Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu mempunyai tugas merumuskan dan melaksanakan kebijakan di bidang penanaman modal serta penyelenggaraan pelayanan administrasi penanaman modal, perizinan dan non perizinan secara terpadu dengan prinsip koordinasi, integrasi, sinkronisasi, simplifikasi, keamanan, kepastian dan transparansi.

Fungsi Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu :

  1. Penyusunan perencanaan bidang penanaman modal, pelayanan perizinan dan non perizinan secara terpadu
  2. Perumusan kebijakan di bidang penanaman modal, pelayanan perizinan dan non perizinan secara terpadu
  3. Pembinaan, pengendalian, koordinasi, fasilitasi danpenyelenggaraan penanaman modal, pelayanan perizinan dan non perizinan secara terpadu.
  4. Pelaksanaan administrasi pelayanan di bidang penanaman modal, pelayanan perizinan dan non perizinan secara terpadu
  5. Pelaksanaan evaluasi dan pelaporan di bidang penanaman modal, pelayanan perizinan dan non perizinan secara terpadu
  6. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Walikota sesuai dengan tugas dan fungsinya.
  1. SEKRETARIAT

Sekretariat Dinas Penanaman Modal dan PTSP mempunyai tugas melaksanakan penyusunan perencanaan, penatausahaan keuangan, urusan umum dan kepegawaian serta pengkoordinasian tugas-tugas bidang.

Untuk menyelenggarakan tugas tersebut Sekretariat menyelenggarakan fungsi :

  1. Penyusunan bahan kebijakan di bidang perencanaan, evaluasi dan pelaporan, penatausahaan keuangan, urusan umum dan kepegawaian;
  2. Pelaksanaan penyusunan perencanaan, evaluasi dan pelaporan;
  3. Penatausahaan keuangan;
  4. Penyelenggaraan urusan umum dan kepegawaian;
  5. Pengkoordinasian pelaksanaan tugas-tugas bidang;
  6. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan atasan sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya

   Sub Bagian Perencanaan dan Keuangan

Sub bagian Perencanaan dan Keuangan mempunyai tugas melaksanakan penyusunan  perencanaan, evaluasi dan pelaporan dan penatausahaan keuangan dengan penjabaran tugas sebagai berikut :

  1. Menyusun bahan kebijakan di bidang perencanaan, evaluasi, pelaporan dan penatausahaan keuangan;
  2. Melaksanakan penyusunan dokumen perjalanan dinas
  3. Melaksanakan evaluasi terhadap program kerja yang dilaksanakan
  4. Melaksanakan pelaporan terhadap program kerja yang telah dilaksanakan
  5. Melaksanakan penatausahaan keuangan
  6. Melaksanakan monitoring dan pengawasan terhadap pelaksanaan tugas urusan perencanaan dan keuangan
  7. Melaksanakan koordinasi dengan bidang dengan instansi terkait dalam rangka pelaksanaan tugas
  8. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan atasan sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya

    Sub Bagian Umum dan Kepegawaian

Subbag Umum dan Kepegawaian mempunyai tugas melaksanakan urusan umum, rumah tangga dinas dan kepegawaian dengan penjabaran tugas sebagai berikut :

  1. Menyusun bahan kebijakan urusan umum, rumah tangga dinas dan kepegawaian;
  2. Melaksanakan penatausahaan surat-menyurat;
  3. Melaksanakan penatausahaan kearsipan;
  4. Melaksanakan urusan rumah tangga dinas;
  5. Melaksanakan pengadaan barang dan inventaris serta pengelolaan dan pemanfaatan aset dinas
  6. Melaksanakan pelayanan administrasi kepegawaian
  7. Melaksanakan penyusunan data dan informasi kepegawaian
  8. Menyiapkan bahan pembinaan kepegawaian
  9. Melaksanakan tugas kehumasan, organisasi dan tata laksana
  10. Melaksanakan monitoring dan evaluasi terhadap pelaksanaan tugas urusan umum dan kepagawaian
  11. Melaksanakan koordinasi dengan bidang dan instansi terkait dalam rangka pelaksanaan tugas dan fungsinya.
  12. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan atasan sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya

2. BIDANG PROMOSI, KEBIJAKAN DAN PENGENDALIAN PENANAMAN MODAL

Bidang Promosi, Kebijakan dan Pengendalian mempunyai tugas menyelenggarakan. promosi, kerjasama, pengendalian, pengawasan dan pengembangan penanaman modal Bidang Promosi, Kebijakan dan Pengendalian menyelenggarakan fungsi :

  1. Penyelenggaraan penyusunan program kegiatan lingkup Bidang Penanaman Modal;
  2. Penyelenggaraan penyusunan standar operasional prosedur (SOP) sesuai bidang tugas dan fungsinya;
  3. Penyelenggaraan fasilitasi kerjasama dibidang penanaman modal;
  4. Penyelenggaraan penyusunan kebijakan di bidang penanaman modal;
  5. Penyelenggaraan koordinasi dalam rangka menyiapkan bahan/materi promosi penanaman modal;
  6. Penyelenggaraan penyusunan program kegiatan Pengawasan dan Pengendalian;
  7. Penyelenggaraan pengawasan dan pengendalian kegiatan penanaman modal;
  8. Penyelenggaraan pengkajian, perumusan dan penyusunan kebijakan teknis pengawasan dan pengendalian pelaksanaan penanaman Modal;
  9. Penyelenggaraan  pembinaan dan bimbingan  kepada penanam modal/investor dalam rangka pelaporan kegiatan penanaman modal;
  10. Penyelenggaraan  bantuan  dan  fasilitasi  penyelesaian masalah/hambatan yang dihadapi Penanaman Modal;
  11. Penyelenggaraan penyusunan laporan realisasi Penanaman Modal;
  12. Penyelenggaraan kajian peluang dan potensi penanaman modal;
  13. Penyelenggaraan monitoring dan evaluasi terhadap pelaksanaan tugas pada lingkup Bidang Penanaman Modal;
  14. Penyelenggaraan tugas lain yang diberikan oleh  atasan sesuai bidang tugas dan fungsinya;

2.1     Seksi Promosi, Kerjasama Dan Pengembangan Penanaman Modal

Seksi Promosi, Kerjasama dan Pengembangan Penanaman Modal mempunyai tugas melaksanakan promosi, kerjasama dan pengembangan penanaman modal dengan penjabaran tugas sebagai berikut :

  1. Melaksanakan penyusunan program kegiatan pada lingkup Seksi Promosi dan Kerjasama Penanaman Modal
  2. Melaksanakan penyusunan pedoman pelaksanaan promosi penanaman modal;
  3. Melaksanakan penyusunan rencana dan program kerja Seksi Promosi, Kerjasama dan Pengembangan Penanaman Modal;
  4. Menyiapkan bahan penyusunan standar operasional prosedur sesuai bidang tugasnya;
  5. Melaksanakan fasilitasi, penyediaan dan penyiapan materi, sarana dan bahan promosi  untuk  pameran, misi investasi dan promosi lainnya tentang potensi dan peluang investasi;
  6. Melaksanakan koordinasi penyediaan dan penyiapan sarana dan bahan-bahan promosi usaha dan penanaman modal;
  7. Melaksanakan penyusunan rencana kebutuhan sarana dan bahan-bahan promosi usaha dan peluang investasi;
  8. Melaksanakan fasilitasi kerjasama di bidang penanaman modal;
  9. Melaksanakan koordinasi dan kerjasama dengan lembaga/instansi lain di bidang penanaman modal;
  10. Melaksanakan analisa dan pengembangan potensi dan peluang investasi
  11. Melaksanakan penyusunan peta investasi daerah dan potensi sumber daya daerah;
  12. Melaksanakan penyusunan laporan bulanan dan tahunan perkembangan penanaman modal;
  13. Melaksanakan tugas lain yang diberikan atasan sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.

