Walikota dan Wakil Walikota Metro Hadiri Rapat Tindak Lanjut Laporan Persiapan Penilaian Adipura

Informasi Pemerintah Kota Metro  > Berita, Kota Metro >  Walikota dan Wakil Walikota Metro Hadiri Rapat Tindak Lanjut Laporan Persiapan Penilaian Adipura
0 Comments

Pemerintah Kota Metro menindaklanjuti laporan persiapan penialaian Adipura, berlangsung di Ruang Teduh Dinas Lingkungan Hidup Kota Metro, Jumat (16/09/2022).

.
Rapat tersebut untuk mendengarkan laporan dari penanggung jawab lokus Adipura yang secara keseluruhan ada 12 kawasan diantaranya kawasan pemukiman, jalan pasar, perkantoran, sekolah, rumah sakit dan puskesmas, hutan dan taman kota, terminal bus/angkot, tempat pembuangan akhir, bank sampah dan sarana ibadah.

Wakil Walikota Qomaru Zaman menyampaikan bahwa penilaian Adipura ini dapat dipersiapkan dengan baik sampai muncul hasil akhirnya. “Saya berharap dapat disiapkan dengan sebaik-baiknya. Ini juga merupakan cerminan kita, siapa kita bagaimana kita dan apa yang harus dilakukan, serta harapan dari semua masyarakat untuk memunculkan kota ini menjadi kota yang hebat,” ujarnya.

.

Dalam hal ini, perwakilan dari Dinas Perumahan, Kawasan dan Permukiman melaporkan ada 5 lokus permukiman dan hutan kota yang menjadi titik pantau untuk diberikan himbauan dan melakukan ajakan kepada masyarakat untuk melakukan kerja bakti. Dan dari Dinas PU dan Tata Ruang menyampaikan sudah melakukan koordinasi dengan Bina Marga untuk dilakukan perbaikan beberapa drainase yang mampet di wilayah Kota Metro serta telah melakukan pengecekan di TPA seluruh Metro yang kekurangan alat yang memadai.

Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Kota Metro, Yerri Noer Kartiko, menyampaikan beberapa informasi tim dari pusat yang akan datang pada tanggal 19-29 September 2022. “Kita akan memfokuskan pada kegiatan peran serta masyarakat, kami optimis partisipasi masyarakat dan stake holder dalam pengurangan sampah, untuk bank sampah sendiri sudah rapi semua, dan kita akan tetap memantau beberapa lokus lainnya”, terangnya.

.

Selanjutnya, Walikota Metro Wahdi meminta kepada Camat dan Lurah agar melibatkan masyarakatnya untuk melakukan kerja bakti di wilayah masing-masing. “Leading sektornya harus paham betul sesuai dengan kriteria penilaian Adipura, jadi peran Camat dan Lurah agar dapat menggerakkan masyarakatnya. Ini adalah program yang terus berkelanjutan ketika kita ingin membawa Kota Metro lebih baik lagi,” jelasnya.

.

Untuk Camat dan Lurah, lanjut Wahdi, kuatkan komunikasi dengan masyarakat untuk kerja bakti, dan untuk panitia lokus agar terus mengecek seluruh titik lokusnya. (gt/tm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *