Dinas Perpustakaan dan  Kearsipan Daerah Kota Metro mempunyai tugas, melaksanakan penyusunan dan pelaksanaan kebijakan Daerah di Bidang Perpustakaan dan Kearsipan.

Untuk melaksanakan tugas tersebut, Dinas Perpustakaan dan  Kearsipan Daerah Kota Metro menyelenggarakan fungsi :

  1. Perumusan Kebijakan Tekhnis dibidang Akuisisi, Pelayanan dan Kearsipan;
  2. Pemberian dukungan atas penyelenggaraan Pemerintahan daerah dibidang Akuisisi, Pelayanan dan Kearsipan ;
  3. Pembinaan dan pelaksanaan tugas dibidang Akuisisi, Pelayanan dan Kearsipan;
  4. Penyelenggaraan Kesekretariatan Kantor;
  5. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Walikota sesuai dengan tugas dan fungsinya.
  • SEKRETARIAT

Sekretariat mempunyai tugas :

  1. Penyusunan Program Dan Anggaran, Evaluasi Dan Pelaporan
  2. Penyelenggaraan Urusan Ketatausahaan Meliputi Urusan Rumah Tangga, Kepegawaian, Hukum Dan Organisasi, Hubungan Masyarakat
  3. Penyelenggaraan Urusan Keuangan Dan Perlengkapan Meliputi Urusan Perbendaharaan, Akuntansi, Verifikasi, Ganti Rugi, Tindak Lanjut Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP), Dan Perlengkapan
  4. Pengkoordinasian, Sinkronisasi, Dan Integrasi

1.2.    Subbag Perencanaan dan Keuangan

Subbag Perencanaan dan Keuangan mempunyai tugas :

  1. Menyusun rencana dan program kerja Sub Bagian
  2. Menilai prestasi kerja bawahan
  3. Menghimpun bahan kebijakan sebagai masukan dalam penyusunan Rencana Strategi (RENSTRA) Dinas
  4. Mengkompilasi bahan dan menyusun rencana pembangunan Dinas
  5. Menyiapkan data dan bahan usulan program Dinas
  6. Mengkompilasi bahan usulan program dan anggaran Dinas
  7. Mengkompilasi bahan dan menyusun Laporan Akuntabilitas Instansi Pemerintah (LAKIP)
  8. Menghimpun hasil-hasil pelaksanaan program dan melaksanakan pameran pembangunan
  9. Melaksanakan pengkajian pengembangan program Dinas
  10. Melaksanakan sistem pengendalian intern
  11. Merencanakan, menyiapkan dan mengumpulkan bahan penyusunan rencana anggaran Dinas;
  12. Melaksanakan pengkoordinasian penyusunan rencana anggaran Dinas dengan para Kepala Bidang
  13. Mengkoordinasikan penyusunan Rencana Kerja Anggaran (RKA), Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) serta Dokumen Perubahan Pelaksanaan Anggaran (DPPA) dengan para Kepala Bidang
  14. Melaksanakan penatausahaan keuangan Dinas yang meliputi peneitian kelengkapan SPP LS yang diajukan oleh PPTK, SPP UP, SPP GU, dan SPP TU yang diajukan oleh Bendahara Pengeluaran
  15. Melaksanakan penyiapan SPM dan penyiapan laporan keuangan SKPD Dinas
  16. Menyiapkan bahan pelaksanaan pembinaan administrasi keuangan kepada para bendahara dan PPTK di lingkungan Dinas
  17. Penelitian pengujian kebenaran, kelengkapan, dan keabsahan Surat Pertanggungjawaban (SPJ) atau Tanda Bukti Pengeluaran Uang
  18. Pengevaluasian kecocokan atau kesesuaian Surat Pertanggungjawaban (SPJ) keuangan berdasarkan pengalokasian anggaran yang telah ditetapkan
  19. Penyelenggaraan akuntansi dan penyusunan laporan keuangan atas transaksi keuangan, aset, hutang dan ekuitas dana pada Dinas
  20. Penyampaian laporan keuangan SKPD Dinas yang meliputi realisasi anggaran, neraca dan catatan atas laporan keuangan yang disampaikan kepada Walikota melalui PPKD
  21. Pelaksanaan tugas kedinasan lain sesuai dengan bidang tugas dan fungsinya
  22. Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang ditugaskan oleh atasan
  23. Melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada Sekretaris

1.2     Subbag Umum dan Kepegawaian

Subbag Umum dan Kepegawaian mempunyai tugas :

  1. Menyusun rencana dan program kerja Sub Bagian
  2. Menilai prestasi kerja bawahan
  3. Mengelola, memelihara dan mendistribusikan barang serta menyiapkan usulan penghapusannya
  4. Memelihara, menjaga keamanan, ketertiban dan kebersihan lingkungan Dinas serta melaksanakan kegiatan kerumahtanggaan Dinas
  5. Mengelola urusan surat menyurat
  6. Menyusun dan meneliti bahan penyusunan produk hukum serta menghimpun peraturan perundang-undangan yang berlaku
  7. Melaksanakan tugas-tugas kehumasan dan keprotokolan
  8. Membuat buku penjagaan pegawai
  9. Menyiapkan bahan usul kepangkatan, pemindahan, pemberhentian, mutasi, kenaikan gaji berkala, kartu pegawai, karis/karsu, askes, taspen sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku
  10. Membuat konsep usul pengangkatan, pemindahan, pemberhentian, mutasi, kenaikan pangkat, gaji berkala, penghargaan dan usul lainnya sesuai ketentuan yang berlaku
  11. Melaksanakan urusan kepegawaian
  12. Membuat, menghimpun dan memelihara DSP dan DUK
  13. Menyiapkan blanko-blanko di bidang Kepegawaian
  14. Membuat rekapitulasi absensi kepegawaian
  15. Menyiapkan bahan penyusunan surat pernyataan, menduduki jabatan, melaksanakan tugas, pengurusan pelantikan, sumpah jabatan dan sumpah PNS serta serah terima jabatan
  16. Menata dan menyimpan berkas kepegawaian
  17. Menyiapkan bahan telaahan, kajian dan analisis pelaksanaan organisasi dan ketatalaksanaan, analisis jabatan dan pengukuran beban kerja serta menyiapkan bahan penyusunan program dan laporan realisasi p3-Waskat
  18. Melaksanakan sistem pengendalian intern
  19. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang sesuai dengan bidang tugasnya
  20. Melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada Kepala Dinas
  • BIDANG PERPUSTAKAAN

Bidang Perpustakaan mempunyai tugas menyelenggarakan pengadaan, pengolahan, pelestarian bahan pustaka dan layanan, pembinaan serta pengembangan perpustakaan. Dalam melaksanakan tugasnya Bidang Perpustakaan mempunyai fungsi :

  1. Menyusun rencana dan program kerja
  2. Mengkoordinasikan program kerja masing – masing seksi
  3. Mengkoordinasikan para Kepala Seksi
  4. Menilai prestasi kerja bawahan
  5. Melaksanakan kerjasama dengan instansi terkait atas serah simpan karya cetak dan karya rekam serta pedoman dan peraturan lainnya
  6. Melaksanakan kegiatan deposit, pengadaan bahan pustaka, pengolahan bahan pustaka dan pelestarian bahan pustaka
  7. Melaksanakan sistem pengendalian intern
  8. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas sesuai dengan bidang tugasnya
  9. Melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada Kepala Dinas

2.1     Seksi Deposit & Pengadaan Bahan Pustaka

Seksi Deposit & Pengadaan Bahan Pustaka mempunyai tugas menyelenggarakan pendataan, penyusunan, dan pengembangan koleksi bahan pustaka. Dalam melaksanakan tugasnya Seksi Deposit dan Pengadaan Bahan Pustaka mempunyai fungsi :

  1. Menyusun rencana dan program kerja
  2. Memberikan petunjuk kepada bawahan
  3. Menilai prestasi kerja bawahan
  4. Mendata seluruh penerbit KCKR baik terbitan pemerintah, swasta maupun perorangan yang ada di daerah
  5. Penyusunan Kebijakan teknis di bidang Deposit (Karya Daerah)
  6. Penyusunan indek, biliografi dan katalog induk daerah
  7. Pelaksanaan pengembangan koleksi bahan perpustakaan, pendistribusian bahan perpustakaan & pengembangan koleksi indonesiana
  8. Melaksanakan sistem pengendalian intern
  9. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang sesuai dengan bidang tugasnya
  10. Melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada Kepala Dinas

2.2     Seksi Pengolahan & Pelestarian Bahan Pustaka

Seksi Pengolahan & Pelestarian Bahan Pustaka mempunyai fungsi menyelenggarakan pengolahan, dan pelestarian bahan pustaka. Dalam melaksanakan tugasnya Seksi Pengolahan & Pelestarian Bahan Pustaka mempunyai fungsi :

  1. Menyusun rencana dan program kerja
  2. Memberikan petunjuk kepada bawahan
  3. Menilai prestasi kerja bawahan
  4. Pengolahan KCKR/Karya Cetak Karya Rekam
  5. Pelaksanaan registrasi bahan pustaka, katalogisasi/worksheet, klasifikasi, suplies bahan pustaka
  6. Pelaksanaan teknis konservasi dalam perawatan, perbaikan, dan pengawetan bahan perpustakaan, serta melakukan penjilidan bahan perpustakaan
  7. Melaksanakan sistem pengendalian intern
  8. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang sesuai dengan bidang tugasnya
  9. Melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada Kepala Dinas

2.3     Seksi Layanan, Pembinaan dan Pengembangan Perpustakaan

Seksi Layanan, Pembinaan dan Pengembangan Perpustakaan mempunyai tugas melaksanakan Kegiatan layanan, Pembinaan dan pengembangan Perpustakaan. Dalam melaksanakan tugasnya Bidang Layanan,  Pembinaan   dan  Pengembangan   Sumber   Daya   Perpustakaan  mempunyai fungsi :

  1. Menyusun rencana dan program kerja
  2. Mengkoordinasikan program kerja masing2 subbidang
  3. Mengkoordinasikan para kepala subbidang
  4. Menilai prestasi kerja bawahan
  5. Menyelenggarakan dan mengembangkan layanan yang berbasis teknologi informasi serta meningkatkan sumber daya perpustakaan
  6. Melaksanakan kegiatan Layanan, Pembinaan dan Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan
  7. Melaksanakan sistem pengendalian intern
  8. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang sesuai dengan bidang tugasnya
  9. Melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada Kepala Dinas
  • BIDANG KEARSIPAN

Bidang Kearsipan mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kota Metro di Bidang Kearsipan

  1. Penetapan norma, standard dan pedoman yang berisi kebijakan kota berpedoman pada kebijakan Provinsi dan Nasional;
  2. Penetapan peraturan dan kebijakan penyelenggaraan kearsipan di lingkungan kota sesuai dengan Kebijakan Nasional;
  3. Penetapan peraturan dan kebijakan penyelenggaraan sistem kearsipan di lingkungan kota sesuai dengan Kebijakan Nasional;
  4. Penetapan peraturan dan kebijakan penyelenggaraan jaringan kearsipan di lingkungan kota sesuai dengan Kebijakan Nasional;
  5. Penetapan peraturan dan kebijakan pengembangan Sumber Daya Manusia Kearsipan di lingkungan kota sesuai dengan Kebijakan Nasional;
  6. Pembinaan kearsipan terhadap perangkat daerah kota, Badan Usaha Milik Daerah dan kecamatan
  7. Pengawasan / supervisi terhadap penyelenggaraan kearsipan perangkat daerah, BUMD dan kecamatan
  8. Menyiapkan bahan penyusunan rencana program dan petunjuk teknis di bidang pembinaan kearsipan
  9. Menyiapkan bahan pelaksana rencana program dan petunjuk teknis di bidang pembinaan kearsipan
  10. Menyiapkan bahan koordinasi pembinaan dan kerjasama dengan lembaga dari instansi lain di bidang pembinaan kearsipan
  11. Menyiapkan bahan pengawasan dan pengendalian di bidang pembinaan kearsipan
  12. Menyiapkan bahan evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas
  13. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas sesuai dengan bidang tugasnya
  14. Melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada Kepala Dinas

3.1     Seksi Pembinaan dan Pengembangan Kearsipan

Seksi Pembinaan dan Pengembangan Kearsipan  mempunyai tugas merencanakan kegiatan, melaksanakan, membagi tugas dan mengawasi urusan Pembinaan dan Pengembangan di Bidang Kearsipan. Dalam melaksanakan tugasnya Seksi Pembinaan dan Pengembangan Kearsipan mempunyai fungsi :

  1. Menyusun rencana dan program kerja
  2. Menyiapkan dan Menyusun konsep serta petunjuk teknis lingkup pembinaan dan pengembangan Kearsipan
  3. Melaksanakan Penganalisaan Data untuk bahan kajian pengembangan kebijakan lingkup pembinaan dan pengembangan kearsipan
  4. Pelaksanaan bimbingan, supervisi, dan konsultasi pelaksanaan kearsipan pada SKPD dan Kelurahan
  5. Pelaksanaan sosialisasi kearsipan pada SKPD dan Kelurahan
  6. Pelaksanaan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kearsipan pada SKPD dan Kelurahan
  7. Pelaksanaan bimbingan, supervisi dan konsultasi pelaksanaan kearsipan pada Perusahaan BUMD, Lembaga Pendidikan dan Organisasi Masyarakat
  8. Pelaksanaaan sosialisasi kearsipan pada Perusahaan BUMD, Lembaga Pendidikan dan Organisasi Masyarakat
  9. Pelaksanaan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kearsipan pada Perusahaan BUMD, Lembaga Pendidikan dan Organisasi Masyarakat
  10. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang sesuai dengan bidang tugasnya
  11. Melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada Kepala Dinas

3.3     Seksi Pengelolaan Arsip Dinamis

Seksi Pengelolaan Arsip Dinamis mempunyai tugas menyelenggarakan pengelolaan, pelayanan, dan pembinaan arsip dinamis. Dalam melaksanakan tugasnya Seksi Pengelolaan Arsip Dinamis mempunyai fungsi :

  1. Penyusunan rencana kerja seksi pengelolaan arsip dinamis
  2. Perumusan kebijakan teknis pengelolaan arsip dinamis
  3. Penyelenggaraan dan pembinaan pengelolaan arsip dinamis
  4. Penyelenggaraan pelayanan arsip dinamis
  5. Penyelenggaraan pengembangan sistem pengelolaan arsip dinamis
  6. Penyelenggaraan penyelamatan dan perlindungan arsip vital
  7. Evaluasi dan penyusunan laporan pelaksanaan rencana kerja seksi pengelolaan arsip dinamis
  8. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang sesuai dengan bidang tugasnya
  9. Melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada Kepala Dinas

3.3     Seksi Pengelolaan Arsip Statis

Seksi Pengelolaan Arsip Statis mempunyai tugas menyelenggarakan pengelolaan, pelayanan dan pembinaan arsip statis. Dalam melaksanakan tugasnya Seksi Pengelolaan Arsip Statis mempunyai fungsi:

  1. Penyusunan rencana kerja seksi pengelolaan arsip statis
  2. Perumusan kebijakan teknis pengelolaan arsip statis
  3. Penyelenggaraan dan pembinaan pengelolaan arsip statis
  4. Penyelenggaraan pelayanan arsip statis
  5. Penyelenggaraan pengembangan sistem pengelolaan arsip statis
  6. Penyelenggaraan pemeliharaan dan pelestarian arsip statis
  7. Evaluasi dan penyusunan laporan pelaksanaan rencana kerjaseksi pengelolaan arsip statis
  8. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang sesuai dengan bidang tugasnya
  9. Melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada Kepala Dinas
  • BIDANG TEKNOLOGI INFORMASI

Bidang Teknologi Informasi mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kota Metro di Bidang Teknologi Informasi Perpustakaan dan Kearsipan. dalamx melaksanakan t ugasnya  Bidang  Teknologi  Informasi  mempunyai fungsi :

  1. Menyusun rencana dan program kerja
  2. Mengkoordinasikan program kerja masing – masing Seksi
  3. Menilai prestasi kerja
  4. Menyelenggarakan dan mengembangkan layanan yang berbasis teknologi informasi
  5. Pelaksanaan Pembinaan teknologi informasi di bidang perpustakaan dan kearsipan
  6. Pengawasan / supervisi terhadap penyelenggaraan teknologi informasi
  7. Menyelenggarakan kerjasama dengan lembaga atau instansi lain di bidang teknologi informasi
  8. Menyiapkan bahan evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas
  9. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas sesuai dengan bidang tugasnya
  10. Melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada Kepala Dinas

4.1     Seksi Teknologi Informasi dan Otomasi Perpustakaan

Seksi Teknologi Informasi dan Otomasi Perpustakaan mempunyai tugas merencanakan kegiatan, melaksanakan, membagi tugas dan mengawasi urusan Teknologi Informasi dan Otomasi Perpustakaan. Dalam melaksanakan tugasnya seksi ini mempunyai fungsi :

  1. Menyusun rencana dan program kerja
  2. Menyiapkan dan Menyusun konsep serta petunjuk teknis lingkup teknologi informasi dan otomasi perpustakaan
  3. Melaksanakan Penganalisaan Data untuk bahan kajian pengembangan kebijakan lingkup teknologi informasi dan otomasi perpustakaan
  4. Pengembangan otomasi perpustakaan, website dan sistem jaringan
  5. Pengembangan hardware dan software
  6. Pelaksanaan pelestarian kandungan informasi perpustakaan melalui alih media digital kemedia baru
  7. Entry data koleksi perpustakaan
  8. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang sesuai dengan bidang tugasnya
  9. Melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada Kepala Dinas

4.2.    Seksi Teknologi Informasi dan Otomasi Kearsipan

Seksi Teknologi Informasi dan Otomasi Kearsipan mempunyai tugas merencanakan kegiatan, melaksanakan, membagi tugas dan mengawasi urusan Teknologi Informasi dan Otomasi Kearsipan. Dalam melaksanakan tugasnya seksi ini mempunyai fungsi :

  1. Menyusun rencana dan program kerja
  2. Menyiapkan dan Menyusun konsep serta petunjuk teknis lingkup teknologi informasi dan otomasi kearsipan
  3. Melaksanakan Penganalisaan Data untuk bahan kajian pengembangan kebijakan lingkup teknologi informasi dan otomasi kearsipan
  4. Pengembangan Hardware dan Software
  5. Entri data kearsipan
  6. Pelaksanaan pelestarian kandungan informasi perpustakaan melalui alih media digital ke media baru
  7. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang sesuai dengan bidang tugasnya
  8. Melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada Kepala Dinas

4.3.    Seksi Layanan Sistem Informasi

Seksi Layanan Sistem Informasi mempunyai tugas merencanakan kegiatan, melaksanakan, membagi tugas dan mengawasi urusan layanan sistem informasi. Dalam menyelenggarakan tugas Seksi layanan sistem informasi mempunyai fungsi :

  1. Menyusun rencana dan program kerja
  2. Menyiapkan dan Menyusun konsep serta petunjuk teknis lingkup layanan sistem informasi
  3. Melaksanakan Penganalisaan Data untuk bahan kajian pengembangan kebijakan lingkup layanan sistem informasi
  4. Pengelolaan Website dan jaringan internet
  5. Pelaksanaan Penyajian Informasi
  6. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang sesuai dengan bidang tugasnya
  7. Melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada Kepala Dinas.