2.2     Seksi Kebijakan Dan Kajian Penanaman Modal

Seksi Kebijakan dan Kajian Penanaman Modal mempunyai tugas melaksanakan merumuskan kebijakan dan melakukan kajian terhadap penanaman modal dengan penjabaran tugas sebagai berikut :

  1. Melaksanakan  penyusunan  program  kegiatan  pada  Lingkup  Seksi  Kebijakan dan Kajian Penanaman Modal;
  2. Melaksanakan kajian kebijakan iklim investasi;
  3. Melaksanakan penyusunan rencana umum penanaman modal daerah sesuai dengan program pembangunan daerah;
  4. Melaksanakan penyusunan kebijakan yang berkaitan dengan pelayanan dan pengembangan penanaman modal;
  5. Melaksanakan penyusunan Standar Operasional Prosedur;
  6. Melaksanakan penyusunan data statistik penanaman modal;
  7. Melaksanakan kajian terhadap pemberian fasilitas dan insentif penanaman modal;
  8. Menyiapkan bahan penyusunan kebijakan daerah di bidang penanaman modal;
  9. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai bidang tugasnya

2.3     Seksi Pembinaan,Pengendalian Dan Pengawasan Penanaman Modal

Seksi Pembinaan, Pengendalian dan Pengawasan Penanaman Modal mempunyai tugas melaksanakan pembinaan, pengendalian dan pengawasan penanaman modal dengan penjabaran tugas sebagai berikut :

  1. Melaksanakan penyusunan program kegiatan pada lingkup Seksi Pembinaan, Pengendalian dan pengawasan penanaman modal;
  2. Menyelenggarakan sosialisasi pengawasan dan pengendalian penanaman modal;
  3. Melaksanakan pengawasan dan pengendalian terhadap kegiatan penanaman modal;
  4. Melaksanakan pengkajian, perumusan dan penyusunan kebijakan teknis pengendalian pelaksanaan penanaman modal;
  5. Melaksanakan bimbingan dan pembinaan pembuatan Laporan Kegiatan Penanaman Modal;
  6. Menindaklanjuti penyimpangan atas ketentuan penanaman modal oleh investor;
  7. Memberi bantuan dan fasilitasi penyelesaian masalah/hambatan yang dihadapi penanaman modal;
  8. Melaksanakan monitoring, evaluasi dan laporan kegiatan penanaman modal;
  9. Melaksanakan penyusunan laporan/data hasil pengawasan dan pengendalian penanaman modal;
  10. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai bidang tugasnya

3. BIDANG PELAYANAN PERIZINAN DAN NON PERIZINAN

Bidang Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan mempunyai tugas menyelenggarakan pelayanan penanaman modal, perizinan dan non perizinan

Bidang Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan melaksanakan fungsi :

  1. Penyelenggaraan penyusunan program kegiatan pada lingkup Bidang Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan;
  2. Penyiapan bahan penyusunan standar  operasional  prosedur (SOP) sesuai bidang tugas dan fungsinya;
  3. Penyelenggaraan  pelayanan penerimaan berkas permohonan perizinan dan non perizinan umum serta perizinan penanaman modal;
  4. Penyelenggaraan pelayanan informasi dan pengaduan
  5. Penyelenggaraan verifikasi dan kajian hukum terhadap berkas permohonan perizinan dan non perizinan umum serta perizinan penanaman modal;
  6. Pemrosesan permohonan perizinan dan non perizinan umum serta perizinan penanaman modal;
  7. Penyelenggaraan koordinasi dengan Tim Teknis dalam rangka penelitian lapangan dan pengolahan berkas permohonan perizinan dan non perizinan secara administrastif dan teknis;
  8. Penyelenggaraan koordinasi dengan Tim Teknis dalam rangka penyelesaian permasalahan perizinan dan non perizinan;
  9. Penyelenggaraan pembinaan dan pengawasan terhadap Tim Teknis perizinan dan non perizinan;
  10. Penetapan retribusi perizinan tertentu;
  11. Penyelenggaraan monitoring dan evaluasi terhadap pelaksanaan tugas pada lingkup Bidang Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan
  12. Penyelenggaraan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas, sesuai bidang tugas dan fungsinya;

3.1     Seksi Perizinan Tertentu

Seksi Perizinan Tertentu mempunyai tugas melaksanakan pelayanan penerimaan, verifikasi berkas dan pengolahan berkas permohonan perizinan tertentu dengan penjabaran tugas sebagai berikut :

  1. Melaksanakan  penyusunan  program  kegiatan  pada  lingkup  Seksi Perizinan Tertentu;
  2. Menerima dan memverifikasi kelengkapan berkas permohonan perizinan tertentu dan non perizinan;
  3. Menerima dan meneliti kelengkapan berkas permohonan izin;
  4. Melaksanakan koordinasi dengan Tim Teknis dalam rangka penelitian lapangan serta hal-hal lain yang berkaitan dengan perizinan;
  5. Melaksanakan kajian terhadap berkas permohonan berdasarkan peraturan perundang-undangan;
  6. Menetapkan biaya retribusi sesuai dengan peraturan perundang-undangan;
  7. Melaksanakan pemrosesan penerbitan sertifikat izin;
  8. Menyerahkan perizinan yang sudah ditandatangani Kepala Dinas;
  9. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai bidang tugasnya.

3.2    Seksi Perizinan Dan Non Perizinan Umum

Seksi Perizinan dan Non Perizinan Umum mempunyai tugas melaksanakan pelayanan penerimaan berkas permohonan perizinan penanaman modal dengan penjabaran tugas sebagai berikut :

  1. Melaksanakan  penyusunan  program  kegiatan  pada  lingkup  Seksi Perizinan Tertentu dan Non Perizinan;
  2. Menerima dan memverifikasi kelengkapan berkas permohonan perizinan dan non perizinan umum;
  3. Menyerahkan tanda bukti penerimaan berkas permohonan kepada pemohon;
  4. Menerima dan meneliti kelengkapan berkas permohonan izin;
  5. Melaksanakan koordinasi dengan Tim Teknis dalam rangka penelitian lapangan serta hal-hal lain yang berkaitan dengan perizinan;
  6. Melaksanakan kajian terhadap berkas permohonan berdasarkan peraturan perundang-undangan;
  7. Melaksanakan pemrosesan penerbitan sertifikat izin;
  8. Menyerahkan perizinan yang sudah ditandatangani Kepala Dinas.
  9. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai bidang tugasnya

3.3    Seksi Perizinan Dan Non Perizinan Penanaman Modal

Seksi Perizinan dan Non Perizinan Penanaman Modal mempunyai tugas melaksanakan pelayanan penerimaan berkas permohonan perizinan penanaman modal  dengan penjabaran tugas sebagai berikut :

  1. Melaksanakan  penyusunan  program  kegiatan  pada  lingkup  Seksi Perizinan dan Non Perizinan Penanaman Modal;
  2. Menerima dan memverifikasi kelengkapan berkas permohonan perizinan tertentu dan non perizinan;
  3. Menyerahkan tanda bukti penerimaan berkas permohonan kepada pemohon;
  4. Menerima dan meneliti kelengkapan berkas permohonan izin;
  5. Melaksanakan koordinasi dengan Tim Teknis dalam rangka penelitian lapangan serta hal-hal lain yang berkaitan dengan perizinan penanaman modal.
  6. Melaksanakan kajian terhadap berkas permohonan berdasarkan peraturan perundang-undangan;
  7. Melaksanakan pemrosesan penerbitan sertifikat izin;
  8. Menyerahkan perizinan yang sudah ditandatangani Kepala Dinas;
  9. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai bidang tugasnya

4. BIDANG PENGELOLAAN DATA, EVALUASI DAN INFORMASI

Bidang  Pengelolaan Data, Evaluasi dan Informasi mempunyai  tugas  penyelenggaraan pengelolaan sistem informasi perizinan, pengolahan data, evaluasi dan pelaporan.

Kepala Bidang Pengelolaan Evaluasi Data dan Informasi melaksanakan fungsi ;

  1. Penyusunan program kegiatan pada lingkup Bidang Pengelolaan Data, Evaluasi dan Informasi;
  2. Penyelenggaraan pengumpulan data, informasi, permasalahan, dan kebijakan teknis yang berkaitan dengan pengelolaan data, informasi dan pengembangan Sistem Informasi.
  3. Penyelenggaraan perencanaan, pelaksanaan, pengendalian, evaluasi dan pelaporan kegiatan Bidang Pengelolaan Data, Evaluasi dan Informasi.
  4. Penyelenggaraan kegiatan pengelolaan data, informasi, dan pelaporan
  5. Penyelenggaraan pengembangan dan pemeliharaan Sistem Informasi .
  6. Penyelenggaraan publikasi melalui website kepada masyarakat.
  7. Penyelenggaraan analisis dan pengembangan kinerja bidang.
  8. Penyelenggaraan monitoring dan evaluasi terhadap pelaksanaan tugas pada lingkup Bidang Pengelolaan Data, Evaluasi dan Informasi
  9. Penyelenggaraan pelaporan pertanggung jawaban atas pelaksanaan tugasnya kepada Kepala Dinas, sesuai standar yang diberikan;
  10. Penyelenggaraan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas, sesuai bidang tugas dan fungsinya;

4.1       Seksi Data, Informasi Dan Pengaduan

Seksi Data, Informasi dan Pengaduan mempunyai tugas melaksanakan pelayanan informasi, pengaduan dan pengembangan sistem informasi dengan penjabaran tugas sebagai berikut :

  1. Melaksanakan  penyusunan dan perencanaan program  kegiatan  lingkup Seksi Data, Informasi dan Pengaduan.
  2. Menyiapkan bahan kebijakan serta petunjuk teknis yang berkaitan dengan pengembangan dan pemeliharaan Sistem Informasi.
  3. Melaksanakan pengembangan dan pemeliharaan Sistem Informasi.
  4. Melaksanakan penyediaan perangkat keras dan sarana pendukung serta jaringan komunikasi data sebagai tempat pelayanan dokumen penduduk.
  5. Merencanakan pengembangan jaringan komunikasi data.
  6. Melaksanakan pembinaan teknis bagi petugas system informasi.
  7. Mengumpulkan dan mengolah data informasi perizinan dan non perizinan;
  8. Melaksanakan pemberian informasi layanan perizinan dan non perizinan;
  9. Melaksanakan pendokumentasian informasi perizinan dan non perizinan;
  10. Melayani pengaduan dan komplain layanan perizinan dan non perizinan;
  11. Melakukan klarifikasi pengaduan layanan perizinan dan non perizinan;
  12. Menyiapkan bahan informasi sesuai bidang tugas yang akan dipublikasikan melalui sistem informasi;
  13. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai bidang tugas dan fungsinya;

4.2       Seksi Monitoring, Evaluasi Dan Pelaporan

Seksi Evaluasi, Data dan Pelaporan mempunyai tugas melaksanakan pengolahan berkas permohonan perizinan tertentu dengan penjabaran tugas sebagai berikut :

  1. Melaksanakan  penyusunan dan perencanaan program  kegiatan  lingkup Seksi Data, Informasi dan Pengaduan;
  2. Merumuskan pedoman teknis Monitoring, Evaluasi dan Pelaporan
  3. Melaksanakan monitoring dan evaluasi terhadap pelaksanaan standar operasional prosedur SKPD;
  4. Melaksanakan penyusunan data tentang pelaksanaan pelayanan perizinan dan non perizinan;
  5. Melaksanakan penyusunan rekapitulasi serta laporan realisasi perizinan yang diterbitkan secara periodik
  6. Melaksanakan pemantauan dan evaluasi terhadap realisasi penerimaan sesuai dengan target yang telah ditetapkan.
  7. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan.

4.3       Seksi Registrasi Dan Dokumentasi

Seksi Registrasi dan Dokumentasi mempunyai tugas melaksanakan registrasi dan pengarsipan berkas perizinan yang telah ditandatangani dengan penjabaran tugas sebagai berikut :

  1. Melaksanakan  penyusunan dan perencanaan program  kegiatan  lingkup Seksi Registrasi dan Dokumentasi;
  2. Melaksanakan penomoran izin yang telah ditandatangani Kepala Dinas;
  3. Melaksanakan penyelenggaraan pembukuan dan pengarsipan dokumen perizinan;
  4. Menyiapkan bahan informasi sesuai bidang tugas yang akan dipublikasikan melalui system informasi;
  5. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan.