GOW Kota Metro Peringati Hari Kartini ke 140 Tahun 2019

Peringatan Hari Kartini ke 140 Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kota Metro Tahun 2019 di Wisma Haji Al- Khairiyah Kota Metro, Selasa (23/04/19).

Kegiatan yang dihadiri oleh Walikota Metro, Wakil Walikota Metro, Unsur Fokorpimda Kota Metro, Sekretaris Daerah Kota Metro Staf Ahli Walikota Asisten Sekda Ketua Tim Penggerak PKK Kota Metro Ketua GOW Kota Metro Ketua Dharma Wanita Persatuan Kota Metro Dan Kepala OPD di Lingkungan Pemerintah Kota Metro serta tamu undangan.

Berdasarkan laporan Ketua Panitia pelaksana, yang juga sebagai Ketua GOW Kota Metro Siti Aisyah Djohan, menyampaikan tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk berpatisipasi dalam pembangunan serta meningkatkan kualitas wanita dalam kesetaraan gender.

Lanjutnya, kegiatan ini bertemakan, Dengan Kartini Kita Tingkatkan Pemberdayaan dan Kebangkitan Perempuan dalam Pembangunan.

“Selain itu, adapun rangkaian acara yang dilaksanakan di Hari Kartini ke 140 meliputi, bhakti sosial kepada para kaum dhuafa, Ziarah di Makam Pahlawan Kota Metro serta puncak acara,” jelasnya.

Walikota Metro Achmad Pairin dalam sambutannya menyambut baik dan memberikan apresiasi kepada  GOW Kota Metro. Karena banyak sekali kegiatan yang membuat kita bersama merayakan Hari Hartini ini.

“Mari, kita jadikan Hari Kartini ini sebagai tauladan, sehingga dapat bersama mewujudkan visi misi Kota Metro sebagai kota pendidikan dan wisata keluarga berbasis ekonomi kerakyatan berlandaskan partisipatif. Serta, Saya berharap agar setiap program yang diadakan dapat membawa pengaruh pada penurunan angka kemiskinan di Kota Metro,” ajaknya.

Gabungan Organisasi Wanita Kota Metro Peringati Hari Kartini ke-140 dengan Ziarah

Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kota Metro melakukan Ziarah Rombongan dalam rangka peringati Hari Kartini ke-140 Tahun 2019, yang berlangsung di Taman Makam Pahlawan Kumala Nusantara, Ganjar Agung, Kota Metro, Selasa (23/04/19).

Tampak Hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua dan seluruh anggota Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kota Metro, Ketua TP-PKK Kota Metro, Ketua Dharma Wanita Kota Metro, Persit Kartika Chandra, Bhayangkari, IWI,IDI, IBI, IGTKI,KWRI dan yang lainnya.
Kegiatan ziarah yang biasanya dilakukan dengan tabur bunga ke pusaran makam para pahlawan dan dilanjutkan dengan meletakkan karangan bunga. Hal ini dilakukan guna mengenang perjuangan dalam membela Negara Indonesia.

Pelantikan Pengurus Cabang Himpaudi Kota Metro

Penguatan Organisasi dan Pelantikan Pengurus Cabang Himpaudi Kota Metro Masa Bakti 2017-202, Senin (22/04/19). Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua Himpaudi Provinsi Lampung Citra Persada, Ketua Himpaudi Kota Metro Siti Aisyah Djohan serta tamu undangan.

Ketua Pelaksana Jokowidodo menyampaikan, kegiatan yang berlangsung di Ballrom Grand Sekuntum dilaksanakan selama Dua hari dari tanggal 22-23 April 2019 serta diikuti oleh 62 peserta yang terdiri dari unsur Himpaudi.

Dalam sambutannya Ketua Himpaudi Kota Metro Siti Aisyah Djohan menyampaikan bahwa, para bunda paud dapat terus bersabar dan selalu ikhlas karena saat ini pengajuan tentang keputusan guru TK/ Paud dapat sejajar dengan guru lainnya dapat tercapai.

“Jangan merasa tidak dihargai oleh pemerintah, namun jadikan ini sebagai motivasi menjadikan  anak didik semakin berkarakter baik. Selain itu, untuk pengurus cabang yang dilantik dapat menjalankan tugas dengan baik,” ucapnya.

 

HUT Pemadam Kebakaran ke-100, Hut Satpol PP Ke 69 dan HUT Satlinmas ke 57 tahun 2019

Upacara HUT Pemadam Kebakaran ke-100, Hut Satpol PP No 69 dan HUT satlinmas ke 57 tahun 2019 serta Pemberian Dana CSR, Senin (22/04/19).

Dalam amanatnya, Walikota Metro Achmad Pairin menyampaikan, peringatan hari ulang tahun sebagaimana yang kita lakukan ini tentu tidak hanya dijadikan forum untuk mengenang masa lalu. Namun, kegiatan ini dapat dijadikan sebagai sarana untuk meneruskan semangat juang dedikasi dan pengabdian aparatur dalam melindungi masyarakat serta kebulatan tekad untuk terus memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.
Selanjutnya pemberian dana Corparate Social Responsibility (CSR) PT. Bank Lampung tahun 2018 kepada 11 kelompok Masyarakat yang berada di Kota Metro, diantaranya, TK Pertiwi Kecamatan Metro Pusat, forum Kelurahan hadimulyo Timur Kecamatan Metro Pusat, kelompok ternak kambing Mandiri Jaya Bersama kelurahan yosodadi Kecamatan Metro Timur, kelompok tani Sejahtera Kelurahan Banjarsari Kecamatan Metro Utara, KWT Mukti Tani kelurahan rejomulyo Kecamatan Metro Selatan.
Dan KWT Tanjung Rejo 3 kelurahan rejomulyo Kecamatan Metro Selatan, kelompok ternak Sri Rezeki Metro Kelurahan Metro Kecamatan Metro Pusat, kelompok ternak Semeru Maju Lancar Metro Kelurahan Margodadi Kecamatan Metro Selatan, kelompok sadar wisata Sumbersari Bantul Kelurahan Sumbersari Kecamatan Metro Selatan, pengelola wisata keluarga Embung Harapan Baru Kelurahan Hadimulyo Timur Kecamatan Metro Pusat, serta bank sampah cangkir hijau Kota Metro Kelurahan Iringmulyo, Kecamatan Metro Timur. (Ys/Ian)

Walikota Metro Memonitoring UN dan UNBK Tahun Pelajaran 2018/2019

Pemerintah Kota Metro mengadakan monitoring Ujian Sekolah Berstandar Nasional tingkat SD/MI dan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) SMP/MTs Negeri Swasta, pada Tahun Pelajaran 2018/2019 di Kota Metro, Senin (22/04/19).

Dalam monitoring ini, Tim l yang dipimpin oleh Walikota Metro, Kapolres Kota Metro, Kejaksaan Negri, Komisi 2 (dua) DPRD, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan) Disdikbud Kota Metro, serta Para Kepala Sekolah juga Kepala Madrasah (Kamad), melakukan monitoring kesejumlah sekolah diantaranya, di MIN 2 Kota Metro, SMP NEGERI 1 Metro, serta SMP Mu. Ahmad Dahlan Metro.

Walikota Metro Achmad Pairin dalam kunjungan mengatakan bahwa, kita harus mengawal dan membekali anak didik kita kedepannya, agar mampu mengenyam pendidika sampai ke perguruan tinggi.

Lanjutnya, Walikota Metro juga menghimbau kepada Kepala Sekolah SMP Mu.Ahmad Dahlan untuk mengejar target passing grade yang semula 6,5 menjadi 7.00.

Selain Tim I yang dipimpin oleh Walikota Metro, monitoring juga dilakukan oleh Tim II yang dipimpin oleh Wakil Walikota Metro yang meninjau SDN 1 Metro Pusat, SMP N 6 Metro, serta SMP IT Bina Insani.

Sementara dari Tim III yang dipimpin oleh Sekda Kota Metro meninjau di SD N 4 Metro Timur, SMP N 2 Metro, serta SMP Yos Sudarso Metro.

Ribuan Masyarakat Lampung Meriahkan Pembukaan Lampung Fair 2019

Walau diguyur hujan, ribuan masyarakat Provinsi Lampung dari berbagai kabupaten/kota menghadiri acara pembukaan Lampung Fair 2019 yang bertempat di Pusat Kebudayaan dan Olahraga (PKOR) Way Halim, Kota Bandar Lampung, Jumat malam (19/4/2019).

Dimana kegiatan ini hadiri oleh Anggota Fokorpimda Provinsi Lampung, para Bupati dan Walikota beserta istri se Provinsi Lampung, serta para tokoh agama dan masyarakat Provinsi Lampung.

Pada pembukaan Pekan Raya Lampung Fair 2019, panitia penyelenggara menghadirkan salah satu grup band ibu kota, yakni Padi, guna menghibur para pengunjung yang datang.

Selain itu, selama pergelaran tersebut berlangsung masyarakat yang hadir dihibur oleh artis-artis Nasional lainnya, yakni Marion Jola, Cakra Khan, grup band Armada dan lainnya.

Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo dalam sambutanya mengatakan, Pekan Raya Lampung Fair 2019 dengan tema Kemilau Lampung Semarak Sumatra, akan berlangsung selama 2 minggu. Kegiatan ini selain memberikan hiburan juga memberikan informasi yang postif yang terjadi di Provinsi Lampung dan sekitarnya.

“Dengan kegiatan ini, saya ucapkan terimakasih kepada Bupati/walikota yang telah mempersiapkan etalase yang berisi informasi tentang pembangunan dengan baik. Saya juga akan sampaikan bahwa, pertumbuhan di sektor wisata Provinsi Lampung berada di posisi ke 3 se Indonesia,” kata Ridho.

Tambahnya di akhir sambutan, Ridho berharap pegelaran Lampung Fair yang merupakan pesta rakyat ini, dapat menghibur masyarakat serta bisa memberikan informasi-informasi positif yang sifatnya membangun kepada mereka.

Dalam laporan Asisten II Bidang Pembangunan dan Ekonomi Provinsi Lampung Taufik Hidayat mengatakan tujuan dilaksanakan Lampung Fair ini yaitu, pertama sebagai sarana informasi ke masyarakat tentang hasil pembangunan yang sudah tercapai maupun yang akan segera dilaksanakan.

Kemudian yang kedua sebagai media pameran dagangan, ekspos, promosi dan investasi, dan juga sebagai ajang hiburan masyarakat.

“Sebanyak 56 OPD Provinsi Lampung mengikuti perhelatan ini, 14 anjungan dari kabupaten/kota, 21 stan BUMN dan swasta, serta 300 UMKM. Selain itu terdapat 10 stan mitra praja utama, 10 stan PKK dan Dekranasda, 10 stan TNI-Polri dan 17 stan untuk otomotif,” terangnya.

Usai pembukaan para rombongan yang di Ketua Gubernur Lampung, melakukan kunjungan ke semua Anjungan Kabupaten/ Kota se-Provinsi Lampung, salah satunya di anjungan Kota Metro. (Sr/Gt)