Monitoring Kerja Camat dan Lurah, Terkait Pembatasan Mobilitas Masyarakat Luar Daerah

0 Comments

Pemerintah Kota Metro meminta agar setiap Camat dan Lurah jangan memberi izin bagi warga luar daerah, untuk masuk secara mudah di tengah penerapan PPKM  diperketat di Kota Metro.

Hal tersebut ditegaskan Walikota Metro Wahdi, saat monitoring evaluasi Camat dan Lurah se-Kota Metro, tentang pencegahan pengendalian Covid-19 via zoom meeting, Rabu (28/07/2021).

“Saya menegaskan kepada Camat dan Lurah yang mengikuti evaluasi secara zoom meeting, untuk selalu membatasi mobilitas masyarakat luar yang masuk ke daerah Kota Metro,” ungkapnya.

Tambahnya, Wahdi juga mengingatkan kepada Camat dan Lurah untuk mempergunakan serapan anggaran yang didapatkan, agar benar-benar turun ke RT. Lurah dan RT juga untuk bisa memonitoring masyarakat secara langsung.

“Serapan anggaran harus diberikan sesuai ketetapan 3E (Efisien, Efektif, dan Ekonomis) agar serapan anggaran yang digunakan tertuju dengan baik kepada masyarakat yang tepat. Pesan saya, para Camat dan Lurah harus mendengarkan keluhan dan masukan para RT dan RW,” ucapnya.

Wahdi memperingatkan agar Lurah dan Camat jangan sampai ada kasus kematian terjadi di rumah. Untuk saat ini juga angka kematian tertinggi adalah pengorbit diabetes militus. Jadi perlunya koordinasi yang baik untuk dilakukan oleh masyarakat dan tenaga kesehatan.

“Jangan lupa untuk terus beraktivitas olahraga di ruang terbuka dan tidak bergerombol dan terus memakai masker,” ujar Wahdi.

Wakil Walikota Metro Qomaru Zaman juga menegaskan bahwa, tugas para Camat dan Lurah untuk memberikan informasi yang baik, tuntas dan mengedukasi kepada masyarakat .

“Perlu diketahui pemahaman masyarakat kepada kondisi saat ini hanya seolah-olah rekayasa. Padahal kematian di rumah sakit dan di rumah banyak terjadi dan meningkat. Kita punya tanggung jawab besar terhadap penanganan dan pengendalian musibah ini,” ungkapnya.

Lanjutnya, Qomaru berpesan kepada para garda terdepan yang termasuk Camat, Lurah, RT/RW selalu menjaga kesehatan. Terus tingkatkan disiplin 5M di masyarakat, pengorbit tebanyak saat ini adalah pasien diabetes militus, maka dari itu masyarakat untuk tetap menjaga kesehatan.

Ia juga membeberkan terkait percepatan vaksinasi yang akan dilakukan di seluruh kelurahan se-Kota Metro sebanyak 4500.

Sekretaris Daerah Kota Metro Bangkit Haryo Utomo mengimbau, agar para Lurah melaporkan setiap warga yang isolasi mandiri di rumah ke Puskesmas.

“Pada kesempatan ini, saya juga ingatkan bahwa banyak rekan ASN kita yang meninggal dunia akibat terkonfirmasi positif Covid-19. Untuk itu, kita harus menangani ini secara cepat dan tepat, agar tidak menular di lingkungan kerja. Jika ada ASN atau pekerja yang tertular di lingkungan pekerjaan, maka secara tidak langsung kita kurang efektif dalam menangani permasalahan Covid-19 ini,” ungkapnya. (Ins/Gt)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *