UPTD SMP Negeri 1 Metro Menjadi Pilot Project Program Sekolah Siaga Kependudukan Kota Metro 2021

Informasi Pemerintah Kota Metro  > Berita, Kota Metro >  UPTD SMP Negeri 1 Metro Menjadi Pilot Project Program Sekolah Siaga Kependudukan Kota Metro 2021
0 Comments

Walikota Metro Wahdi hadiri pembukaan Sekolah Siaga Kependudukan dan Perguruan Tinggi Peduli Kependudukan Kota
Metro Tahun 2021 di Gedung Serba Guna (GSG) SMP Negeri 1 Metro. Dalam acara ini juga turut dilakukan penandatanganan Perjanjian Kerjasama dan Sosialisasi antara Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian  Penduduk Dan  Keluarga Berencana (PPPAPPKB) Kota Metro dengan UPTD SMP Negeri 1 Metro terkait dengan Program Sekolah Siaga Kependudukan (SSK) Kota Metro Tahun 2021, Selasa (30/11/21).

.

Kepala Dinas PPPAPPKB Kota Metro Prayetno melaporkan, dasar pelaksanaan kegiatan tersebut adalah Undang-Undang Nomor 52 Tahun 2009 tentang Perkembangan Kependudukan dan pembangunan Keluarga, penduduk harus menjadi titik sentral daam pembangunan berkelanjutan di Indonesia.

.

“Tujuan dari Kegiatan ini adalah memberikan pengetahuan kepada masyarakat di lingkungan sekolah maupun institusi pendidikan dan masyarakat secara umum untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia melalui program pendidikan kependudukan”, Paparnya.

.

Prayetno juga menyampaikan, Peserta Sosialisasi dalam acara ini berjumlah 60 orang terdiri dari 30 orang perwakilan dari Pihak Lembaga Pendidikan (Rektor/Katua Perguruan Tinggi dan Kepala Sekolah), dan 30 orang perwakilan Peserta Didik dari unsur Mahasiswa, Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), maupun Madrasah Aliyah (MA), dan Unsur Sekolah Menengah Pertama (SMP)/Madrasah Tsanawiyah (MTS).

.

“UPTD SMP Negeri 1 Metro sebagai Sekolah yang menjadi Pilot Progect (Percontohan) Kependudukan di Kota Metro oleh Perwakilan BKKBN Provinsi Lampung ditunjuk dan telah dikuatkan dengan Surat Keputusan Walikota Metro Nomor 674/KPTS/D-8/2019 Tentang Penunjukan Sekolah Siaga Kependudukan Kota Metro Tahun 2019”, Ujar Prayetno.

.

Lanjutnya, UPTD SMPN 1 Kota Metro telah mencapai beberapa prestasi diantaranya sebagai Juara 2 Tingkat Nasional Cover Jinggle Lagu Berencana Itu Keren yang dilaksanakan oleh BKKBN RI dan juga telah mewakili Provinsi Lampung untuk ditetapkan sebagai SSK yang menyandang predikat Sekolah Siaga Kependudukan (SSK).

.
“Untuk itu Pemerintah Kota Metro melalui Dinas PPPAPPKB Kota Metro memutuskan penyelenggaraan Sosialisasi Sekolah Siaga Kependudukan pada Tahun 2021 di UPTD SMPN 1 Metro dengan harapan peserta sosialisasi dapat lebih memahami konsep Sekolah Siaga Kependudukan”, terangnya.

.

Sementara itu Walikota Metro Wahdi mengapresiasi UPTD SMP N 1 sebagai pilot project dan sudah masuk dalam klasifikasi sekolah siaga kependudukan katagori paripurna, kepada jajaran sekolah lain diharapkan untuk dapat melangkah, menjadikan sekolah sebagai sekolah siaga kependudukan, baik dari jenjang SMP/sederajat, SMA/sederajat bahkan juga pada jenjang Perguruan Tinggi menjadi Perguruan Tinggi Peduli kependudukan.

.

“Untuk itu kepada para camat dapat mengadvokasi pembentukan Sekolah Siaga Kependudukan di Kota Metro sehingga isu-isu kependudukan di Kota Metro dapat direspon dengan cepat oleh generasi muda/remaja”, ucapnya.

.

Wahdi juga berharap, dengan adanya kerjasama ini lintas sector dapat mengoptimalkan dalam mempersiapkan remaja berkualitas dalam wadah Sekolah Siaga Kependudukan.

.

Adapun peserta Penandatanganan Perjanjian Kerjasama terkait Sekolah Siaga Kependudukan di Kota Metro, meliputi Penandatanganan Perjanjian Kerjasama/antara Dinas PPPAPPKB Kota Metro dengan Dinas Pendidikan Kota Metro, Dinas Kesehatan Kota Metro, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Metro, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kota Metro, dan Dinas Kominfo Kota Metro. Selanjutnya, Penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara Dinas PPPAPPKB Kota Metro dengan Kepala Cabang Wilayah V Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung dan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara Dinas PPPAPPKB Kota Metro dengan Kemenag Kota Metro. (yl/agr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *