalam pengendalian inflasi.

.

Selanjutnya, Hery Wiranto juga , menyampaikan daftar bantuan hibah seperti bantuan hibah bahan-bahan rumah/gedung bibit bawang merah senilai Rp 14.883.800 kepada Poktan subur satu sejahtera Kelurahan Karangrejo. Bantuan hibah Cultivator senilai Rp 14.315.000 kepada Poktan subur satu sejahtera Kelurahan Karangrejo. Bantuan hibah sarana budidaya tembakau (dana DBHCHT) senilai Rp 31.081.200 kepada pitan Sri rejeki II Karangrejo.

Tak hanya itu, terdapat juga Bantuan hibah sarana budidaya cabe (dana DID) senilai Rp 25.305.250 kepada Poktan sinar baru Banjarsari. Bantuan hibah rumah bibit jamur (dana DID) senilai Rp 91.670.000 kepada P4S Argo makmur Yosodadi. Bantuan hibah sarana budidaya padi Ciherang (dana DID) senilai Rp 79.225.000 kepada Gapoktan sari makmur Tejosari. Bantuan hibah pakan ikan kepada 16 Pokdakan masing-masing 900 kg atau senilai Rp 12.150.000 sumber DID diwakili oleh Pokdakan Bina Mina Mandiri Karangrejo. Bantuan hibah sarana dan prasarana budidaya ikan air tawar (bioflok) kepada 2 (dua) Pokdakan masing-masing senilai Rp 51.614.000 sumber dana APBD perubahan diwakili oleh Pokdakan Mina Amor Yosomulyo.

.

Walikota Metro Wahdi saat membuka kegiatan, juga mengapresiasi terlaksananya Sekolah Lapangan (SL) Budi Daya Dan Pembibitan Bawang Merah Pada Kelompok Tani Subur Satu Sejahtera Kelurahan Karangrejo Metro Utara.

“Atas nama Pemerintah Kota Metro saya memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas upaya yang telah dilaksanakan ini dengan lancar dan baik. Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan ini dapat memberikan motivasi dan inspirasi kepada kita semua, untuk dapat memberikan upaya terbaik untuk membantu pengendalian tingkat inflasi di Kota Metro,” jelasnya.

.

Selain itu, Wahdi juga menekankan bahwa pelatihan ini merupakan kegiatan yang dilaksanakan guna mendukung upaya pengendalian inflasi dan untuk meningkatkan kesejahteraan petani di Kota Metro. Kegiatan ini ditunjang dengan adanya laboratorium lapang atau peta percontohan sebagai tempat praktek langsung budidaya, melalui dari persiapan lahan tanam pemeliharaan panen dan pembibitan bawang merah.

Selain melaksanakan kegiatan pelatihan pada kegiatan ini juga telah diberikan bantuan/hibah sarana pendukung budidaya bawang merah berupa cultivator dan bahan rumah gudang bibit bawang merah.

.

“Saya berharap kepada para peserta pelatihan, agar dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam menerapkan teknologi budidaya yang baik. Mengatasi permasalahan yang timbul di lapangan secara mandiri. Mudah-mudahan dengan penerapan teknologi budidaya pertanian akan dapat meningkatkan produksi bibit bawang merah sehingga kota metro dapat menjadi sentra produksi bawang merah,” ujarnya. (in/la)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *