RSUD Jend. A. Yani Metro Raih Penghargaan Pelaksana Terbaik 1 RSSIB

0 Comments

RSUD Jend. A. Yani Metro meraih penghargaan pelaksana terbaik 1 Rumah Sakit Sayang Ibu dan Bayi (RSSIB) se-Provinsi Lampung Kategori Rumah Sakit Tipe B tahun 2021 selama dua tahun berturut-turut, berdasarkan keterangan dari Plt. Direktur RSUD. Jend. A. Yani dr. Fitri Agustina yang diwawancarai langsung oleh Tim Peliput Diskominfo Metro, di Ruang Kerja Direktur, Jumat (19/11/2021)

Fitri menjelaskan, penilaian RSSIB ini diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Lampung dalam rangka mendukung program pemerintah guna menurunkan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB). Adapun lomba pelaksana terbaik RSSIB diikuti tiga belas RSU dan swasta se-Provinsi Lampung, dimana penilaiannya dilaksanakan sejak bulan September hingga Oktober 2021.

.

“Kami terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan dan mengembangkan inovasi, mendukung program pemerintah dalam menurunkan AKI/AKB, kedepannya yang akan segera dikembangkan yakni Program Madani (Mandiri Asuhan Ahmad Yani) yaitu home programme asuhan bagi orang tua dari anak-anak yang mengalami gangguan fase tumbuh kembang untuk bisa melakukan stimulasi tumbuh kembang pada anak-anaknya secara mandiri dirumah,” ujarnya.

.

Pada kesempatan yang sama Kasubbag Humas Ns. Oktarina Handayani, S. Kep memaparkan sebagai komitmen mendukung program nasional penurunan AKI/AKB, RSUD Jend. A. yani terus melakukan berbagai inovasi pelayanan terkait kesehatan ibu dan bayi. Inovasi terkini yang dikembangkan adalah program AYUMI sebagai salah satu program unggulan RSUD. Jend. A. yani Metro untuk mendukung program nasional RSSIB.

.

Program AYUMI mencakup optimalisasi call center 24 jam, Unit Reaksi Cepat untuk ibu hamil, MAPS (Mobil Antar Pulang Sehat), ADUHAI (Ahmad Yani Dukung Ibu Hamil dan Menyusui), yang meliputi kelas ibu (senam hamil dan senam nifas), kelompok pendukung ASI (Inisiasi Menyusui Dini), kelas ibu dan balita, Aster kumbang (asuhan terpadu klinik tumbuh kembang), poli laktasi, jejaring AYUMI (WA grup), imunisasi, perawatan metode kangguru untuk bayi berat lahir rendah serta momo baby shoot.

“Keberhasilan yang diraih oleh RSUD Jend. A. Yani Metro merupakan bentuk nyata dukungan Pemerintah Kota Metro beserta jajarannya, mitra kerja terkait dan peran serta aktif masyarakat Kota Metro dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat,” terangnya. (cv/nv)

Leave a Reply

Your email address will not be published.