TK Tiara Persada Metro Wakili Lampung Pada Lomba Sekolah Sehat-UKS Tingkat Nasional

Penilaian Lomba Sekolah Sehat-UKS Tingkat Nasional Tahun 2017, yang berlangsung di TK Tiara Persada Kota Metro, Jumat (28/04/17). Turut hadir Perwakilan Gubernur Lampung, Ketua Tim Penilai Lomba UKS Tingkat Nasional Agus Suharyanto beserta rombongan, Tim Pembina UKS Provinsi Lampung, Walikota Metro Achmad Pairin, Fokorpimda Kota Metro, Plt Sekda Kota Metro, Kepala Dinas/Badan/Satker di Lingkungan Pemkot Metro dan  Ketua TP-PKK Kota Metro serta Tamu Undangan.

TK Tiara Persada Kota Metro yang berdiri berdasarkan Akta Notaris Nomor 736 tanggal 26 Juni 2013, dan pembangunannya yang dimulai sejak tanggal 10 Oktober 2013 ini, memiliki 54 siswa merupakan, perwakilan dari Provinsi Lampung pada Lomba Sekolah Sehat-UKS Tingkat Nasional Tahun 2017. Yang yang lokasinya terletak di Jalan Pattimura RW.10 Kelurahan Banjarsari, Kecamatan Metro Utara, Lampung.

Menurut Laporannya Kepala TK Tiara Persada Nurhasanah menyampaikan, pada tahun 2016 adapun prestari yang diraih tk tiara persada yakni, juara I Lomba UKS Tingkat Kota Metro dan Juara I Lomba UKS Tingkat Provinsi Lampung.Dengan harapan, “Semoga tim penilai memberikan apresiasi dan tindak lanjut untuk meraih mimpi Provinsi Lampung, khususnya untuk Kota Metro dan TK Tiara Persada, supaya TK Tiara Persada Kota Metro Lampung ini, dapat menjadi yang terbaik dalam penilaian”,Ucapnya.

Walikota Metro Achmad Pairin dalam sambutannya menyampaikan, bahwa Pemkot Metro telah melaksanakan lomba UKS berjenjang, mulai dari tingkat Kelurahan, Kecamatan hingga tingkat Kota Metro. Dan pada kesempatan ini, Tk Tiara Persadalah yang terpilih untuk mewakili Provinsi Lampung dalam lomba Sekolah Sehat- UKS Tingkat Nasional.

“Kepada Tim Penilai saya ucapakan selamat datang di Kota Metro,  dengan harapan para Tim Penilai dapat memberikan penilaian se-objektif mungkin, dan dapat memberikan masukan kepada kami untuk membangun lingkungan sekolah sehat yang lebih baik di Kota Metro”, Ucapnya.

Selain itu, Achmad Pairin juga menyampaikan, kepada TK Tiara Persada selaku peserta lomba agar dapat menyampaikan dengan sejelas-jelasnya, dan sejujur-jujurnya “apabila menurut Tim Penilai kami layak meraihnya, maka kami siap untuk menyandangnya” Tutup Pairin.

Didalam sambutan Gubernur Lampung, yang disampaikan oleh Kepala Biro Kesejahteraan Sosial Ratna Dewi mengatakan, program UKS merupakan wadah pembinaan kesehatan anak sekolah untuk mencapai visi anak didik sehat dan berkualitas. Dan UKS adalah salah satu upaya pembinaan untuk mewujudkan kebiasaan hidup sehat yang terencana, terpadu dan berkelanjutan  dengan melibatkan unsur pemerintah, sekolah dan masyarakat.

” Saya ucapkan selamat atas terpilihnya TK Tiara Persada Kota Metro, yang telah meraih juara pertama Lomba Sekolah Sehat tingkat Provinsi Lampung tahun 2016.Dan sekaligus mewakili Lampung pada kategori TK/RA di lomba Sekolah Sehat- UKS Tingkat Nasional. Semoga penilaian yang akan dilakukan olehh Tim Penilai LSS Tingkat Nasional, dapat memberikan hasil yang terbaik bagi daerah lampung dalam forum nasional nanti”. Ungkapnya di dalam sambutan Gubernur Lampung.

Pada arahannya Ketua Tim Penilai Lomba UKS Tingkat Nasional Agus Suharyanto mejelaskan bahwa, lomba sekolah sehat tahun 2017 ini diikuti oleh 90 peserta sekolah se Indonesia. ” Lomba ini masih melanjutkan program tahun sebelumnya, yang didalamnya terdapat dua kategiori pemenang dalam lomba yakni,  The Best Performance indikator penilaian menitik beratkan kepada kinerja, dan The Best Achievment menitik beratkan kepada upaya”Ucapnya.

Selain itu, adapun tujuan akhir dari lomba ini yaitu budaya prilaku hidup bersih dan sehat baik siswa maupun masyarakat.

Prayetno Sambut Baik Sosialisasi Subsidi Pangan di Kota Metro

Asisten II  Bidang Perekonomian Dan Pembangunan Sekda Kota Metro Prayetno, membuka kegiatan Sosialisasi Subsidi Pangan (Rastra) Kota Metro Tahun 2017 yang berlangsung di LEC Kartikatama Metro, Kamis (27/04/17).

Penyaluran beras bersubsidi bagi kelompok masyarakat berpendapatan rendah ini bertujuan untuk, mengurangai beban pengeluaran para Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dalam memenuhi kebutuhan pangan.

Menurut laporannya Kabag Perekonomian Sekretariat Daerah Kota Metro  Elmanani mengatakan, tujuan dari  diadakan kegiatan ini yakni, untuk memberikan informasi  lengkap sekaligus pemahaman guna meningkatkan efektifitas pelaksanaan progam subsidi pangan di Kota Metro tahun 2017. Adapun peserta yang menghadiri  sosialisasi yaitu, Kasi Kesra Kecamatan, Kasi Kesra Kelurahan, petugas Distribusi Beras, KPM (keluarga Penerima Manfaat), yang keseluruhan peserta berjumlah kurang lebih 250 orang.

Dalam sambutan Walikota Metro yang disampaikan oleh Asisten II Prayetno mengatakan, kegiatan sosialisasi tersebut disambut baik oleh Pemerintah Kota Metro,karena kegiatan tersebut sangat bermanfaat untuk perkembangan evaluasi kegiatan Program Subsidi Pangan.“Dengan diadakan Kegiatan Sosialisasi Subsidi Pangan (RASTRA) ini diharapkan dapat menambah wawasan Aparat Kecamatan, Kelurahan, KPM maupun masyarakat umum dalam mendistribusikan Rastra. Dan kepada panitia pelaksana agar sekiranya dapat menyampaikan laporan, serta pengaduan apabila terjadi gejolak di Lapangan kepada Unit Pengaduan Masyarakat ( UPM ) Kota Metro ”, ungkapnya.

”Saya berharap kepada para Camat dan Lurah agar dapat menginformasikan kepada masyarakat, khususnya Keluarga Penerima Manfaat (KPM), untuk dapat memanfaatkan kesempatan ini sehingga Program Subsidi Pangan (Rastra) dapat berjalan lancar sesuai jadwal yang telah ditentukan”, ucap Prayetno.

Walikota Metro Kunjungi Dinas-Dinas Dalam Rangka Menjaga Kedisiplinan Pegawai

Walikota Metro Ahmad Pairin melakukan kunjungan kerja kebeberapa dinas di Kota Metro, dengan didampingi oleh Kepala Ispektorat, Kasat Pol PP dan Kabag Protokol, Kamis (27/04/2017).

Kunjungan dalam rangka pembinaan terhadap pegawai ASN dan tenaga kontrak, berkunjung ke beberapa dinas, yang diantaranya di Kantor Perpustakaan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan.

Pada saat berkunjung di Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Metro, Walikota Metro mengatakan, kunjungan ini akan dilakukan secara berkala untuk melakukan pembinaan, melihat sarana dan prasarana yang ada disetiap dinas.

“Kami juga melakukan kunjungan untuk memastikan para pegawai bekerja sesuai dengan tupoksinya, yang mana tupoksi ini merupakan tanggung jawab bagi mereka, Dan saya juga ingin melihat sisitem perencanaan kerja mereka dan masalah kebijakan-kebijakan yang ada,” ujar Ahmad Pairin.

Tak hanya itu, Kepala Ispektorat M. Djihat Helmi mengatakan, mari kita menjaga kedisiplinan, salah satunya dengan datang tepat waktu dan mengikuti apel pagi dan sore, serta mengenakan atribut lengkap.

 

Melalui Penyuluhan Hukum Terpadu, Masyarakat Diminta Sadar Hukum

Pemerintah Kota Metro menggelar acara penyuluhan hukum terpadu tahun 2017 dengan tema membangun kesadaran hukum masyarakat dalam bingkai NKRI. Dalam acara tersebut dihadiri oleh Plt Sekda Metro Bangkit Haryo Utomo, staf ahli,Asisten III, