Walikota Metro mengukuhkan Pengurus Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Kota Metro Masa Bakti 2017-2019, dengan Ketua PKK Kota Metro sebagai Ketua Umum Forikan dan Wakil Ketua TP PKK Kota Metro sebagai Ketua Harian Forikan Kota Metro. Agenda yang berlangsung di Aula Pemda Kota Metro (19/04) tersebut dihadiri Walikota Metro, Wakil Walikota Metro, Plt Sekda Kota Metro, Asisten II Sekda Kota Metro, Kepala Satker, serta Pengurus Forikan Kota Metro.

Laporan Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Metro, Lusia Parjiem, maksud dan tujuan Pengukuhan Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Kota Metro masa bakti 2017-2019 yakni untuk menyatukan gerak dan langkah pengurus dan semua elemen yang terlibat dalam Forikan dan dapat memahami tugas pokok dan fungsi masing-masing sehingga dapat menghasilkan program kerja yang realistis dan tepat sasaran.

Walikota Metro, Achmad Pairin, dalam sambutannya memberikan apresiasi dan menyambut baik atas terselenggaranya kegiatan tersebut, serta mengucapkan selamat atas dikukuhkannya Pengurus Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Kota Metro masa bakti 2017-2019. “Semoga dengan dikukuhkannya Pengurus Forikan yang baru, kedepan dapat bersinergi dengan berbagai program pemerintah, dalam rangka meningkatkan kegemaran konsumsi ikan bagi masyarakat dan juga meningkatkan sumber daya manusia, terkait pengolah hasil perikanan”.

Dengan adanya budaya gemar memasyarakatkan makan ikan (gemarikan), Walikota Metro mengharapkan  produksi ikan di Kota Metro bisa lebih bagus dan berkembang. “Forikan ini memiliki tugas yakni bagaimana membuat masyarakat menjadi gemar makan ikan, yang sehingga otomatis masyarakat di Kota Metro harus bisa untuk membudidayakan ikan melalui dinas terkait dan Forikan Kota Metro”. Achmad Pairin juga berharap kedepan untuk disetiap kecamatan memiliki sentra sebaran produksi benih yang lebih terfokus.

Usai pengukuhan, dilanjutkan dengan Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Forikan Kota Metro Masa Bakti 2017-2019, yang membahas tentang kegiatan Forikan diantaranya memberikan penyuluhan tentang manfaat ikan bagi kesehatan, lomba masak serba ikan dan inovasi masakan ikan, pemberian makanan tambahan anak sekolah, balita dan ibu hamil, pelatihan pengolahan hasil perikanan, dan pemasangan Billboard. Serta membahas tentang sasaran dan target Gemarikan, sasarannya adalah seluruh masyarakat terutama ibu dan anak-anak, ibu penyedia menu keluarga, ibu melahirkan, anak-anak dalam masa pertumbuhan, dan Target Gemarikan adalah mendorong dan memeratakan peningkatan konsumsi ikan nasional, menjadikan masyarakat indonesia lebih sehat, cerdas dan kuat.

There are no comments yet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked (*).