SEKRETARIAT

Sekretariat mempunyai tugas mengelola urusan kesekretariatan yang meliputi administrasi  umum dan kepegawaian serta perencanaan dan keuangan dinas.

Untuk melaksanakan tugas tersebut, Sekretariat  mempunyai fungsi:

  1. Perumusan kebijakan teknis di bidang kesekretariatan;
  2. Pengelolaan urusan administrasi umum meliputi surat-menyurat, kearsipan,

pengadaan, barang perlengkapan/inventaris, dan kerumahtanggaan serta kepegawaian;

  1. Pengelolaan penyusunan perencanaan dinas;
  2. Pengelolaan urusan administrasi keuangan dinas; dan
  3. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

1.1       Subbagian Perencanaan dan Keuangan

Subbagian Perencanaan dan Keuangan mempunyai tugas pokok melaksanakan penatausahaan perencanaan dan keuangan dinas.

Untuk melaksanakan tugas tersebut, Subbagian Perencanaan dan Keuangan mempunyai fungsi :

  1. Penyusunan perencanaan program Subbagian Perencanaan dan Keuangan;
  2. Pelaksanaan koordinasi kegiatan administrasi perencanaan, keuangan dan evaluasi/pelaporan dinas;
  3. Pelaksanaan tugas penatausahaan perencanaan, keuangan dan evaluasi/pelaporan dinas; dan
  4. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan, sesuai dengan tugas dan fungsinya.

1.2       Subbagian Umum dan Kepegawaian

Subbagian Umum mempunyai tugas melaksanakan kegiatan administrasi umum dan  kepegawaian Dinas.

Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud di atas, Subbagian Umum dan Kepegawaian mempunyai fungsi:

  1. penyusunan perencanaan program Subbagian Umum;
  2. pelaksanaan koordinasi kegiatan administrasi umum dan kepegawaian;
  3. pelaksanaan tugas administrasi umum dan kepegawaian dinas; dan
  4. pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.
  5. 2. BIDANG PERIZINAN DAN PENGAWASAN

Bidang Perizinan dan Pengawasan mempunyai tugas pokok menyelenggarakan pelayanan perizinan dan pelaksanaan pengawasan/inspeksi, audit dan verifikasi serta penegakan hukum bidang lingkungan hidup.

Untuk  melaksanakan  tugas tersebut, Bidang Perizinan dan Pengawasan mempunyai fungsi :

  1. Menyusun rencana program kerja bidang perizinan dan pengawasan;
  2. Melaksanakan program kerja bidang perizinan dan pengawasan;
  3. Melaksanakan pengendalian, pembinaan, koordinasi dan pemantauan pelaksanaan program kerja perizinan dan pengawasan;
  4. Melaksanakan evaluasi dan penyusunan laporan kinerja bidang perizinan dan pengawasan; dan
  5. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan peraturan perundang-undangan serta tugas dan fungsi bidang perizinan dan pengawasan.

2.1.    Seksi Perizinan

Seksi Perizinan mempunyai tugas pokok penyelenggaraan pelayanan perizinan bidang lingkungan hidup.

Untuk melaksanakan tugas tersebut, Seksi Perizinan mempunyai uraian tugas:

  1. Melaksanakan pemeriksaan dokumen permohonan izin lingkungan dan izin perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup dan/atau izin lainnya;
  2. Melaksanakan pemeriksaan lapangan (verifikasi) data dan informasi yang disampaikan dalam dokumen permohonan izin lingkungan hidup dan izin perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup dan/atau izin lainnya;
  3. Menyelenggarakan paparan dokumen permohonan izin lingkungan hidup dan izin perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup dan/atau izin lainnya;
  4. Melaksanakan koordinasi pelayanan perizinan lingkungan hidup dan izin perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup dan/atau izin lainnya;
  5. Mengelola data dan informasi terkait perizinan lingkungan hidup dan perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup dan/atau izin lainnya;
  6. Melaksanakan penelitian dan pengembangan perizinan lingkungan hidup dan perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup dan/atau izin lainnya;
  7. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan peraturan perundang-undangan serta tugas dan fungsi seksi

2.2     Seksi Pengawasan

Seksi Pengawasan mempunyai tugas pokok penyelenggaraan pengawasan bidang lingkungan hidup.

Dalam melaksanakan tugas pokok tersebut, Seksi Pengawasan mempunyai uraian tugas:

  1. Melaksanakan audit, verifikasi dan inspeksi ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan dan ketentuan izin lingkungan dan izin perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup
  2. Menyelenggarakan paparan hasil audit, verifikasi dan inspeksi;
  3. Melaksanakan koordinasi audit, verifikasi dan inspeksi;
  4. Mengelola data dan informasi terkait hasil audit, verifikasi dan inspeksi;
  5. Melaksanakan penelitian dan pengembangan audit, verifikasi dan inspeksi;
  6. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan peraturan perundang-undangan serta tugas dan fungsi Seksi Pengawasan.

2.3     Seksi Penegakan Hukum

Seksi Penegakan Hukum memiliki tugas pokok penyelenggaraan penegakan hukum bidang lingkungan hidup.

Dalam melaksanakan tugas pokok tersebut, Seksi Penegakan Hukum mempunyai uraian tugas:

  1. Melaksanakan telaahan peraturan perundang-undangan terkait perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup;
  2. Menyelesaikan sengketa lingkungan hidup;
  3. Melaksanakan koordinasi dengan pihak lain terkait penegakan hukum lingkungan hidup;
  4. Memfasilitasi penyelesaian pengaduan masyarakat di bidang lingkungan hidup;
  5. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan peraturan perundang-undangan serta tugas dan fungsi Seksi Penegakan Hukum.
  1. BIDANG KEBERSIHAN DAN PENGELOLAAN SAMPAH

Bidang Kebersihan dan Pengelolaan Sampah mempunyai tugas pokok merumuskan kebijakan teknis dan penyelenggaraan pelayanan sampah, penyediaan dan pemeliharaan sarana dan prasarana pengelolaan sampah dan pengelolaan pendapatan.

Dalam melaksanakan tugas pokok tersebut, Bidang Kebersihan dan Pengelolaan Sampah memiliki uraian tugas:

  1. Menyusun rencana program kerja bidang kebersihan dan pengelolaan sampah;
  2. Melaksanakan program kerja bidang kebersihan dan pengelolaan sampah;
  3. Melaksanakan pengendalian, pembinaan, koordinasi dan pemantauan pelaksanaan pengelolaan sampah;
  4. Melaksanakan evaluasi dan penyusunan laporan kinerja bidang kebersihan dan pengelolaan sampah;
  5. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan peraturan perundang-undangan serta tugas dan fungsi bidang kebersihan dan pengelolaan sampah.

3.1.    Seksi Pengelolaan Sampah

Seksi Pengelolaan Sampah mempunyai tugas pokok menyelenggarakan pelayanan kebersihan dan pengangkutan sampah.

Untuk melaksanakan tugas pokok tersebut, Seksi Pengelolaan Sampah mempunyai uraian tugas:

  1. Melaksanakan penyusunan informasi dan kebijakan tentang pengelolaan persampahan;
  2. Melaksanakan pelayanan pengelolaan/pengolahan persampahan;
  3. Melakukan inventarisasi terhadap lokasi-lokasi Tempat Pembuangan Sementara (TPS);
  4. Menginventarisasi jumlah produksi sampah rumah tangga, pertokoan, industri/pabrik, jalanan umum, rumah sakit dan fasilitas umum lainnya;
  5. Melaksanakan perencanaan dan pelaksanaan operasional pelayanan kebersihan/persampahan pada lingkungan umum dan lingkungan lainnya yang diperlukan;
  6. Melaksanakan pengangkutan sampah.
  7. Melaksanakan koordinasi dan/atau kerja sama dengan pihak lain terkait pengelolaan sampah;
  8. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan peraturan perundang-undangan serta tugas dan fungsi Seksi pengelolaan sampah.

3.2.    Seksi Pengelolaan Sarana dan Prasarana Persampahan

Seksi Pengelolaan Sarana dan Prasarana Persampahan mempunyai tugas pokok melaksanakan pengelolaan sarana dan prasarana pengelolaan sampah dan kebersihan.

Untuk melaksanakan tugas pokok tersebut, Seksi Sarana dan Prasarana Persampahan mempunyai uraian tugas :

  1. Menginventarisasi kebutuhan sarana dan prasarana pengelolaan sampah dan kebersihan.
  2. Menyediakan sarana dan prasarana pengelolaan sampah dan kebersihan.
  1. Melaksanakan pemeliharaan sarana dan prasarana pengelolaan sampah dan kebersihan.
  2. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Pimpinan sesuai dengan peraturan perundang-undangan serta tugas dan fungsi Seksi Sarana dan Prasarana Persampahan.

3.3     Seksi Pendapatan

Seksi Pendapatan mempunyai tugas pokok menyelenggarakan pengelolaan pendapatan bidang lingkungan hidup.

