Pemerintah Kota (Pemkot) Metro, memberikan hibah alat dan mesin pertanian (alsintan) kepada kelompok tani (Poktan). Dalam kesempatan ini Wali Kota Metro juga melepas peserta jalan sehat tani agro ceria dalam rangka peringatan HUT RI ke 78 di Halaman Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan (DKP3) Metro, Jumat (4/08/2023).

Dalam sambutannya, Wahdi mengucapakan terimakasih kepada semua yang sudah hadir dan berpartisipasi dalam jalan sehat tani argo ceria dalam rangka HUT RI 78.

“Tidak lupa juga dengan adanya jalan sehat ini semoga yang hadir disini sehat walafiat. Saya juga berharap acara seperti ini rutin diadakan, bukan hanya dalam rangka HUT RI saja,” kata Wahdi.

Wahdi juga berpesan kepada perwakilan Poktan yang menerima bantuan, untuk memaksimalkan bantuan ini kepada para anggotanya.

Sementara itu Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan (DKP3) Metro, Heri Wiratno, mengatakan sebanyak 18 Poktan menerima hibah alsintan terdiri dari beberapa alat dan mesin yang berbeda.

“Pemberian alsintan merupakan hibah yang diberikan Pemerintah Kota Metro kepada kelompok tani untuk digunakan dalam menunjang kegiatan pertanian. Adapun alsintan yang dihibahkan seperti mesin pemotong rumput atau Chopper, alat semprot atau Hand Sprayer, dan pompa hisap,” jelasnya.

Lanjutnya, pembagian alsintan kepada 5 kelompok tani penerima chopper, 9 kelompok tani penerima hand sprayer, dan 4 kelompok tani penerima pompa hisap untuk kolam.

Heri juga mengatakan, pemberian alsintan merupakan bentuk dukungan Pemerintah bagi petani-petani yang ada di Metro. Khusus untuk yang hortikultura untuk stimulus.

“Pemerintah Kota Metro telah rutin memberikan bantuan alsintan kepada masing-masing poktan di Metro. Bantuan ini kami berikan secara bergantian kepada Poktan di masing-masing kecamatan,” ujarnya. (Gt/Sr)