Informasi Pemerintah Kota Metro Berita Kemeriahan Puncak Peringatan HKN ke-58 Tahun 2022 di Kota Metro

Kemeriahan Puncak Peringatan HKN ke-58 Tahun 2022 di Kota Metro




Pemerintah Kota (Pemkot) Metro melalui Dinas Kesehatan Kota Metro menyelenggarakan Upacara dalam rangka memperingati puncak Hari Kesehatan Nasional ke-58, digelar di Lapangan Samber Park, Minggu 27/11/2022.

.

Tak hanya upacara peringatan, turut dilakukan lomba tumpeng menu gizi seimbang, penandatangan yang dilakukan dengan download bersama scan barcode Aplikasi MEWS (MW) yang ditandai oleh sirine ambulance, penandatanganan komitmen bersama OPD mendukung kota sehat Kota Metro tahun 2023, serta penandatanganan komitmen dalam mewujudkan Kota Metro bebas frambusia tahun 2022.

Walikota Metro Wahdi, bertindak selaku inspektur upacara, menyampaikan amanat dari Menteri Kesehatan bahwa, HKN ke-58 Tahun 2022 mengangkat tema ‘Bangkit Indonesiaku, Sehat Negeriku’. Tema ini dipilih untuk menggambarkan bangkitnya semangat dan optimisme seluruh lapisan masyarakat lndonesia yang secara bersama, bahu membahu, dan bergotong royong dalam menghadapi situasi kesehatan di masa pandemi COVID-19. Sehingga masyarakat Indonesia dapat kembali beraktivitas dan produktif agar Indonesia kembali bangkit dan sehat.

.

“Indonesia termasuk negara yang berhasil mengendalikan pandemi COVID-19, termasuk lima besar negara dengan vaksinasi terbanyak di dunia. Dengan Total 442 juta dosis vaksin telah disuntikkan sampai dengan Oktober 2022. Meski dihadapkan pada prioritas penanganan COVID-19, pada saat yang sama pemerintah juga terus melakukan upaya penanganan masalah kesehatan lainnya yang merupakan program prioritas nasional, seperti penurunan Angka Kematian lbu (AKl) dan Angka Kematian Bayi (AKB), menurunkan angka stunting pada balita, memperbaiki pengelolaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), serta meningkatkan kemandirian penggunaan produk farmasi dan alat kesehatan dalam negeri,” jelasnya.

Wahdi juga mengatakan, Pandemi juga menjadi momentum bagi pemerintah untuk terus berbenah, melakukan transformasi pada sistem kesehatan di tanah air.

.

“Kemenkes saat ini sedang melakukan transformasi sistem kesehatan yang berfokus pada 6 pilar, untuk mewujudkan masyarakat yang sehat, mandiri, produktif, dan berkeadilan, sekaligus sebagai bentuk kesiapan pemerintah dalam menghadapi masalah kesehatan di masa yang akan datang. Adapun fokus 6 pilar transformasi kesehatan adalah transformasi layanan primer, transformasi layanan rujukan, transformasi sistem ketahanan kesehatan, transformasi sistem pembiayaan kesehatan, transformasi SDM kesehatan, dan transformasi teknologi kesehatan,” jelasnya.

Pada acara HUT HKN ke 58 dihadiri oleh Wakil Walikota Metro, Forkopimda Kota Metro, Sekda Kota Metro, Staf Ahli Bidang 1 Pemerintah Kota Metro, Asisten Pemerintah Kota Metro, para Kepala OPD se-Kota Metro, Direktur RS se-Kota Metro, Ketua Organisasi Profesi se-Kota Metro, serta para peserta apel.
(in/la)

Bagikan

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Post