Pemkot Metro Gelar Rapat Evaluasi Hasil Penilaian Kepatuhan Standar Pelayanan Tahun 2021

0 Comments

Pemerintah Kota Metro melakukan Rapat Evaluasi Hasil Penilaian Kepatuhan Standar Pelayanan Tahun 2021, secara hybrid meeting. Rapat yang dipimpin langsung Walikota Metro Wahdi, di Guest House Walikota, Jumat (07/01/2021).

.

Ombudsman Republik Indonesia (RI) Perwakilan Lampung Nur Rahman Yusup, secara langsung mengahdiri rapat evaluasi tersebut. Dimana Ombudsman RI telah beberapa kali melakukan penilaian kepatuhan terhadap standar pelayanan publik berdasarkan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009.

.

Berdasarkan keterangan Nur Rahman Yusup, penilaian ini dimulai dari latar belakang Undang-Undang Pelayanan Publik yang belum lama berlaku. Sehingga perlu diperkenalkan, disusun, ditetapkan, dan diumumkan. Dengan begitu semua pemangku kepentingan mengetahui dan patuh dalam mengindahkannya.

“Dengan terbitnya Undang-Undang Pelayanan Publik, Penilaian Kepatuhan oleh Ombudsman tahun 2021, akan dilakukan penilaian kembali. Terlepas rencana dan tahapan penilaian kepatuhan yang sudah mulai berjalan, meskipun terbentur wabah Covid-19 yang membuat pelaku usaha dan masyakarat ikut terdampak,” katanya.

.

Tambahnya, terkait dengan pelayanan publik diharapkan Kota Metro, harus tetap meningkatkan pelayanan kepada masyarakat lebih baik lagi. Sehingga dengan kehadirannya, hanya bersifat pengingat untuk melakukan peningkatan inovasi dalam setiap pelayanan.

.

“Dengan begitu, saya berharap dengan kehadiran ini, masyarakat dipastikan betul-betul mendapatkan pelayanan publik yang lebih baik. Jangan lagi Kota Metro belajar ke Kabupaten atau Provinsi lain kedepannya,” ucapnya.

Dalam kesempatan ini, Walikota Metro Wahdi, mengatakan standar pelayanan kurang lebih 7 tahun belakangan, sudah mengantarkan kementerian/lembaga pusat dan daerah. Dimana dari hasil penilaian tersebut, Kota Metro mendapat predikat  zona kuning, dengan nilai kepatuhan sedang yakni 79,17 % dengan peringkat ke-12.

.

“Kita masih perlu mengevaluasi kembali dan butuh meningkatkan kembali kinerja yang lebih maksimal. Dengan begitu, kedepannya Kota Metro mendapatkan predikat kepatuhan tinggi dan predikat terbaik,” ujarnya.

.

Tampak hadir juga dapat rapat evaluasi ini diantanya Wakil Walikota Metro Qomaru Zaman, Sekda Kota Metro Bangkit Haryo Utomo, Asisten lll Misnan dan para undangan. (gt/nv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.