Walikota Metro Wahdi dan Wakil Walikota Metro Qomaru Zaman, mengikuti rapat pertemuan Pengendalian Inflasi Daerah secara virtual dengan Sekretaris Kabinet Republik Indonesia, di Guest House Walikota, Senin (12/10/2022).

.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo, menyampaikan situasi global akibat pandemi covid-19 belum berakhir, untuk itu agar inflasi Indonesia terkendal.  Ia mengingatkan kepala daerah serta jajaranya untuk bekerja sama dengan Tim Pengendali Inflasi Daerah dan Tim Pengendali Inflasi Pusat, guna mengendalikan inflasi hingga di bawah angka 3%.

“Saya akan meminta Menteri Keuangan (Menkeu) Republik Indonesia, untuk menghitung kemampuan APBN dalam melanjutkan subsidi. Mengingat bahwa angka inflasi Indonesia masih berada pada angka 4,94%, berdasarkan besarnya subsidi energi dari APBN yang mencapai Rp502 triliun,” kata Jokowi.

.

Jokowi dalam sambutannya, menghimbau kepada seluruh Kepala Daerah baik di Provinsi, Kabupaten/Kota, untuk mengetahui stok/pasokan beras, telur, bawang merah dan lain-lain itu berasal atau dibeli dari mana.

.

“Kami minta berikan data secara detail terkait pasokan tadi. Kemudian untuk belanja tidak terduga dapat diberikan sebagai bansos. Terlebih, saya minta para jajaran untuk tidak bekerja secara rutinitas, melainkan bekerja secara mikro bukan hanya makro. Dengan begitu, kita tidak perlu ragu dalam menggunakan anggaran apabila penggunaannya benar-benar digunakan untuk menyelesaikan persoalan tentang penyesuaian harga BBM yang naik minggu lalu, ” ujarnya.

.

Pada zoom meeting ini juga tampak hadir jajaran pejabat di Pemerintah Kota Metro, diantaranya Asisten ll, Kepala Bappeda, Kadis Kominfo, Kadis Perdagangan, dan Kabag Perekonomian. (in/La)