Pemerintah Kota Metro Kampanyekan Germas Asiek

0 Comments

Walikota Metro bersama Wakil Walikota Metro menghadiri Kampanye Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) Asiek yang dilaksanakan di Wisata Kuliner Jamur Sawah Kelurahan Mulyojati, Minggu (05/12/21).

Kegiatan GERMAS yang diadakan oleh UPT Puskesmas Mulyojati, merupakan salah satu langkah agar masyarakat membudayakan gerakan masyarakat hidup sehat.

Kepala Puskesmas Mulyojati melaporkan, Germas Asiek adalah sebuah gerakan masyarakat dengan kesadaran, kemauan, dan kemampuan berperilaku hidup sehat, untuk meningkatkan kualitas hidup dan menjaga produktifitas selama masa pandemi Covid-19. Dalam mendukung klaster GERMAS aktivitas fisik dengan intens, berupa cek kesehatan berkala, edukasi kesehatan dan kebugaran jasmani.

“Hal ini juga bertujuan untuk menggerakkan masyarakat agar tetap berperilaku hidup bersih dan sehat, pada masa adaptasi kebiasaan baru, serta mencegah penularan virus demam berdarah dengue dan Covid-19 pada masa pandemi. GERMAS juga mempunyai tujuan untuk menjadi pergerakan semua pihak, salah satunya dengan blusukan gerakan aksi serentak percepatan vaksin Covid-19. Selain itu juga agar terwujudnya Kota Metro bebas Covid-19 dan membudayakan GERMAS pada semua tatanan rumah tangga, tempat umum, tempat kerja dan tatanan institusi pendidikan dengan melakukan edukasi,” jelasnya.

Walikota Metro Wahdi Siradjuddin menyambut baik Kampanye GERMAS dan mengajak masyarakat peduli dengan kesehatan, sehingga kegiatan yang diselenggarakan hari ini dapat berjalan dengan baik dan ditiru oleh yang lainnya.

Wahdi menuturkan, musim pancaroba merupakan masa peralihan dari musim kemarau ke musim penghujan, kondisi tersebut menyuburkan pertumbuhan virus, bakteri, dan jamur sehingga rentan menyebarkan penyakit. 

“Maka itu, kita perlu mewaspadai aktivitas dan asupan makan anak, untuk menjaga kesehatannya pada musim pancaroba, seperti Demam Berdarah Dengue, diare dan flu,” ujar Wahdi.

Ia juga menambahkan, meski kita sudah memasuki level 1, namun tetap harus waspada mengingat sebentar lagi kita akan merayakan tahun baru, kita harus tetap menjaga protokol kesehatan dengan tidak melakukan perjalanan keluar kota dan melaksanakan aktifitas di dalam rumah.

“Kita tidak akan berhasil melakukan Germas dan bebas dari Covid-19 tanpa adanya bantuan masyarakat. Saya juga berharap dari kegiatan ini dapat meningkatkan ekonomi di Kota Metro,” ujar Wahdi

Selain melakukan Kampanye Germas, UPT Puskesmas Mulyojati juga melakukan pelayanan vaksin Covid-19 Sinovac dengan 200 dosis vaksin ke-1 dan ke-2. (Yol/Bgs)

Leave a Reply

Your email address will not be published.