Walikota Metro Achmad Pairin membacakan amanat Menteri Sosial RI, Khofifah Indar Parawansa saat upacara Peringatan Hari Pahlawan, yang dilangsungkan di Lapangan Stadion Tejosari, Metro Timur, Kota Metro.

Saat membacakan sambutan Mensos itu,  Achmad Pairin yang juga selaku Inspektur Upacara, mengajak para peserta upacara untuk mengenang para pendahulu kita, pahlawan dan perintis kemerdekaan, para pendiri republik Indonesia, mereka dengan segenap pemikiran, tindakan dan gerakan perjuangan kolektif yang mereka lakukan.

“Sehingga saat ini kita semua bisa menikmati hidup di bumi Indonesia sebagai bangsa yang merdeka, bangsa yang sederajat dengan bangsa lain, bangsa yang menyadari tugas sejarahnya untuk menjadikan kemerdekaan sebagai jembatan emas bagi terwujudnya Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur,” kata Achmad Pairin saat membacakan amanat Mensos, di Lapangan Stadion 24 Tejosari Kota Metro, Jumat (10/11/2017).

Peringatan Hari Pahlawan kali ini mengambil tema, Perkokoh Persatuan Membangun Negeri. Tema tersebut dimaksudkan bahwa setelah kemerdekaan diraih, maka tahapan selanjutnya adalah Bangsa Indonesia harus bersatu untuk bisa memasuki tahapan bernegara. Dimana untuk mewujudkan sebuah rumah tangga politik kebangsaan dan kenegaraan yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil, dan makmur.

“Bung Karno, pernah menegaskan bahwa bangsa Indonesia harus menghormati jasa pahlawannya. Hal tersebut dimaknai bahwa, tanpa pengorbanan dan perjuangan para pahlawan dan perintis kemerdekaan, tidak akan ada gagasan besar untuk mendirikan sebuah negara yang bernama Republik Indonesia,” tutur Achmad Pairin.

Achmad Pairin melanjutkan, saat ini kita semua mewarisi sebuah niat dan tindak perilaku kepahlawanan, untuk menuntaskan perjuangan para pahlawan untuk membangun bangsa dengan sikap mental positif dan konstruktif. Dengan kata lain, agar Indonesia menjadi bangsa yang merdeka, maju, berdaulat dan terbuka.

“Selamat Hari Pahlawan Tahun 2017, kami mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat untuk terus berjuang, bekerja, berkarya menjadi pahlawan bagi diri sendiri, pahlawan bagi lingkungan, pahlawan bagi masyarakat, dan pahlawan bagi negeri ini,” ucap Pairin.

Upacara dalam rangka memperingati hari pahlawan ini dihadiri jajaran pejabat Pemerintah Kota Metro. Usai upacara, para rombongan pejabat menuju Taman Makam Pahlawan Kota Metro untuk berziarah dengan melakukan tabur bunga di pusaran makam para pahlawan Kota Metro.

There are no comments yet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked (*).