Walikota Metro, dr.H.Wahdi Siradjuddin,Sp.OG(K),M.H, menerima penghargaan Universal Health Coverage (UHC) dari BPJS RI. Penghargaan ini diserahkan secara simbolis langsung oleh Menteri Dalam Negeri, M. Tito karnavian.

Penghargaan yang diberikan kepada Pemerintah Daerah di Indonesia yang capaian jaminan kesehatannya menyeluruh bagi masyarakat di wilayah pemerintah daerah setempat.

Pemberian penghargaan ini dilakukan di Balai Sudirman, Jakarta Selatan, 14 Maret 2023.

Diawali dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia, kemudian Laporan Direktur Utama BPJS Kesehatan, Sambutan Menko PMK, Pemutaran Video Universal Health Coverage, Pemberian penghargaan kepada Gubernur, Sambutan Wakil Presiden Republik Indonesia, hingga pemberian kepada Bupati/Walikota yang terpilih.

Jaminan Kesehatan Semesta Universal Health Coverage (UHC) merupakan sistem penjaminan kesehatan yang memastikan setiap warga dalam populasi memiliki akses yang adil terhadap pelayanan kesehatan promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif, bermutu dengan biaya terjangkau.

Untuk diketahui, bahwa Kota Metro telah mencapai Jaminan Kesehatan Semesta UHC per 1 Desember 2021.

Dalam acara ini, Wahdi mengatakan, Pemerintah Kota Metro, dengan jumlah penduduk 172.934 jiwa, berkomitmen memberikan pelayanan kesehatan yang optimal terhadap seluruh masyarakat Kota Metro. Salah satunya diwujudkan dengan menyediakan pembiayan untuk tercapai jumlah kepesertaan menuju Universal Health Coverage (UHC).

“Hasil ini tentu berkat dukungan semua pihak yang terkait, terutama terima kasih kepada Ketua DPRD Kota Metro beserta seluruh anggota dewan, karena dengan komitmen mendukung untuk tercapainya UHC di Kota Metro,” ucap Wahdi.

Wahdi juga berharap dengan tercapainya UHC di Kota Metro dapat meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat Kota Metro. “Terutama meningkatkan akses pelayanan dan meningkatkan mutu pelayanan kesehatan di Kota Metro. Semoga UHC di Kota Metro terus dapat dipertahankan sehingga semua lapisan masyarakat dapat menerima pelayanan kesehatan yang bermutu,” pungkas Wahdi. (yus)

Leave a Comment