Walikota Metro Lakukan Monitoring dan Evaluasi Dengan Camat dan Lurah se-Kota Metro Tentang Pencegahan dan Pengendalian Covid-19

0 Comments

Walikota Metro melakukan Monitoring dan Evaluasi dengan Camat dan Lurah se-Kota Metro tentang pencegahan dan pengendalian Covid-19, di Guest House secara zoom meeting, Rabu (04/08/2021).

Walikota Metro Wahdi dalam hal ini meminta lurah dan camat sebagai aparatur sipil negara yang melayani masyarakat harus tetap dalam keadaan sehat.

“Mengingat kembali kita sebagai pelayan publik harus mengaktualisasikan kepada masyarakat, untuk fokus pencegahan dan penanganan Covid-19 yang menjadi proyeksi utama masyarakat, dalam menenangkan masyarakat jadi faktor utama kita,” ucapnya.

Lanjutnya, ia juga menyampaikan bahwa mengenai kinerja, Camat dan Lurah harus siap siaga, terlebih dalam hal pelayanan. Menurutnya ini menjadi sebuah pertanggungjawaban kita semua. Camat dan Lurah mari untuk saling mengingatkan dan berkoordinasi dalam berbagai bentuk kegiatan, ini juga sebagai salah satu bentuk silaturahmi.

“Camat dan Lurah yang berkoordinasi dengan RW, RT dalam bekerja, kita juga harus menjaga pola hidup dan prokes, mudah-mudahan apa yang dikerjakan menjadi amal ibadah. Lakukan itu semua hanya untuk masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Walikota Metro, Qomaru Zaman, juga menyampaikan bahwa setiap Camat harus melakukan laporan kepada pemerintah tentang situasi dan kondisi di wilayahnya.

“Buatkan laporan progress report tentang Covid-19 dari bulan Januari sampai bulan Juli atau Agustus, agar kita bisa mengevaluasi dengan tepat. Perlu diingat kembali ini misi kita untuk menyelamatkan masyarakat. Apabila masyarakat belum merasa puas, maka kita harus melakukan survei kembali,” ungkapnya.

Lanjutnya Qomaru juga menyampaikan tidak hanya kesehatan saja yang kita fokuskan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan juga untuk saat ini yaitu pentingnya lingkungan masyarakat harus bersih dan nyaman. “Mengenai kegiatan-kegiatan masyarakat di wilayahnya masing-masing juga harus dikoordinasi dan dikomunikasikan sesuai dengan tingkat kepentingannya,” ucapnya.

Sekda Kota Metro Bangkit Haryo Utomo dalam hal ini memaparkan bahwa di kecamatan dan kelurahan sedang melaksanakan program vaksinasi untuk masyarakat. “Program vaksinasi untuk masyarakat sangat penting, dan Camat, Lurah, RT dan RW juga harus berkoordinasi dalam pendataan masyarakat, agar masyarakat Kota Metro melakukan vaksinasi semua,” ungkapnya.

Lanjutnya, Sekda mengungkapkan bahwa pemerintah daerah sudah memberikan surat edaran kepada camat dan lurah untuk tidak menutup akses pelayanan masyarakat apabila ada yang karyawan yang terpapar Covid-19. “Bagi karyawan yang terpapar untuk segera melakukan isoman, dan karyawan lainnya untuk tetap melayani masyarakat,” tuturnya. (gt/ins)

Leave a Reply

Your email address will not be published.