Kerjasama Pemkot dan BNN Kota Metro untuk Mewujudkan ASN Bebas Narkoba

0 Comments

Pemerintah Kota Metro bersama Badan Narkotika Nasional  (BNN) Kota Metro melakukan kerjasama terkait Instruksi Presiden (INPRES) tentang Rencana Aksi Nasional Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika Tahun 2020-2024.

.

Pada Hari ini, Kamis (09/12/2021) bertempat di Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Metro untuk melakukan sosialisasi dan tes urin kepada 20 Aparatur Sipil Negara (ASN).

.

Kapala Bidan Informatika Andi Setiyono, mewakili Plt. Kepala Dinas Kominfo menyambut kegiatan ini dengan atusias. Ia juga mengatakan, kegiatan ini sebagai upaya kerjasama Pemkot dengan BNN Kota Metro.

.

Sementara dari sambutan, Ari Kurniawan selaku penyuluh narkoba Ahli Muda BNN Kota Metro mengatakan bahwa, kegiatan ini perdana di Dinas Kominfo dalam melakukan Inpres No 2 Tahun 2020.

.

“Kami mau izin, Tim yang terdiri dari 7 orang akan melakukan tes urin. Pelaksanaan tes urin ini dijadwalkan akan diberlakukan di seluruh OPD. Untuk hari ini telah terjadwal 3 OPD , dan sebanyak 19 OPD yang sudah terjadwal,” jelas Ari.

.

Ari Kurniawan juga menjelaskan, bahwa tes ini menggunakan alat tes narkoba 7 parameter untuk mendeteksi amphetamine (AMP), Methamphetamine (MET), Morphine (MOP), THC/Marijuana, Cocain (COC), Benzoidazepin (BZO), dan Carisoprodol (SOMA).

.

“Saya berharap dari tes ini menghasilkan ASN yang bersih dari penyalahan narkotika. Dimana TNI dan POLRI sudah menerapkan barang siapa anggota yang kedapatan menggunakan narkotika, langsung di pecat dan tidak menghilangkan tidak hukum. Ada kemungkinan kedepannya, para ASN juga menerapakan peraturan ini, saat mengikuti tes naik jabatan,” papar Ari. (Sr/Pls)

Leave a Reply

Your email address will not be published.