Wawancara Walikota Metro Bersama YKWS Terkait Keberhasilan Program WASH in HCF

Informasi Pemerintah Kota Metro  > Berita, Kota Metro >  Wawancara Walikota Metro Bersama YKWS Terkait Keberhasilan Program WASH in HCF
0 Comments

Walikota Metro bersama dengan Yayasan Konservasi Way Seputih (YKWS) melakukan wawancara terkait Keberhasilan Program WASH in HCF yang berlangsung di Guest House Walikota Metro, Kamis (11/08/2022).

.

Wawancara yang dilakukan bersama Yayasan Konservasi Way Seputih (YKWS) terkait pengembangan Program Air, Sanitasi dan Kebersihan di Fasilitas Kesehatan (Water Sanitation and Hygiene in Health Care Facilities) pada Program WASH in HCF dilaksanakan di Kota Metro.

Dalam wawancara tersebut, Walikota Metro Wahdi menyampaikan bahwa Pemerintah Kota Metro telah berkomitmen dalam kegiatan berkelanjutan WASH, untuk memperhatikan kualitas dari pelayanan kesehatan yang ada di puskemas dengan memperhatikan beberapa pelayanan puskesmas sebagai bagian dari fasilitas pelayanan kesehatan tingkat primer yang inklusif agar seluruh masyarakat Kota Metro mendapatkan pelayanan yang terbaik.

.

“Puskesmas sebagai fasilitas layanan kesehatan primer harus memberikan contoh dalam pengadaan fasilitas pelayanan kesehatan, termasuk dalam optimalisasi program WASH in HCF dengan meningkatkan kualitas air dan sanitasi dalam pelayanan kesehatan kepada masyarakat,” ucapnya.

.

Wahdi juga menambahkan bahwa Pelaksanaan Program WASH in HCF juga bagian dari upaya untuk mewujudkan tercapainya target pembangunan berkelanjutan (SDGs) generasi emas penerus Bangsa Indonesia sesuai dengan pembukaan UUD 1945 yaitu melindungi segenap bangsa, mencerdaskan dan memajukan dengan berperan dalam penyelamatan dunia.

.

Wahdi juga memaparkan bahwa Pada tahun 2023 Pemerintah Kota Metro akan melakukan reifikasi kepada 11 Puskemas yang ada di Kota Metro dengan menyediakan segala kebutuhan masyarakat, serta mengajak semua pihak untuk ikut dengan implementasi yang sudah dilakukan oleh Kota Metro dan di dukung oleh 7 pilar JAMA-PAI.

.

Menurut Wahdi, saat ini lokasi Puskemas yang menjadi program WASH in HCF di Kota Metro yaitu Puskesmas Mulyojati kecamatan Metro Barat, Puskesmas Margorejo kecamatan Metro Selatan, Puskesmas Iringmulyo kecamatan Metro Timur, dan Puskesmas Banjarsari kecamatan Metro Utara.

.

Adapun yang telah ada pada 4 Puskesmas tersebut adalah sarana dan prasarana serta fasilitas air, dan ketersediaan tempat Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS). 

.

“Saat kita dapat memelihara kualitas air, maka ada 350.000 ribu bayi yang akan terselamatkan dalam satu tahun”, ujarnya. (Dn/Yl)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *