Pemerintah Kota Metro melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPPAPP dan KB) Kota Metro mengadakan sosialisasi forum anak Kota Metro tahun 2018, berlangsung di Lec Kartika Kota Metro, Selasa (10/7/2018).

Berdasarkan laporan ketua pelaksana, Juni Kuswati melaporkan bahwa, tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan koordinasi antara Lurah, Camat, dunia usaha dan OPD terkait dalam mendukung keberadaan forum anak baik di Kelurahan, Kecamatan maupun Kota Metro.

“Meningkatkan fungsi dan peran pengurus forum anak sebagai pelopor dan pelapor dalam proses pembangunan. Meningkatkan fungsi dan peran serta sekolah, guna mendukung keberadaan forum anak Kota Metro,” ungkapnya.

Tambahnya, Juni Kuswati memaparkan jumlah peserta yang mengikuti kegiatan pelatihan ini berjumlah 70 orang terdiri dari, Camat 5 orang, Lurah 22 orang, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) 8 orang, perwakilan sekolah 4 orang, pengurus forum anak Kelurahan dan Kota Metro 26 orang.

Sementara dalam sambutan Asisten I Ridhwan mengatakan, apresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini. Dan mengucapkan selamat datang kepada narasumber dari Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Provinsi Lampung atas kesediannya untuk hadir dan menjadi narasumber dalam kegiatan forum anak Kota Metro.

“Harapan kami melalui kegiatan ini dapat menambah wawasan dan memberikan masukan serta, meningkatkan motivasi kita semua untuk bersama-sama meningkatkan mutu kehidupan anak-anak di Kota Metro dan di Provinsi Lampung pada umumnya,” kata Ridwan.

Dengan itu, Ridhwan menambahkan bahwa, peran Pemerintah Kota Metro dalam menjamin terpenuhinya hak anak, dengan memfasilitasi terbentuknya forum anak di setiap Kelurahan dan Kecamatan.

“Selain itu, upaya yang sungguh-sungguh dari pemerintah, masyarakat dan dunia usaha, sangat diperlukan untuk memaksimalkan peran dan fungsi forum anak Kota Metro, dalam rangka mewujudkan Kota Metro sebagai Kota layak anak. Oleh karena itu hadiri yang hadir diharapkan paham dan mengerti tentang forum anak,” ungkapnya.

Diakhir sambutan, Ridwan menegaskan kembali kepada para peserta, untuk dapat mengikuti kegiatan ini, serta mensosialisasikan dan mengimplementasikan masalah Perlindungan Anak ini kepada keluarga terdekat dan kepada masyarakat di lingkungan masing-masing. “Sehingga masalah Perlindungan Anak dapat tersosialisasikan dengan lebih baik di tengah-tengah masyarakat,” tutup Ridhwan.

There are no comments yet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked (*).