Pemkot Metro Gelar Rakor Percepatan Penanganan Covid-19

0 Comments

Pemerintah Kota Metro melakukan rapat koordinasi dan evaluasi dalam percepatan penanganan Covid-19 di Kota Metro secara virtual, di ruang rapat OR, Rabu (19/05/2021).

Rapat koordinasi dan evaluasi yang dipimpin oleh Plt Sekda Bangkit mengatakan, perbandingan kasus Covid-19 yang ada di Metro sudah sangat berkurang dari sebelumnya.

“Walaupun penyebaran Covid-19 yang sudah menjangkau seluruh wilayah Kota Metro, namun perlu langkah percepatan penanggulangan Covid-19 secara serentak. Salah satunya melalui Perda yang mengatur penegakan disiplin protokol kesehatan, dapat mengurangi bertambahnya kasus baru dan mengurangi angka kematian,” ujarnya.

Tidak hanya itu, Wahdi dalam rapatnya juga mengingatkan kepada seluruh Camat dan Lurah untuk meningkatkan kerja sama dalam penanggulangan Covid 19. Pemberlakuan PPKM tetap terus dilakukan selama masa pandemi ini.

“Diharapkan masyarakat untuk selalu bekerja sama dengan aparat kelurahan untuk melakukan deteksi dini (early warning), perlu diingat setiap kedatangan orang dari luar lingkungan RT, RW, kemudian dilakukan pelacakan (identitas, asal, sudah melakukan rapid antigen atau belum, dan bagaimana hasilnya,” ungkapnya.

Tambahnya Wahdi, mengingatkan akan perlunya penentuan tempat isolasi yang akan ditempati pasien, diantaranya rumah isolasi Kampung Tangguh Nusantara diisi oleh orang sakit terkonfirmasi dengan orang tanpa gejala.

“Salah satunya rumah isolasi di gedung Pramuka Sumbersari Bantul untuk orang sakit terkonfirmasi dengan gejala ringan atau dengan komorbid. Dan rujukan di rumah sakit yang sudah MoU sebagai rumah sakit rujukan Covid-19, dengan gejala orang sakit terkonfirmasi dengan gejala sedang sampai dengan berat dan atau komorbid,” terang Wahdi.

Kapolres Metro Retno Prihawati, juga memaparkan selama lebaran ini Polres melakukan data Pos Cek Poin. Adapun beberapa pos cek poin di Kota Metro diantaranya, Pos Banjar Sari perbatasan Metro-Punggur, Ganjar Agung-Trimurjo, Yosodadi Kecamatan Metro Timur, Taman Merdeka Kota Metro, 24 Tejo Agung-Batang Hari, dan perbatasan Metro Selatan-Metro Kibang.

“Selama masa lebaran, kami melakukan rapid Antigen secara Random di Pos Cek Poin ke pada 162 masyarakat. Hasil dari cek ini dinyatakan 161 negatif dan 1 terpapar positif. Yang terpapar positif dilakukan isolasi,” tegas Retno.

Di akhir penyampaian, Retno mengatakan bahwa, giat melaksanakan tugas pencegahan meliputi sosialisasi dan penerapan 3M, pembatasan mobilitas, dan juga penyemprotan disinfektan. Dan juga tidak lupa melakukan pembinaan kepada masyarakat. (ins/Gt)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *