1. DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA

Dinas Komunikasi dan Informatika dipimpin oleh Kepala Dinas yang berada di bawah dan bertanggungjawab kepada Walikota. Untuk melaksanakan tugas tersebut, Dinas Komunikasi dan Informatika Pemerintah Kota Metro menyelenggarakan fungsi :

  1. Perumusan kebijakan teknis di bidang Komunikasi dan Informatika;
  2. Penyelenggaraan urusan pemerintahan dan pelayanan umum di bidang Komunikasi dan Informatika;
  3. Pembinaan dan pelaksanaan tugas di Bidang Komunikasi dan Informasi, Bidang Informatika serta penyelenggaraan Kesekretariatan Dinas;
  4. Penyelenggaraan pembinaan, pengawasan, pengelolaan Unit Pelaksana Teknis (UPT);
  5. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Walikota sesuai dengan tugas dan fungsinya.
    SEKRETARIAT

Sekretariat mempunyai tugas, melaksanakan penyusunan perencanaan, penatausahaan keuangan, urusan umum, urusan kepegawaian serta pengkoordinasian tugas-tugas bidang.
Untuk melaksanakan tugas tersebut, sekretariat menyelenggarakan fungsi :

  1. Penyusunan bahan kebijakan dibidang perencanaan, pelaporan;
  2. Pelaksanaan penyusunan perencanaan dan pelaporan;
  3. Penatausahaan keuangan;
  4. Penyelenggaraan urusan umum
  5. Penyelenggaraan urusan kepegawaian;
  6. Pengkoordinasian pelaksanaan tugas-tugas bidang dan UPT;
  7. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan atasan sesuai dengan tugas   dan fungsinya.
    • Sub Bagian Perencanaan dan Keuangan

Sub Bagian Perencanaan dan Keuangan mempunyai tugas, melaksanakan penyusunan perencanaan, penata usahaan keuangan dan pelaporan, dengan penjabaran tugas sebagai berikut :

  1. Menyusun bahan kebijakan teknis dibidang penatausahaan keuangan lingkup dinas
  2. Mengkoordinasikan penyusunan perencanaan dan pelaporan;
  3. Melaksanakan penyusunan bahan perencanaan meliputi : rencana strategis (Renstra), rencana kerja tahunan (Renja) dan perencanaan dinas lainnya;
  4. Melaksanakan penyusunan bahan pelaporan meliputi : Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP), bahan penyusunan laporan keterangan pertanggungjawaban (LKPJ) Walikota lingkup dinas dan laporan dinas lainnya;
  5. Membina penyelenggaraaan fungsi perencanaan dan pelaporan dinas
  6. Mengkoordinasikan penyusunan Rencana Kegiatan dan Anggaran (RKA) dan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA);
  7. Menyusun rencana kebutuhan anggaran rutin dinas;
  8. Melaksanakan penatausahaan keuangan dinas;
  9. Melaksanakan pembinaan perbendaharaan;
  10. Menyusun laporan keuangan dinas, meliputi : Laporan Realisasi Anggaran (LRA), Neraca, Catatan Atas Laporan Keuangan, Laporan    Keuangan Tahunan dan Berkala, serta laporan keuangan lainnya;
  11. Melaksanakan tugas lain yang diberikan atasan sesuai tugas.

1.2     Sub Bagian Umum dan Kepegawaian

Sub Bagian Umum dan Kepegawaian mempunyai tugas, melaksanakan kegiatan surat-menyurat, tata naskah dinas, kearsipan, memberi layanan administrasi umum kepegawaian, dengan penjabaran tugas sebagai berikut :

  1. Menyusun bahan kebijakan teknis dibidang perencanaan, pelaporan dan kepegawaian lingkup dinas;
  2. Melaksanakan penatausahaan surat-menyurat;
  3. Menyelenggarakan urusan rumah tangga dinas;
  4. Melaksanakan pengadaan barang dan inventaris serta pengelolaan aset dinas;
  5. Melaksanakan tugas kehumasan, organisasi dan tata laksana;
  6. Melaksanakan pelayanan administrasi kepegawaian;
  7. Melaksanakan penyusunan data dan informasi kepegawaian;
  8. Menyiapkan bahan pembinaan kepegawaian;
  9. Melaksanakan tugas lain yang diberikan atasan sesuai tugas.
    1. BIDANG KOMUNIKASI DAN INFORMASI

Bidang Komunikasi dan Informasi mempunyai tugas membantu Kepala Dinas dalam melaksanakan pengelolaan komunikasi dan informasi. Untuk menyelenggarakan tugas sebagaimana dimaksud, Bidang Komunikasi dan Informasi  mempunyai fungsi pengelolaan pelayanan informasi dan persandian, pengelolaan pemberdayaan media massa serta pengelolaan hubungan antar lembaga.

Dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya Bidang Komunikasi dan Informasi dipimpin oleh seorang kepala bidang dan membawahi 3 kepala seksi yang masing-masing mempunyai tugas pokok dan fungsi sebagai berikut :

2.1     Seksi Pelayanan Informasi dan Persandian

Seksi Pelayanan Informasi dan Persandian mempunyai tugas membantu Kepala Bidang Komunikasi dan Informasi dalam melaksanakan pengelolaan pelayanan informasi dan persandian. Untuk menyelenggarakan tugas sebagaimana dimaksud, Seksi Pelayanan Informasi dan Persandian mempunyai fungsi :

  1. Menyusun kebijakan teknis di bidang pelayanan informasi dan persandian;
  2. Melakukan pengumpulan, pengolahan, dan analisis data pelayanan informasi dan persandian;
  3. Melaksanakan pelayanan informasi publik;
  4. Penyusunan petunjuk teknis tentang pelayanan informasi dan persandian;
  5. Membuat press release kegiatan pemerintah;
  6. Melaksanakan pengumpulan dan menganalisis informasi dan komunikasi;
  7. Menyusun bahan perumusan kebijakan teknis persandian yang meliputi pembinaan sumber daya manusia, pembinaan peralatan sandi, pembinaan sistem sandi, pembinaan kelembagaan, pengawasan, dan pengendalian;
  8. Menyelenggarakan pengamanan data informasi, pengamanan peralatan sandi dan kunci sistem sandi dan pengamanan sinyal;
  9. Melaksanakan penyiapan, pemanfaatan, dan pengembangan sumber daya persandian serta pemeliharaan alat-alat sandi dan telekomunikasi;
  10. Menyiapkan bahan monitoring, evaluasi, dan pelaporan lingkup dukungan dan kerjasama di bidang persandian;
  11. Melaksanakan pengiriman, penerimaan dan penyampaian berita sandi dan berita-berita lainnya;
  12. Menyelenggarakan hubungan komunikasi persandian antar lembaga;
  13. Melaksanakan pengendalian dan pemberian rekomendasi teknis pendirian menara telekomunikasi;
  14. Melaksanakan rekomendasi persyaratan administrasi dan kelayakan data teknis terhadap permohonan izin penyelenggaraan radio dan televise serta radio komunitas;
  15. Melaksanakan pendataan dan pembinaan terhadap penggunaan frekuensi radio komunikasi;
  16. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan.

2.2     Seksi Pemberdayaan Media Massa

Seksi Pemberdayaan Media Massa mempunyai tugas membantu Kepala Bidang Komunikasi dan Informasi dalam melaksanakan pengelolaan dan pemberdayaan media massa. Untuk menyelenggarakan tugas sebagaimana dimaksud, Seksi Pemberdayaan Media Massa mempunyai fungsi :

  1. Menyusun kebijakan teknis di bidang pemberdayaan media massa;
  2. Melaksanakan pengumpulan, pengolahan, dan analisis data pemberdayaan media massa;
  3. Menyusun petunjuk teknis pengelolaan pemberdayaan media massa;
  4. Melakukan pembinaan, pengelolaan, dan pemberdayaan media massa;
  5. Melaksanakan kerjasama dan kemitraan dengan media massa dan media online.
  6. Mempublikasikan berita dan informasi tentang pembangunan serta kebijakan pemerintah daerah melalui media massa (media cetak, elektronik dan media online);
  7. Melaksanakan pembinaan kelompok informasi masyarakat;
  8. Melaksanakan sosialisasi kebijakan pemerintah daerah melalui pertunjukan rakyat, film keliling, serta media luar ruang termasuk baliho, banner, spanduk dan sejenisnya;
  9. Menerbitkan bahan dokumentasi informasi publik melalui majalah, buletin, tabloid, leaflet, pamlet, booklet, kalender dan sejenisnya;
  10. Membina dan memberdayakan media tradisional;
  11. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan.

2.3     Seksi Hubungan Antar Lembaga

Mempunyai tugas membantu Kepala Bidang Komunikasi dan Informasi dalam melaksanakan fungsi pengelolaan hubungan kelembagaan dan kehumasan. Untuk menyelenggarakan tugas sebagaimana dimaksud, Seksi Hubungan Antar Lembaga mempunyai fungsi :

  1. Menyusun bahan kebijakan teknis bidang hubungan antar lembaga dan hubungan masyarakat;
  2. Mengumpulkan, mengolah, dan menganalisis data tentang pengelolaan hubungan kelembagaan;
  3. Menyusun petunjuk teknis pengelolaan hubungan kelembagaan;
  4. Melaksanakan pembinaan hubungan kelembagaan;
  5. Melaksanakan fungsi kehumasan pimpinan pemerintah daerah;
  6. Melaksanakan koordinasi kehumasan pada unit kerja pemerintah daerah;
  7. Melaksanakan jumpa pers dan dialog publik;
  8. Mempromosikan potensi, serta berbagai hasil pembangunan daerah;
  9. Melaksanakan pameran promosi pembangunan;
  10. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan.
    3 BIDANG STATISTIK DAN INFORMATIKA

Bidang Statistik dan Informatika mempunyai tugas pokok melaksanakan penyusunan program, petunjuk teknis, kebijakan dan operasional pada bidang statistik dan informatika, pengelolaan sumberdaya informatika, penerapan sistem informasi, pengelolaan data serta aplikasi informatika Pemerintah Daerah serta pelayanan dan pembinaan di bidang  statistik dan informatika.

Dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya Bidang Statistik dan Informatika dipimpin oleh seorang Kepala Bidang dan membawahi 3 Kepala Seksi yang masing-masing mempunyai tugas pokok dan fungsi sebagai berikut :

3.1.    Seksi Sumberdaya Informatika

Seksi Sumberdaya Informatika mempunyai tugas pokok, membangun dan mengelola infrastruktur, mengelola jaringan komputer yang menghubungkan seluruh unit kerja yang dapat digunakan dalam beberapa aplikasi yaitu jaringan internet, jaringan sistem informasi, akses audio visual, serta pelayanan dan pembinaan di bidang sumberdaya informatika dengan penjabaran tugas sebagai berikut :

  1. Menyusun kebijakan teknis di bidang Sumberdaya Informatika;
  2. Penyelenggaraan pembangunan, pengelolaan dan pengembangan infrastruktur serta perangkat keras di bidang teknologi informasi;
  3. Melaksanakan pemasangan dan pemeliharaan jaringan internet dan komputer antar unit kerja;
  4. Memasang dan memelihara sarana dan perangkat untuk melaksanakan komunikasi data berupa file, audio maupun visual;
  5. Menyediakan akses internet pada setiap SKPD sampai tingkat kelurahan;
  6. Mengelola perangkat mainframe dan server data base;;
  7. Memberikan rekomendasi terhadap permohonan izin penyelenggaraan jaringan tetap tertutup lokal wireline (end to end) dalam lingkup kota;
  8. Memberikan rekomendasi izin untuk keperluan penggelaran kabel telekomunikasi;
  9. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan;

3.2     Seksi Sistem Informasi, Data dan Statistik

Seksi Sistem Informasi, Data  dan Statistik mempunyai tugas pokok merencanakan dan mengembangkan perangkat lunak (sistem informasi), penerapan aplikasi sistem informasi  dan pengelolaan data sesuai kebutuhan Pemerintah Daerah serta pelayanan dan pembinaan di bidang pengembangan sistem informasi, data dan statistic dengan penjabaran tugas sebagai berikut :

  1. Menyusun kebijakan teknis di bidang Sistem Informasi, Data dan Statistik.
  2. Mengumpulkan dan mengolah data dalam rangka perencanaan teknis data statistik dan informasi.
  3. Melaksanakan analisis kebutuhan terhadap aplikasi perangkat lunak serta penerapannya dalam lingkup pemerintah daerah;
  4. Menerima dan melaksanakan terhadap permohonan kebutuhan aplikasi perangkat lunak dari instansi lain
  5. Melaksanakan perancangan dan pembuatan aplikasi perangkat lunak dan penempatan dalam server milik Pemerintah Daerah atau sewa pada pihak lain, baik secara online atau offline;
  6. Mengumpulkan, mengolah dan menganalisis data serta mengelola sistem data elektronik.
  7. Melakukan analisis terhadap kebutuhan pengembangan sistem informasi baru maupun yang telah ada.
  8. Mengelola pemanfaatan dan keamanan aplikasi sistem informasi;
  9. Melakukan transfer ilmu berupa kode sumber untuk perangkat lunak yang dibuat oleh pihak ketiga.
  10. Melaksanakan koordinasi dan fasilitasi penyelenggaraan kerjasama pengembangan statistic daerah;
  11. Menyelenggarakan Statistik daerah dalam lingkup Pemrintah Daerah Kota Metro;
  12. Menyiapkan bahan pemeberian dukungan penyelenggaraan survey antar sensus untuk pengumpulan data.
  13. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan.

3.3.    Seksi Aplikasi Informatika

Seksi Aplikasi Informatika mempunyai tugas pokok mendesain, mengembangkan dan melaksanakan program situs web Pemerintah Daerah dengan memperbarui berita dan data, membina situs web milik unit kerja lain serta pelayanan dan pembinaan di bidang aplikasi informatika dengan penjabaran tugas sebagai berikut :

  1. Menyusun kebijakan teknis di bidang Aplikasi Informatika;
  2. Membuat, mengelola dan mengembangkan aplikasi situs web milik Pemerintah Daerah dan web milik dinas;
  3. Mengelola nama domain dan subdomain untuk seluruh unit kerja, yang terintegrasi dalam situs web milik Pemerintah Daerah;
  4. Mengelola perangkat dan konten Media Center;
  5. Melakukan koordinasi dan pembinaan terhadap operator situs web pada masing-masing unit kerja;
  6. Mengupdate data dan berita pada halaman situs web Pemerintah Daerah;
  7. Melaksanakan peliputan dan pendokumentasian setiap kegiatan yang dilaksanakan Pemerintah Daerah serta mengunggah hasilnya dalam halaman situs web;
  8. Menyelenggarakan dan menyusun kebijakan, standar, pedoman dan prosedur serta melaksanakan bimbingan teknis dan evaluasi di bidang e-Government;
  9. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan.
  1. UNIT PELAKSANA TEKNIS (UPT)

Pengaturan mengenai Unit Pelaksana Teknis (UPT) akan dilakukan lebih lanjut dengan peraturan Walikota .

error: Isi dilindungi !!