Walikota Metro Wahdi Siradjuddin, menerima audiensi dari Kompas.com di Rumah Dinas Walikota, Selasa (08/06/2021).

Kedatangan pengurus Kompas.com dalam rangka menjalin silaturahmi dan bersinergi dengan Pemerintah Kota Metro ini juga disambut oleh Sekda Kota Metro Bangkit Haryo Utomo dan Kepala Dinas Kominfo Farida.

Tri Purna Jaya dari Kompas.com, pada kesempatan ini menanyakan kepada Walikota Metro seputar uniqueness values dari bentuk pariwisata, makanan, atau ciri khasan lainnya yang ada di Kota Metro.

“Apakah Kota Metro punya uniqueness values, kekhasan sendiri untuk menjadi ikon pariwisata dan daya tarik masyarakat luar terhadap Kota Metro,” tanyanya.

Wahdi juga menjawab, bahwa untuk saat ini daya tarik masyarakat luar terhadap Metro adalah tempat ibadah yaitu Masjid Taqwa.

“Kita sudah memiliki daya tarik sedikit yaitu Rumah Ibadah Masjid Taqwa. Tak hanya itu, kami akan mengembangkan pariwisata yang ada di Kota Metro. Dimana saat ini Kota Metro, perlu mempunyai daya tarik tersendiri baik di wisata sejarah dan wisata religius. Untuk saat ini sudah banyak wisata di Metro, namun wisata buatan,” jelas Wahdi.

Lebih lanjut, Wahdi juga mengatakan bahwa sejarah harus dikumpulkan dan perlu bukti berupa buku, yang nantinya dapat dibaca oleh masyarakat. Salah satu sejarah di Kota Metro berupa tempat yaitu, Rumah Sakit Santa Maria, Rumah Dokter.

“Saat ini Dam Raman merupakan wisata alam yang berpotensi di Kota Metro, dengan luas 24 hektar. Dengan ini juga harapan kami, masyarakat turut membantu melestarikan wisata ini dimana Dam Raman merupan wisata buatan. Yang dimiliki Kota Metro,” ungkap Wahdi.

Tambahnya, Wahdi juga meminta kepada Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga, dan para Camat untuk fokus dan serius dalam mengembangkan pariwisata. “Kerjakan satu per satu. Fokus pada 1 macam pariwisata yang ingin dikelola sampai tuntas, jangan kerja setengah-setengah,” tegasnya.

Tri Purna Jaya juga menuturkan bahwa, kita perlu berkaca dari negara tetangga yang dapat mengelola tempat kecil menjadi menarik.

“Maka dari itu, kita perlu mengharapkan dukungan dari semua pihak agar kita dapat mewujudkan Kota Metro menjadi daerah yang bersih dan menarik dan juga tempat yang banyak cerita bersejarah,” kata Tri Purna Jaya. (Ins/Ian)

There are no comments yet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked (*).