Dalam rangka sosialisasi, edukasi, peningkatan pemahaman dan dukungan masyarakat terhadap penerbitan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 2 Tahun 2017 tentang Organisasi Masyarakat, Direktorat Pengelolaan Media Publik bersama dengan Ditjen Informasi dan Komunikasi Publik, dan Kementerian Komunikasi dan Informatika RI melaksanakan kegiatan diseminasi informasi melalui Forum Diskusi Publik dengan tema “Merawat NKRI melalui Ormas di Bumi Pertiwi” yang berlangsung di Gedung Wisma Haji Al Khairiyah, Kota Metro (09/09/17).

Eksistensi keberadaan ormas sebagai wadah berserikat dan berkumpul adalah perwujudan kesadaran dan tanggungjawab kolektif warga negara untuk berpartisipasi dalam pembangunan. Ormas merupakan potensi yang harus dikelola sehingga tetap menjadi energi positif dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Untuk menjaga dinamika ormas dalam berbangsa dan bernegara yang sesuai dengan Pancasila dan UUD Negara Republik Indonesia 1945, Pemerintah mengeluarkan Perppu Nomor 2 Tahun 2017 tentang Organisasi Masyarakat. Peraturan tersebut dimaksudkan semata-mata agar aktifitas ormas tetap pada koridor hukum yang berlaku, baik hukum positif maupun norma, nilai-nilai, moral dan etika yang berlaku di masyarakat untuk menjamin keamanan, ketenteraman dan ketertiban umum demi kedaulatan NKRI.

Tujuan dari forum ini adalah untuk meningkatkan pemahaman yang baik dan mendalam terkait Perppu Nomor 2 Tahun 2017 dan terbangunnya kesadaran, kepedulian, dan kecerdasan dalam menginternalisasikan nilai-nilai yang ada di dalam Perppu tersebut.

Didalam kegiatan yang berlangsung di Wisma Haji Kota Metro tersebut, turut dihadiri oleh perwakilan unsur Fokorpimda Kota Metro, Kepala SKPD di Lingkungan Pemerintah Kota Metro, Camat dan Lurah Kota Metro, Ketua LPM se Kota Metro, Ketua Ormas, OKP dan Keagamaan se Kota Metro, perwakilan dari Perguruan Tinggi se-Kota Metro, serta Para Narasumber terdiri dari Ustad & Penyiar TV Agus Idzwar selaku moderator, Sri Yunanto selaku Tenaga Ahli Menko Polhukam, Syafiq Hsayim selaku Dosen UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Tokoh Agama/Masyarakat, dan Akademisi.

Adapun setelah kegiatan ini akan diselenggarakan rangakaian kegiatan berikutnya yaitu Pertunjukan Rakyat yang akan dilaksanakan di Lapangan Samber Kota Metro pada hari Minggu tanggal 10 September 2017 pukul 19.30.

 

There are no comments yet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked (*).