Usai melakukan Apel Kedisiplinan, Walikota Metro Wahdi Siradjuddin melakukan bincang-bincang santai di Aula Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kota Metro, Kamis (08/04/2021).

Wahdi Siradjuddin mengatakan bahwa dunia kini tengah memasuki era revolusi 4.0. Di era seperti ini semua informasi bisa diakses oleh siapapun, kapanpun dan dimana pun. Jendela informasi bisa dibuka sewaktu-waktu.

“Dahulu kita hanya membaca buku di sekolah maupun di perpustakaan. Saat ini tidak hanya sekadar buka buku, buka gadget orang bisa membuka buku juga tetapi berbentuk e-book. Sebaiknya Perpustakaan Daerah dan Kearsipan Daerah harus bisa menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi informasi yang sudah ada saat ini,” ungkapnya

Lanjutnya, Wahdi mengatakan sebaiknya kita memperluas minat baca masyarakat, dengan membuka perpustakaan di setiap kelurahan nantinya.

Harapannya kedepan perpustakaan daerah tidak hanya sebagai ruang baca, akan tetapi juga menjadi mengembangkan diri, sumber informasi, sarana pendidikan dan pembelajaran, tempat penelitian, pengabdian masyarakat sekaligus sebagai tempat rekreasi literasi. Perpusda juga harus bisa mengadopsi informasi baru yang selalu berkembang untuk kepentingan masyarakat.

“Dengan makin transparannya batas antara wilayah dan juga negara, Perpusda harus menerima perkembangan teknologi informasi dan mengaplikasikannya ke dalam layanan-layanan e-book dan e-library, sehingga kualitas pelayanan perpustakaan di era digital akan meningkat,” ujarnya.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah juga menyampaikan bahwa perpustakaan daerah Kota Metro ini sudah menyediaakan buku secara e-book.

“Kami petugas perpustakaan sudah menyediakan buku secara fisik dan juga sudah menyiapkan e-book untuk beberapa buku. Sehingga masyarakat datang ke perpustakaan tidak hanya membuka buku yang sudah ada saja tetapi juga sudah bisa buka pula e-book atau e-library yang sudah kami sediakan,” ujarnya (ins/Cv)

There are no comments yet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked (*).