Peringati Hari Anak Nasional, Pemkot Metro Gelar Webinar Bertajuk MKM

0 Comments

Pemerintah Kota Metro menggelar webinar bertajuk “Manajemen Kesehatan dan Kebersihan Menstruasi (MKM) di usia remaja dan pentingnya akses yang memadai terhadap Air, Sanitasi, dan Kebersihan Individu (Wash)”.

Kegiatan tersebut sebagai wujud kontribusi Pemerintah Kota Metro dalam memperingati Hari Anak Nasional Tahun 2021. Dengan menghadirkan narasumber yang kompeten di bidangnya yaitu dr. Eldesta Nisa Nabila, M.Res. di Guest House Walikota Metro, Kamis (28/07/2021).

Dalam acara ini, Walikota Metro Wahdi mengatakan, memperingati Hari Anak Nasional Tahun 2021, Pemkot Metro mengadakan refleksi pembelajaran tentang Manajemen Kesehatan Menstruasi (MKM) bagi para remaja. Hal ini berisikan pembelajaran untuk para remaja agar dapat menjaga kebersihan saat menstruasi.

“Saya berharap dari webinar ini para remaja bisa mendapatkan tips-tips dalam menjaga kebersihan saat menstruasi. Sebab remaja kedepannya akan menjadi Generasi Emas Metro Cemerlang (Gemerlang),” ujar Wahdi.

Wahdi juga mengucapakan terima kasih kepada Dinas Kesehatan Kota Metro beserta jajarannya, yang telah melaksanakan acara MKM untuk remaja pada Peringatan Hari Anak ini.

Selanjutnya, dalam penyampaian Saniya Niska selaku (WASH Office-SNV Indonesia) mengatakan pentingnya manajemen Kesehatan dan Kebersihan Menstruasi (MKM) terhadap perempuan.

“Pengelolaan kebersihan dan kesehatan pada saat perempuan yang mengalami menstruasi adalah dengan menggunakan pembalut yang bersih selama periode menstruasi, memiliki akses untuk pembuangannya, serta dapat mengakses toilet, sabun dan air untuk membersihkan diri dalam kondisi nyaman dengan privasi yang terjaga,” ungkapnya.

Lanjutnya, Saniya Niska juga memaparkan bahwa penerapan MKM yang tidak baik, berisiko terhadap berbagai penyakit. Perlunya air bersih dan sanitasi yang layak sekitar 2,4 M penduduk dunia tidak memiliki akses sanitasi layak, menstruasi dan pengelolaanya dianggap menghambat pekerjaan dan yang terakhir stigma menstruasi dianggap merendahkan posisi perempuan.

“Penggagas Rumah Anak-Kota Metro” menjadi materi yang di bahas dr Eldesta, dengan tujuan membantu anak-anak dalam mengeksplorasi dan menemukan hasrat mereka dan harga diri.

Peserta webinar ini diantaranya praktisi pendidikan, Guru PAUD, Ibu-ibu TP PKK, Kader Posyandu, Kader GSI, Kader BKB dan masyarakat umum yang memiliki anak usia 0 hingga 18 tahun. Para peserta sangat antusias dalam mengikuti webinar ini, ditandai dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan kepada narasumber (Gt/Ins).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *