Pemkot Metro Peringati Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia

0 Comments

Berlangsung di Pondok Pesantren Tuma’ninah Yasin Kota Metro, Jumat (22/10), Pemerintah Kota Metro peringati Hari Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) Sedunia yang jatuh pada tanggal 15 Oktober 2021.

Peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun tahun ini mengambil tema “Masa Depan Kita Di Tangan Kita, Mari Beraksi Bersama Untuk Membuat CTPS Nyata Bagi Semua”.

Dalam acara yang berlangsung ini, sejumlah santri memperagakan cara mencuci tangan yang baik dan benar. Kegiatan cuci tangan secara serentak ini juga sebagai media edukasi kepada para santri dan tamu undangan yang hadir tentang pentingnya mencuci tangan menggunakan sabun agar terhindar dari kuman dan virus berbahaya.

Walikota Metro Wahdi dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas terselengaranya Peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) Sedunia ke-14 Tingkat Kota Metro Tahun 2021.

“Saya berharap kegiatan ini dapat semakin memotivasi dan meningkatkan komitmen untuk terus berupaya menjaga dan meningkatkan kesehatan diri, keluarga, serta masyarakat guna mencapai derajat kesehatan yang lebih baik,” terangnya.

Lanjutnya, Wahdi mengatakan, bahwa Kota Metro masuk dalam 5 (lima) besar untuk Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) berkelanjutan yaitu kota yang sudah melaksanakan 5 pilar dan juga meraih penghargaan.

“5 (lima) pilar meliputi Stop Buang Air Besar Sembarangan, Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS), Pengelolaan Air Minum Makanan Rumah Tangga (PAMMRT), Pengamanan Sampah Rumah Tangga dan Pengamanan Limbah Cair Rumah Tangga,” ujar Wahdi.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Metro Erla Andrianti merasa bangga dan senang atas penghargaan yang telah diraih kota Metro berkat adanya dukungan seluruh OPD se-Kota Metro.

“Kegiatan hari ini memiliki kegunaan jangka panjang yaitu membuat masyarakat membiasakan cuci tangan setiap hari, dan melalui anak-anak generasi muda kita ingatkan dan edukasi cara dan perilaku dengan membudayakan mencuci tangan,” kata Erla.

Kegiatan ini diakhiri dengan cuci tangan bersama yang dilakukan oleh Walikota dan Wakil Walikota Metro diikuti seluruh undangan yang hadir. (yl/ag)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *