Staf Ahli Walikota Bidang II Hadiri Pelaksanaan Khitanan Gratis

 > Berita, Kota Metro >  Staf Ahli Walikota Bidang II Hadiri Pelaksanaan Khitanan Gratis
0 Comments

Staf Ahli Walikota Bidang II bersama Kepala Dinas Kesehatan Kota Metro menghadiri Pelaksanaan Khitanan Gratis dan Penandatanganan Kerjasama (MoU) antara Dinas Kesehatan dan Rumah Sakit se Kota Metro yang diberlangsung di RSUD Sumbersari Bantul, Selasa (07/06/2022).

.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Metro Erla Andrianti melaporkan bahwa saat ini di RSUD Sumbersari Bantul sedang melaksanakan Khitanan Gratis untuk anak-anak yang ada di Kota Metro dalam rangka merayakan Hari Ulang Tahun Kota Metro ke-85.

“Alhamdulillah yang mendaftar khitanan gratis pada hari ini ada 38 anak, yang kemudian akan dilakukan screening terlebih dahulu sebelum dilakukan khitanan dan dilanjutkan dengan melakukan MoU dengan seluruh Direktur Rumah Sakit se-Kota Metro agar kedepannya khitanan dapat dilakukan di rumah sakit yang ada di Kota Metro secara gratis,” kata Erla.

.

Erla Andriyanti menuturkan Pemerintah Kota Metro telah melakukan perlindungan kepada masyarakat Kota Metro melalui BPJS dan khitan gratis, dimana khitan sendiri tidak dapat di klaim oleh BPJS.

.

Erla juga mengakui kegiatan khitanan yang diadakan saat ini masih terkendala dengan bersamaannya pelaksanaan ujian sekolah anak, dimana sebelumnya Dinas Kesehatan Kota Metro menargetkan 42 anak yang mengikuti khitanan gratis dari Pemerintah Kota Metro.

Sementara itu, Staf Ahli Bidang II Dian Christini yang mewakili Walikota Metro menuturkan bahwa acara khitanan yang dilakukan di RSUD Sumbersari Bantul merupakan rangkaian kegiatan HUT Kota Metro yang ke-85.

.

“Peringatan Hari Ulang Tahun Kota Metro saat ini, kita melaksanakan dalam bentuk suatu kegiatan sosial yaitu khitanan masal secara gratis bagi masyarakat kurang mampu yang ada di Kota Metro,” ujarnya.

.

Staf Ahli Bidang II juga menjelaskan kegiatan yang dilakukan adalah sebagai upaya kerja nyata pemerintah daerah untuk mewujudkan visi Kota Metro yang berpendidikan, sehat, sejahtera dan berbudaya.

.

“Khitanan adalah salah satu bagian dari syariat islam yang kita yakini, dan wajib hukumnya bagi anak laki-laki yang berfungsi untuk mempermudah proses pembersihan fisik sebagai salah satu syarat sahnya ibadah, ” papar Dian.

.

Selain itu, menurut pandangan medis ahli kedokteran bahwa khitan memiliki faedah yang sangat penting bagi kesehatan, karena membuang tempat yang menjadi persembunyian kotoran, virus, bakteri, dll.

.

“Saya menyambut baik dengan adanya MoU Khitanan masal gratis antara Dinas Kesehatan dan Rumah Sakit se-Kota Metro, dengan harapan anak-anak yang sudah melakukan khitanan dapat segera sembuh, menjadi anak yang cerdas, berahlak, soleh, serta berbakti terhadap agama, negara dan bangsa,” ungkapnya. (Bgs/Yl)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.