Walikota Metro beserta jajaran menghadiri Pembukaan Manasik Haji Kota Metro Tahun 2023, berlangsung di Masjid Taqwa Kota Metro, Rabu 10/05/2023.

Dalam kesempatannya, Walikota Metro Wahdi mengucapkan Alhamdulillah hari ini dapat melakukan pembukaan manasik haji 1444 Hijriah 2023, dengan peserta yang sudah terdaftar sebanyak 304 dari kuota 315. Untuk usia jamaah manasik yang termuda 22 tahun dan yang tertua 87 tahun.

“Pada kesempatan ini, saya menyempatkan berbincang dengan peserta tertua, alhamdulillah saya lihat tampak sehat bugar. Harapannya para jamaah sampai ditempat suci dengan sehat dan selamat, karena mereka merupakan tanggungjawab kita bersama. Mari kita hantarkan dengan sebaik-baiknya, dan pulang juga dalam keadaan baik”, katanya.

Atas nama jajaran Pemerintah Kota Metro, Wahdi mengapresiasi dan menyambut baik atas terselengaranya kegiatan manasik haji ini, karena melalui kegiatan ini tentunya akan memberikan bekal pengetahuan, terutama kepada para calon jamaah haji. Sehingga diharapkan para jamaah dapat melaksanakan ibadah hajinya dengan mabrur, baik dan benar sesuai tuntunan syariat Islam.

“Pemerintah Kota Metro seperti tahun kemarin turut membantu meringankan beban dari jama’ah, dari ongkos transport daerah (OTD). Saya minta para keluarga calon jamaah yang berangkat selalu mendoakan yang terbaik,” katanya.

Lanjutnya, Wahdi juga menegaskan bahwa, kegiatan manasik haji hari ini untuk mempermudah pelaksanaan haji bagi saudara-saudaraku sekalian. Dengan harapan para peserta manasik dapat mengikuti rangkaian kegiatan ini dengan sebaik-baiknya, sehingga berbagai materi yang diberikan nanti dapat dimengerti dan dipahami.

“Insya Allah nantinya akan mampu memperoleh predikat sebagai Haji yang Mabrur. Aamiin, aamiin ya Robbal’alamin,” ucapnya.

Kepala Kementrian Agama Kota Metro, Jamaludin, mengatakan kegiatan ini dalam rangka untuk mewujudkan ibadah haji bagi jamaah haji Kota Metro tahun 1444 Hijriah, agar berjalan lancar, aman, mandiri dan mabrur. Maka Pemerintah Kota Metro bersama Kementrian Agama serta instansi terkait, berkewajiban menyelenggarakan pelatihan manasik haji bagi setiap calon jamaah haji. (Dns/Sr)