Pemerintah Kota Metro Launching Program JAMA-PAI

0 Comments

Pemerintah Kota Metro mengadakan Webinar Launching Program Jaringan Masyarakat Peduli Anak dan Ibu (JAMA-PAI) Kota Metro dalam rangka kegiatan HARGANAS (Hari Keluarga Nasional) ke-28 di OR Setda, Senin (28/06/2021).

Dengan tema “Keluarga Keren Cegah Stunting Menuju Metro Gemerlang”, langsung menghadirkan narasumber Kepala BKKBN Dr. (HC) dr. Hasto Wardoyo Sp. Og. (K), selaku kepala BKKBN Republik Indonesia. Dan diikuti oleh perwakilan BAPPEDA Provinsi Lampung Eka Yuslita, Kabid Perencanaan Pemerintahan dan Pembangunan Manusia (P3M) Rahmat Santika, Ketua IBI Provinsi Lampung Mery Destiaty, Ketua TP PKK Kota Metro Silfia Wahdi, dan Wakil Ketua TP PKK, serta Lintas Sektor terkait.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPPAPPKB) Prayetno menyampaikan, tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan pemahaman masyarakat dalam pencegahan dan penanggulangan stunting, serta mensosialisasikan JAMA-PAI.

“JAMA-PAI bertujuan agar semua kegiatan yang dilaksanakan di Kota Metro terintegrasi dan berkolaborasi diantara komponen-komponen yang ada di komunitas baik dari, masyarakat, kader-kader kesehatan dan KB, PKK, Dasawisma, Komunitas, Akademisi, Pemerintah, Pelaku Ekonomi yang terbagi dalam 7 Pilar,” ujar Prayetno.

Walikota Metro Wahdi, mengucapkan terima kasih kepada Kepala BKKBN Pusat Dr. (HC) dr. Hasto Wardoyo Sp. Og. (K) yang telah berkenan menjadi Keynote Speech pada acara Webinar, kepada Direktur Eksekutif Habibie Institute For Public Policy Governance (HIPPG) Dr. Drg. Widya Leksmanawati Habibie Sp. Ort, yang telah mendukung dan memfasilitasi acara Webinar dalam rangka peringatan HARGANAS ke-28 di Kota Metro tahun 2021.

“Pemerintah Kota Metro meluncurkan JAMA-PAI, dalam mewujudkan siklus kehidupan dalam 7 Pilar yang harus digarap oleh Pentahelix  atau lima aktor pembangunan yakni Pemerintah, masyarakat, Akademisi atau Civitas Akademika, Dunia Usaha, Media. Terpenting adanya kemandirian/ pemberdayaan masyarakat sehingga stunting dapat dicegah dan Generasi Emas Indonesia Cemerlang (GEMERLANG) betul-betul dapat terwujud,” kata Wahdi.

Tambahnya, Wahdi juga mengatakan program ini dalam rangka menyelaraskan rencana pembangunan jangka menengah dan jangka panjang, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat, serta target SDGs 2030, dari sisi sektor pembangunan kesehatan dan pembangunan manusia seutuhnya.

“Pemkot Metro sangat mendukung program Bangga Kencana dari BKKBN melalui JAMA-PAI. Diharapkan program Bangga Kencana dapat berjalan dengan baik sesuai target yang ditetapkan BKKBN Pusat. Sehingga tujuan mewujudkan masyarakat sejahtera dapat terwujud sesuai Visi Kota Metro sebagai Kota Berpendidikan, Sehat, Sejahtera, dan Berbudaya,” ujar Wahdi.

Harapnya, Kota Metro menjadi kota percontohan di berbagai daerah di Indonesia, sebagai pembinaan pemerintah pusat dan gerakan pemberdayaan masyarakat melalui JAMA-PAI.

Wahdi menambahkan, Pemkot bersama segenap masyarakat Kota Metro saat ini sedang bergerak cepat dan tumbuh dengan segala dinamikanya. “Kami bertekad menjadi Kota Metro sebagai Center Of Knowledge, Kota Pusat Pengetahuan dan Peradaban atau Budaya. Kota Center of Service, Kota sebagai Pusat Layanan dan Kota Berkelanjutan Sustainable City,” tutup Wahdi. (Cv/Nv).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *