Peringatan HAN di Metro, Menyoroti Pendidikan dan Cara Menghindari Gadget Pada Anak

0 Comments

Talkshow Peringatan Hari Anak Nasional Kota Metro Tahun 2021 dilakukan secara virtual bersama anak-anak PAUD dan TK se-Kota Metro, di halaman Rumah Dinas Walikota setempat, Sabtu (24/07/2021).

Acara yang bertema Anak Indonesia Gembira, Di Rumah Tetap Ceria dihadiri oleh Walikota Metro Wahdi didampingi Bunda Paud Kota Metro Silfia Naharani Wahdi, Wakil Walikota Qomaru Zaman dan Pokja Paud Asih Kusminah Qomaru sebagai narasumber.

Silfia Naharani menyampaikan agar anak-anak selalu diajak berkegiatan yang positif supaya tidak bergantung kepada gadget.

“Bahwasannya di masa pandemi ini anak-anak harus selalu menjaga kesehatan, dan kegiatan ini juga mengandung makna pembelajaran bahwasannya di era Covid-19 ini, perlunya mengasah otak kanan dan otak kiri, serta menyalurkan hobi anak walau hanya di dalam rumah,” ungkapnya.

Walikota Metro Wahdi menyampaikan kepada orang tua untuk tetap mendampingi anak di segala aktivitas dan perkembangan teknologi.

“Anak-anak harus mempunyai jadwal dimana harus belajar dan bermain dengan gadget. Akan tetapi jangan lupa untuk mengenalkan alam sekitar supaya ilmu pengetahuan bertambah. Kita tidak bisa mengingkari adanya perkembangan teknologi tersebut, tetapi kita harus bisa menerapkan kebijakan teknologi kepada anak-anak agar tidak kecanduan gadget,” kata Wahdi.

Sedangkan dalam penyampaian Ketua Pokja Paud Asih Kusminah, mengatakan cara melupakan gadget kepada anak, salah satunya dengan mengajak berkegiatan seperti memasak, ajak anak berolahraga. Gadget akan terlupakan jika anak kita ajak berkegiatan yang positif.

Dalam hal ini juga, Qomaru Zaman memberikan saran untuk menyiasati agar anak tidak kecanduan gadget.

“Kita harus pintar-pintar menyiasati penggunaan gadget, orang tua harus pandai bercerita apa saja termasuk cerita para nabi, sejarah, nasional kepada anak. Membuat daya tarik anak-anak teralihkan, supaya tidak bergantung kepada gadget,” pungkas Qomaru. (Tm/Cv)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *