Sebanyak 40 Pegawai Pemkot Metro, Ikuti Diklat Teknis Pengadaan Barang dan Jasa

Sebanyak 40 orang perwakilan dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Lingkungan Pemerintah Kota Metro mengikuti Diklat Teknis Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah Kota Metro Tahun Anggaran 2017 yang berlangsung di Local Education Center (LEC) Kartika Metro, Rabu (18/10/2017).

Menurut Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia (BKPSDM) Kota Metro ABP. Herjuno, diklat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman tentang ketentuan, cara-cara serta siklus manajemen pengadaan barang dan jasa,  meningkatkan kemampuan pengelola dan mempercepat proses pengadaan barang dan jasa secara efektif dan efisien, serta untuk meningkatkan ketersediaan SDM yang memiliki profesionalisme dalam hal pengadaan barang dan jasa pemerintah.

“Pelaksanaan diklat tersebut, akan dilaksanakan selama 4 hari dimulai hari ini sampai dengan hari Jumat. Sementara pelaksanaan ujian akan diselenggarakan pada hari Sabtu, tanggal 21 Oktober 2017 yang bertempat di SMK Negeri 3 Metro. Dengan narasumber dari Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP) RI,” jelas Herjuno.

Usai melakukan penyematan Tanda Peserta Diklat secara simbolis, Asisten III Evi Roffiyanti yang mewakili Walikota Metro, pada sambutannya memberikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini. Dengan harapan kepada seluruh peserta agar dapat memahami secara benar tentang proses pengadaan barang dan jasa, sehingga seluruh proses pengadaan dapat dilakukan dengan baik.

“Saya ingatkan kembali kepada peserta, untuk mengikuti diklat ini dengan serius dan tanyakan kepada narasumber apabila ada yang kurang jelas. Sehingga ujian pada hari Sabtu besok, peserta dapat lulus dengan hasil yang memuaskan,” ungkap Evi Roffiyanti.

 

Wisuda AKPER Dharma Wacana Kota Metro

Asisten 1 Ridwan, menghadiri Rapat Senat Dalam Rangka Wisuda Pascasarjana AKPER Dharma Wacana Diploma III (D3) yang pertama di tahun 2017 ini,  acara di selenggarakan di Wisma Haji Metro, Rabu (18/10/17).

Turut dihadiri Ketua Kopertis Wilayah II Sumbagsel Slamet Widodo, Ketua Yayasan Pendidikan dan Kebudayaan Dharma Wacana Metro Bandari Septiana, Kabid Sumber Daya Manusia Dan Pemberdayaan Masyarakat Pada Dinas Kesehatan Kota Metro Lukman, Direktur Akper Dharma Wacana Metro Nia Risa Dewi, Ketua PPNI Kota Metro Hendarto, Para Dosen, Wisudawan dan Wisudawati yang turut hadir.

Sebanyak125 Wisudawan/Wisudawati telah berhasil menyelesaikan studi Akademi Perawat (AKPER) pada Fakultas dan Program Pascasarjana di Darma Wacana Metro.

Rektor Darma Wacana Metro, Nia Risa Dewi memberikan ucapan selamat kepada para wisudawan/wisudawati, dengan harapan para wisudawan/wisudawati dapat berguna bagi masyarakat yang membutuhkan, sebagai seorang perawat kita harus tanggap dan menjadi perawat yang berbudi luhur.

“Saya mengingatkan kepada wisudawan-wisudawati sekalian, agar jangan lantas berpuas diri karena tantangan kedepan terkhusus dalam Era Teknologi Informasi dan Masyarakat Ekonomi Asean saat ini semakin hebat dan kompetisi semakin ketat untuk itu, saya berharap wisudawan-wisudawati terus berusaha meningkatkan kualitas diri pribadi dan kemampuan yang dimiliki, dan terus berproses untuk menjadi manusia yang berbudi luhur” Terangnya  Nia Risa Dewi.

Ridwan juga berpesan agar Wisudawan/Wisudawati agar sesalu menjujung  tinggi kejujuran “Saya berpesan dan berharap kepada para Wisudawan dan Wisudawati agar dapat terus menjunjung tinggi kejujuran dan kebenaran hakikat ilmu pengetahuan, mampu mengembangkan dan mengamalkan ilmu pengetahuan yang telah didapatkan, serta dapat menjaga martabat dan nama baik almamater”. ungkapnya.

“Selamat dan Sukses kepada para wisudawan dan wisudawati yang telah menyelesaikan studinya, dan kepada Direktur, Guru Besar, Dosen dan Karyawan Akper Dharma Wacana Metro atas nama Pemerintah Kota Metro saya ucapkan terimakasih atas dedikasi, loyalitas, pengabdian, dan kerja kerasnya yang telah mendidik, mengajar dan membimbing serta mengantarkan para mahasiswa sampai dengan menyelesaikan pendidikannya dan diwisuda pada hari ini” Tutup Ridwan.

Jambore Kader PKK Tahun 2017, Achmad Pairin Ajak Para Kader Sosialisasikan Objek Wisata Kota Metro

Walikota Metro membuka Kegiatan Jambore Kader PKK se Kota Metro Tahun 2017, dengan tema “Melalui Jambore Kader PKK Kota Metro, Kita Tingkatkan Pengetahuan, Kompetensi, Ketrampilan dan Atitude Kader serta Menjalin Silaturahmi dalam Kesamaan Visi dan Misi”, Rabu (18/10/17).


Kegiatan yang berlangsung di Objek Wisata Dam Raman Kota Metro dihadiri oleh, Wakil Walikota Metro Djohan, Ketua DPRD Kota Metro Anna MOrinda, Fokorpimda Kota Metro, Kepala OPD se Kota Metro, Ketua TP PKK Kota Metro Heriyati Pairin, Wakil Ketua TP PKK Kota Metro Siti Aisyah Djohan, Wakil Ketua I Budi Sani Wati Nasir, Ketua Persit Kartika Candra Prapti Jajang dan seluruh tamu undangan.

Ketua panitia Siti Aisyah Djohan melaporkan, adapun tujuan dari pelaksanaan jambore kader pkk pada hari ini yakni untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan kader pkk dalam melaksanakan tugas dan fungsinya, memberikan motifasi pada kader pkk agar selalu berdedikasi dan sebagai bentuk refreshing bagi kader pkk yang mempererat tali silaturahmi sesama kader.

“Jambore kader pkk dilakukan pada hari ini rabu 18 September 2017, bertempat di Dam raman yang merupakan objek wisata di Kota Metro. Dengan jumlah peserta sebanyak 250 orang , yang setiap Kecamatan se Kota Metro mengirim sebanyak 50 peserta dan anggota Persit Kartika candra Kodim 0411 lampung Tenggah sebanyak 20 orang,” terangnya.

Selain itu, adapun kegiatan yang dilaksanakan yaitu penyerahan hadiah lomba bagi pemenang kader tingkat nasional dan provinsi, Penandatangganan MOU kesepakatan antar Pemerintah Kota Metro dengan Kodim 0411 Lampung Tenggah, TP PKK Kota Metro dan Persit Kartika Candra, Lomba Cerdas Cermat, Penanaman Pohon, Out Bond, Jingle Iva serta Lomba Simulasi PAA.

Pada sambutannya Ketua TP PKK Kota Metro Heriyati Pairin menyampaikan, pelaksanaan kegiatan ini merupakan kegiatan pendukung Kesrak PKK KB Kesehatan Kota Metro tahun 2018. Kegiatan tahun ini juga, bersinergi dengan TNI dalam momentum “Bhakti Sosial TNI KB Kesehatan dan Kesatuan Gerak PKK KB Kesehatan.

“Saya sangat berharap kegiatan pada hari ini dapat mempererat silaturahmi antar kader pkk se Kota Metro dan para kader dapat mensosialisasikan destinasi wisata yang ada di Kota Metro kepada masyarakatnya” jelasnya.

Dalam arahannya Walikota Metro Achmad Pairin memberikan apresiasi kepada seluruh kader pkk se Kota Metro. Dengan harapan kegiatan jambore pkk dapat memacu dan membantu upaya peningkatan kegiatan pkk serta dapat mensosialisasikan Dam Raman sebagai wisata keluarga kepada masyarakat dalam kota maupun luar Kota Metro.

“Ada dua titik tempat wisata yang akan diunggulakan di Kota Metro yaitu, Dam Raman yang terletak di Kecamatan Metro Utara dengan luas 24 hektar, yang akan dibangun dermaga sebagai dermaga perahu dan Bumi Perkemahan yang ada di Kecamatan Metro Selatan yang akan dibuatkan landasan flying fox. Ini semua dilakukan sebagai upaya menarik wisatawan, sehingga dapat menambah pendapatan daerah,” pungkasnya.

Sekda Kota Metro Berikan Pembinaan Pada Kecamatan Metro Pusat

Menindak lanjuti rakor bulan Oktober 2017 tentang penyampaian Sekda Kota Metro bahwasanya untuk meningkatkan kedisiplinan para ASN Kota Metro, maka Sekda Kota Metro akan melakukan kunjungan dan pembinaan disetiap kecamatan di wilayah Kota Metro. Pada kesempatan ini, A. Nasir A.T memimpin apel di Kecamatan Metro Pusat yang dihadiri masing-masing kelurahan di Wilayah Metro Pusat, Senin (16/10/2017).

Didalam amanatnya, Sekda Kota Metro A. Nasir A.T menyampaikan apresiasi kepada peserta apel yang telah hadir, dan ia menyampaikan bahwa kunjungan sekaligus pembinaan ini selain dalam rangka silaturahmi, yakni guna untuk menyatukan langkah bahwa seluruh aparatur di lingkungan Pemerintah Kota Metro baik camat maupun lurah memiliki satu tujuan, satu visi dan misi.

“Yang mengendalikan jalannya pemerintah adalah kita semua, khususnya dari tingkat RT sampai Kecamatan yang merupakan ujung tombak terkait dengan pelayanan, maka mari bersama-sama kita membangun rasa karsa kita, dan rasa korps kita.” Ucapnya.

“Saya akui tingkat kedisiplinan aparatur kita belum sepenuhnya disiplin, akan tetapi sedikit demi sedikit sudah menunjukan bahwa kita ingin berbuat ke arah yang lebih baik dan hal itu sanglah penting. Untuk itu kami bersama-sama dengan Asisten III, Inspektur, Kepala BKPSDM, dan Kepala Bagian Organisasi hadir dalam kunjungan ini yakni agar dapat melihat secara langsung apa yang terjadi dibawah dan apa yang bisa kita perbaiki bersama-sama.” Terang Nasir.

Usai pelaksanaan apel, dilanjutkan dengan briefing di Aula Kecamatan Metro Pusat. Hasil dari briefing tersebut, Kepala BKPSDM ABP. Herjuno mengatakan, sebagai pegawai dituntut untuk melaksanakan tugas dan kewajiban berdasarkan tupoksi, baik didalam pemerintahan maupun didalam pelayanan, dan ia mengharapkan agar dapat terus meningkatkan kedisiplinan dan tidak melanggar aturan yang berlaku.

Sementara itu, Camat Metro Pusat Triana Aprisia, sangat menyambut baik dan apresiasi atas perhatian dari Pemerintah Kota Metro yang bersedia terjun langsung. “Kunjungan ini selain untuk mengetahui kondisi dan melakukan pembinaan, juga memberikan motivasi dan masukan kepada kami yang ada di kecamatan dan kelurahan untuk tetap semangat dalam kinerja dan dalam peningkatan kedisiplinan.” Ujarnya.

Kunjungan Tim Penilai Lomba LSS-UKS Tingkat Provinsi di Kota Metro

SMPN 4 Kota Metro dan SDN 4 Metro Utara mewakili Kota Metro dalam Lomba Sekolah Sehat – Usaha Kesehatan Sekolah (LSS-UKS) Tingkat Provinsi Lampung, Senin (16/10/2017).

Dalam agenda tersebut, dihadiri oleh Ratna Dewi selaku Ketua Tim Penilai LSS-UKS tingkat Provinsi Lampung beserta rombongan, Wakil Walikota Metro Djohan, Unsur Fokorpimda Kota Metro, Ketua Tim penggerak PKK, Para Staf Ahli Walikota dan Asisten Sekda Kota Metro, Kepala Satker di Lingkungan Pemkot Metro, Camat dan Lurah se-Kota Metro.

Wakil Walikota Metro Djohan menyampaikan ucapan terimakasih atas kehadiran Tim Penilai dari Provinsi Lampung.  Ia berharap, dengan kehadiran Ketua Tim beserta rombongan dapat memberikan motivasi, masukan dan koreksi agar Kota Metro dalam hal Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) kedepannya dapat menjadi lebih baik lagi.

“Lomba seperti ini perlu di kembangkan, karena program UKS memuat kegiatan tentang pendidikan kesehatan, usaha mewujudkan lingkungan sekolah sehat serta menyelenggarakan pelayanan kesehatan. Selain itu, peserta didik kita akan memperoleh pengetahuan akan kesehatan, yang mencakup hal-hal yang berbahaya bagi kesehatan,” ungkap Djohan.

Terangnya, Djohan mengatakan dalam rangka memotivasi UKS di unit sekolah,  maka secara rutin Pemkot Metro telah melalukan kegiatan lomba secara berjenjang dari kelurahan hinga tingkat kota.

“Tentunya kami berharap kepada tim penilain, dapat kiranya memberikan pembinaan dan arahannya. Kami juga siap menerima hasil akhirnya, yang nantinya hasil tersebut akan kami menjadikan masukan, guna membangun lingkungan sekolah yang sehat di seluruh sekolah-sekolah yang ada di Kota Metro,” kata Djohan di akhir sambutan.

Selaku Ketua Tim Penilai LSS-UKS tingkat Provinsi Lampung Ratna Dewi mengatakan, Lomba Sekolah Sehat – Usaha Kesehatan Sekolah merupakan salah satu upaya dalam pembinaan dan mengevaluasi peserta dalam program UKS, yang berdampak postitif pada anak didik.

“Kegiatan ini sebagai mewujudkan Visi UKSN yaitu, Anak Didik Sehat, Cerdas dan Berkualista, Berakhlak Mulia. Untuk mencapai visi tersebut, maka telah ditetapkan tujuan meningkatkan prestasi belajar anak didik, melalui peningkatkan drajat kesehatan. Dengan sasaran UKS kedepan yaitu, bertupa strata UKSN media dan UKSN modern. Dan dengan harapkan seluruh anak didik mendapatkan jaminan kesehatan yang didanai oleh sekolahan,” ucap Ratna Dewi.

Tak hanya itu, ia mengucapkan terimakasih dan penghargaan kepada tim pembina UKS tingkat Kota Metro, Kecamatan, dan tim pembina UKS di sekolah, serta seluruh forum yang terkait atas terselenggaranya kegiatan penilaian ini. “Diharapkan dalam penilaian ini dapat lebih meningkatkan pelaksanaan program UKSN, yang merupakan program nasional yang wajib untuk kita laksanakan.” ungkap Ratna Dewi.

Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Metro Menggelar Pelatihan Sulam Karawang

Dalam rangka meningkatkan keterampilan dan kreatifitas pengurus dan anggota Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Metro, menggelar pelatihan Sulam Karawang yang diikuti sebanyak 39 peserta, yang terdiri dari ketua dan anggota DWP unsur pelaksana dan pengurus DWP se-Kota Metro.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Dharma Wanita Persatuan (DPW) ini, dibuka secara langsung oleh Ketua DWP Kota Metro Budi Wati Sani Natsir, Jumat (13/10/2017).

Dalam sambutannya, Budi Wati Sani menyampaikan apresiasi dan menyambut baik dengan dilaksanakannya pelatihan tersebut. Tentunya dengan pelatihan semua ini, telah sesuai dengan program kerja dalam AD atau ANT.

“Melalui sulam Karawan ini, mari kita tingkatkan keterampilan dan kreatifitas pengurus dan anggota Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Metro. Dimana kegiatan ini sebagai program pendidikan DWP tahun 2017. Dan pada kali ini kami mendatangkan pelatihan dari Kelurahan Purwo Asri yaitu, Ibu Resti,” ungkap Budi Wati Sani.

“Acara ini tidak akan berjalan tanpa adanya kerjasama antar anggota dan pengurus. Semoga pelatihan ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Usai dari sambutan ini, maka saya nyatakan kegiatan pada hari ini, secara resmi dibuka,” tutupnya.