Ketua TP. PKK Kota Metro Membuka Webinar PUSPAGA “Pola Asuh Anak Di Era Pandemi”

0 Comments

Ketua TP. PKK Kota Metro Silfia Naharani Wahdi membuka webinar PUSPAGA (Pusat Pembelajaran Keluarga) dalam Pola Asuh Anak Di Era Pandemi secara virtual, di Aula Kantor Sekretariat PKK Kota Metro, Selasa (31/08/2021).

Dalam sambutannya, Silfia Naharani memberikan apresiasi atas terselenggaranya webinar Pola Asuh Anak dan Remaja di Era Pandemi Covid-19.

“Menjadi orang tua di zaman sekarang memiliki tantangan yang lebih berat, dari pada menjadi orang tua di zaman dahulu. Hal ini karena adanya perubahan lingkungan dan kemajuan teknologi yang begitu cepat,” ujar Silfia.

Lanjutnya, Silfia juga mengatakan orang tua saat ini harus lebih memahami pola asuh dan tumbuh kembang anak. Dimana semua orang menjadi guru untuk anak-anaknya, sehingga membuat pola pendidikan berubah. Semula proses belajar mengajar dilakukan dengan tatap muka, kini proses belajar mengajar dilakukan secara jarak jauh dengan memanfaatkan jaringan internet, serta teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

“Untuk para orang tua di Kota Metro, mari kita mulai mendidik anak dengan lembut dan sabar, karena pada dasarnya semua anak itu cerdas. Proses belajar daring diharapkan dapat memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan bagi siswa, tanpa merasa terbebani akan kenaikan kelas serta kelulusan,” ungkap Silfia.

Tambahnya juga Silfia berharap, kepada orang tua untuk dapat menanamkan ke dalam diri anaknya, akan kemandirian belajar seperti membuatkan jadwal belajar atau rencana pembelajaran.

Ketua Puspaga Gaharu Kota Metro Sawiyah menyampaikan, webinar  ini juga bertujuan untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang ada terkait pola asuh di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini.

Bersama dengan Dinas PP PA PP & KB, PKK selalu bergerak bersinergi bersama masyarakat. Pusat Pembelajaran Keluarga (PUSPAGA) menjadi tempat yang tepat bagi para orang tua dan calon orang tua untuk berkonsultasi terkait hal tersebut.

“Puspaga telah diterapkan se-Indonesia di seratus delapan puluh delapan (188) Provinsi. Adapun Puspaga Gaharu Kota Metro berdiri pada tahun 2018 silam, yang meskipun belum di lauching secara resmi akan tetapi telah mendapatkan juara,” terangnya.

Ia menambahkan, pelayanan yang diberikan oleh PUSPAGA memang bersifat pencegahan (preventif), sesuai dengan kebutuhan keluarga saat ini, bukan penanganan kasus. Layanan ini merupakan salah satu pintu bagi keluarga Indonesia untuk mengetahui informasi terkait keluarga.

“Selama ini, banyak permasalahan keluarga yang berujung pada eksekusi hukum, namun tidak dilakukan penguatan terhadap keluarga itu sendiri. Kehadiran PUSPAGA diharapkan juga dapat mendukung upaya peningkatan kualitas keluarga, termasuk perlindungan anak melalui 2 jenis layanan utama yaitu informasi dan konseling,” katanya

Di akhir penyampaian Sawiyah menjelaskan bahwa, PUSPAGA merupakan salah satu program untuk meningkatkan kualitas keluarga. “Selain program-program lainnya, para keluarga dapat berperan melindungi  anak Indonesia. Melalui pengasuhan yang lebih berkualitas dan berbasis hak anak, guna mewujudkan Indonesia Layak Anak,” tutupnya.

Pada acara ini turut diikuti oleh Kepala OPD se-Kota Metro, TP. PKK Kecamatan dan Kelurahan se-Kota Metro secara zoom meeting. (Nv/Bgs)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *