Sekda Kota Metro, Buka Musrenbang Kecamatan Metro Barat

Informasi Pemerintah Kota Metro  > Berita >  Sekda Kota Metro, Buka Musrenbang Kecamatan Metro Barat
0 Comments

Pemerintah Kota Metro menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) untuk penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2023 tingkat kecamatan. Murenbang tingkat kecamatan kali ini berlangsung di Aula Kelurahan Mulyojati, Metro Barat, Senin , 14/02/2022.

.

Sekretariat Daerah (Sekda) Kota Metro, Bangkit Haryo Utomo, dalam sambutan sekaligus membuka acara Murenbang tingkat Kecamatan ini mengatakan, Musrenbang bisa menjadi pijakan yang kuat dalam pembangunan.

.

“Momen Musrenbang ini bisa menjadi landasan, menjadi pijakan yang kuat dalam menyusun perencanaan pembangunan yang efektif dan berkelanjutan. Memiliki konektivitas dan sinergitas baik, dari struktur pemerintahan terkecil dari desa/kelurahan, dengan pemerintah daerah, hingga pemerintah provinsi dan pusat,” ungkapnya.

Bangkit juga menjelaskan, tujuan Muresnbang kecamatan ini, guna membahas dan menyepakati hasil-hasil musrenbang dari tingkat kelurahan yang akan menjadi prioritas kegiatan pembangunan di wilayah kecamatan yang bersangkutan. Membahas dan menetapkan prioritas kegiatan pembangunan di tingkat kecamatan yang belum tercakup dalam prioritas kegiatan pembangunan kelurahan. Melakukan klasifikasi atas prioritas kegiatan pembangunan kecamatan sesuai dengan fungsi-fungsi OPD.

.

“Usulan yang dikemukakan tak cukup hanya berdasar pada laporan saja. Melainkan pembangunan bisa berjalan on the track dan bermanfaat bagi masyarakat untuk kedepannya. Tolong program pemerintah daerah harus ada target, jangan asal memprogram,” tegasnya.

.

Lebih lanjut, perencanaan pembangunan daerah menggunakan pendekatan partisipatif , dengan melibatkan berbagai pemangku kepentingan dan juga menggunakan pendekatan. Artinya di dalam musrenbang melibatkan seluruh pihak dan seluruh elemen harus saling bersinergi.

“Hasil dari penetapan usulan kegiatan ditingkat kecamatan ini, selanjutnya akan dibawa ke forum OPD untuk dibahas sesuai rancangan Rencana Kerja masing-masing OPD. Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) perlu bertumpu pada keluarga yang membentuk kematangan individu dan karakter kepribadian, melalui pemenuhan kebutuhan spiritual, materi, dan sosial. Pembentukan karektek SDM itu sangat penting untuk kemajuan suatu daerah,” kata Bangkit. (Ins/Agr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *