Pelatihan Dan Pengukuhan Pengurus Koalisi Indonesia untuk Kependudukan dan Pembangunan Daerah Kota Metro, pada periode 2017-2021 telah berlangsung di Aula Kelurahan Ganjar Agung, Rabu (11/10/2017).

Sebanyak 30 orang dilantik langsung oleh Deputi Bidang Pelatihan, Penelitian dan Pengembangan BKKBN Prof. Drh. Rizal Damanik, MRepSc, PhD, yang disaksikan langsung oleh Wakil Walikota Metro Djohan, Kepala BKKBN Provinsi Lampung, Perwakilan Koalisi Kependudukan Lampung Timur, Lampung Tengah dan Lampung Utara, serta para OPD di Pemerintahan Kota Metro.

Berdasarkan Laporan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana Juni Kuswati mengatakan, tujuan dengan dilantiknya kepengurusan ini yaitu, untuk mewujudkan Kota Metro yang berorentasi kependudukan untuk meningkatkan kualitas SDM sejak dari kandungan sampai lanjut usia dan menjadi mitra pemerintah dalam mewujudkan keluarga kecil yang berkualitas.

Sementara dari sambutan Wakil Walikota Metro Djohan mengatakan, dalam rangka pembangunan kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKB-PK) Kota Metro telah menujukan keberhasilan, dimana program KKB-PK sampai pada bulan Agustus 2017, jumlah peserta KB baru 3.599 atau (34,58 %) dari perkiraan masyarakat sebesar 10.409.

“Dan peserta KB Aktif sebesar 19.567 (71,56 %) dari pasangan usia subur sebesar 27.342. Hal ini tentunya sesuai dengan Visi Kota Metro, sebagai Kota Pendidikan dan Wisata Keluarga berbasis Ekonomi Kerakyatan berlandaskan Pembangunan Partisipatif.” ungkap Djohan.

Tambahnya, Djohan mengharapkan Koalisi Kependudukan ini, mampu meningkatkan kemitraan dan koordinasi lintas sektor dalam rangka, mempercepat pelaksanaan dan mewujudkan keselarasan program pembangunan dari perspektif kependudukan. “Disamping itu, semoga dapat berperan aktif dalam memberikan bantuan kepada Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PLKB), agar meningkatkan kapasitas dan kerjasama dengan baik antar aparatur,” ucap Djohan.

Pada kesempatan yang sama, Deputi Bidang Pelatihan, Penelitian dan Pengembangan BKKBN mengucapkan selamat kepada anggota yang telah dilantik dengan diketuai oleh Bapak Supriyadi. “Saya setuju dengan apa yang diharapkan oleh Wakil Walikota Metro, dimana koalisi ini  untuk meningkatkan kemitraan. Dimana sebagai Kota Pelajar, Kota Metro yang menjadi tempat pendatang penduduk luar, dari hal ini merupakan sebagai peluang dan tantangan bagi koalisi ini,” katanya.

Lebih lanjut, Rizal Damanik mengungkapkan, Provinsi Lampung secara keseluruhan merupakan pemasok daging dan telur untuk di Pulau Jawa. “Hal ini akan menjadi ironi, apabila masyarakat masih kekurangan protein. Semoga dengan organisasi ini dapat memberikan masukan kepada Pemerintah Kota Metro, agar dapat mengatasi kondisi kekurangan gizi yang ada di Kota Metro. Dan mudah-mudahan apa yang kita harapkan sekarang dapat direalisasikan,” ucapnya di akhir sambutan.

There are no comments yet.

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked (*).