Untuk melaksanakan tugas tersebut, Seksi Pendapatan mempunyai uraian tugas:

  1. Melaksanakan pendataan, analisa, verifikasi dan inventarisasi sumber-sumber pendapatan bidang lingkungan hidup.
  2. Melaksanakan pengawasan dan evaluasi realisasi pendapatan bidang lingkungan hidup.
  3. Melaksanakan administrasi pembukuan pendapatan bidang lingkungan hidup.
  4. Pelaksanaan koordinasi dengan pihak lain yang berkaitan dengan pendapatan.
  5. Mengkjuuoordinasikan pemungutan retribusi bidang lingkungan hidup
  6. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Pimpinan sesuai dengan peraturan perundang-undangan serta tugas dan fungsi Seksi Pendapatan.
  7. BIDANG PENGENDALIAN, PEMANTAUAN DAN KEMITRAAN

Bidang Pengendalian, Pemantauan, dan Kemitraan mempunyai tugas pokok merumuskan kebijakan teknis dan penyelenggaraan pengendalian, pemantauan dan pembinaan kemitraan bidang lingkungan hidup, energi sumber daya mineral, dan kehutanan.

Dalam melaksanakan tugas tersebut, Bidang Pengendalian, Pemantauan dan Kemitraan memiliki uarian tugas:

  1. Menyusun rencana program kerja pengendalian, pemantauan dan kemitraan;
  2. Melaksanakan program kerja pengendalian, pemantauan dan kemitraan;
  3. Melaksanakan pengendalian, pembinaan, koordinasi dan pemantauan pelaksanaan program kerja pengendalian, pemantauan dan kemitraan;
  4. Melaksanakan evaluasi dan penyusunan laporan kinerja bidang pengendalian, pemantauan dan kemitraan; dan
  5. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Pimpinan sesuai dengan peraturan perundang-undangan serta tugas dan fungsi bidang pengendalian, pemantauan dan kemitraan.

4.1       Seksi Konservasi dan Rehabilitasi

Seksi Konservasi dan Rehabilitasi mempunyai tugas pokok menyelenggarakan konservasi dan rehabilitasi lingkungan hidup, energi sumber daya alam, dan kehutanan dari ancaman pencemaran dan kerusakan lingkungan. Untuk melaksanakan tugas pokok tersebut, Seksi Konservasi dan Rehabilitasi mempunyai uraian tugas :

  1. Menginventarisasi sumber daya alam dan keanekaragaman hayati.
  2. Melaksanakan kegiatan pembinaan pemanfaatan energi sumber daya mineral dan kehutanan.
  3. Pengelolaan upaya pelestarian dan pemulihan (rehabilitasi) lingkungan hidup, energi sumber daya mineral, dan kehutanan.
  4. Mengkordinasikan upaya pemeliharaan dan pemulihan kualitas air, udara dan tanah/kualitas lingkungan.
  5. Melaksanakan koordinasi dengan instansi atau lembaga lainnya, terkait konservasi dan rehabilitasi lingkungan hidup, energi sumber daya alam, dan kehutanan
  6. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan peraturan perundang-undangan serta tugas dan fungsi Seksi Konservasi dan Rehabilitasi.

4.2       Seksi Pemantauan

Seksi Pemantauan mempunyai tugas pokok menyelenggarakan pemantauan kualitas lingkungan hidup.

Untuk melaksanakan tugas tersebut, Seksi Pemantauan mempunyai uraian tugas :

  1. Melaksanakan pemantauan dan/atau penanggulangan serta pembinaan sumber-sumber pencemar.
  2. Melaksanakan pengukuran kualitas air, udara dan tanah
  3. Melaksanakan analisis kualitas air, udara dan tanah
  1. Melakukan pengumpulan dan pelaporan data dan status lingkungan hidup
  2. Melaksanakan pengelolaan sarana dan prasarana laboratorium
  3. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan peraturan perundang-undangan serta tugas dan fungsi Seksi Pemantauan.

4.3       Seksi Informasi, Pendidikan dan Pembinaan Kemitraan

Seksi Informasi, Pendidikan dan Pembinaan Kemitraan mempunyai tugas pokok menyelenggaraan diseminasi informasi, pendidikan dan pengajaran serta peningkatan kemitraan berbagai pihak dalam bidang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup.

Untuk melaksanakan tugas tersebut, Seksi Informasi, Pendidikan dan Pembinaan Kemitraan mempunyai uraian tugas:

  1. Melaksanakan pengumpulan dan diseminasi informasi tentang lingkungan hidup
  2. Melaksanakan koordinasi dan penyusunan Rencana Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Kajian Lingkungan Hidup Strategis.
  3. Melaksanakan pembinaan kepada masyarakat
  1. Melaksanakan pemberian dan/atau pengusulan penghargaan bidang lingkungan hidup
  2. Meningkatkan dan membina kerja sama dengan berbagai pihak di bidang lingkungan hidup
  3. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Pimpinan sesuai dengan peraturan perundang-undangan serta tugas dan fungsi Seksi Informasi, Pendidikan dan Pembinaan Kemitraan.

 

  1. UNIT PELAKSANA TEKNIS (UPT)

Pengaturan mengenai Unit Pelaksana Teknis (UPT) akan dilakukan lebih lanjut dengan peraturan Walikota .

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

dengan peraturan Walikota .