Rakor Persiapan Expo Kota Metro Tahun 2021

0 Comments

Ketua Dekranasda Kota Metro Silfia Naharani mengadakan kegiatan Rapat Koordinas (Rakor) Persiapan Expo Kota Metro tahun 2021, yang dilaksanakan langsung di Kantor Guest House, Jumat (28/05/2021).

Kegiatan ini membahas mengenai tahapan–tahapan yang akan dilaksanakan dalam rangka kegiatan Metro Expo, yang nantinya akan menampilkan produk-produk hasil produksi UMKM yang diproduksi langsung oleh pelaku UKM di Kota Metro.

Selain sebagai ajang promosi pengenalan produk-produk hasil UMKM kepada masyarakat, kegiatan ini juga dimaksudkan untuk memotivasi para pelaku UMKM untuk lebih bisa mengembangkan usahanya.

Ketua Dekranasda Silfia mengimbau dan menegaskan kepada pPemerintah dan seluruh peserta, untuk bisa menyukseskan acara. Apabila UMKM Kota Metro maju, maka akan mengangkat perekonomian masyarakat dan kemajuan kota.

“Menjelang pelaksanaan Expo yang mungkin akan dilaksanakan dalam kondisi pandemi Covid-19, kegiatan ini akan dilaksanakan secara virtual maupun offline”, ucapnya.

Pada kesempatan itu, dinas yang terlibat yakni Dinas Perdagangan, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Dinas Komunikasi dan Informatika, Dinas Perhubungan, Satuan Polisi Pamong Praja, Selebgram, dan juga Youtuber yang tujuannya yakni untuk memantau sejauh mana persiapan pameran yang akan digelar dan juga nantinya untuk mempromosikan Metro Expo mendatang.

Dalam rapat koordinasi tersebut, Kepala Dinas Kominfo Farida juga memaparkan siap membantu persiapan Expo seperti pengambilan gambar, video maupun foto produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) kedepannya.

“Promosi mungkin nantinya mulai digencarkan di berbagai platform media. Seperti melalui sosial media yang dikelola Pemerintah Kota, video hingga mengajak influencer untuk ikut mempromosikan pameran virtual. Mungkin promosi kami akan digencarkan secara platform media jadi pengunjung bisa dari mana saja. Semakin luas informasinya maka pengunjung yang datang secara virtual juga akan semakin beragam,” papar Farida

Tidak hanya itu, Kepala Disporapar Tri Hendriyanto, mengingatkan bahwa sebaiknya kegiatan besar seperti ini lebih baik dilaksanakan ketika pandemi Covid-19 di daerah kita sudah cukup membaik.

“Lebih baik kita menahan dulu untuk membuat kegiatan besar seperti ini, tetapi tidak masalah jika kegiatan Expo ini dirancang dengan matang terlebih dahulu, jadi jika kedepannya semua sudah membaik, kita bisa langsung melaksanakan,” ungkapnya.

Siti Aisyah juga membenarkan ucapan Kepala Disporapar, dimana Rakor ini sangat penting dilakukan agar pada saat hari H, kegiatan dapat berjalan lancar sesuai dengan harapan. Mulai dari pembukaan acara hingga pemutaran video produk di setiap sesinya. Mudah-mudahan pada saat hari H tidak ada kendala yang berarti.

“Menariknya, pameran virtual ini rencananya tidak hanya disaksikan oleh warga Kota Metro saja. Sebab, pihaknya juga berharap bahwa orang orang luar juga dapat menikmati pameran secara virtual dan juga offline ini. Sehingga pengunjung yang hadir dari berbagai daerah juga,” ujar Siti Aisyah sekalu Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Metro (Gt/Ins).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *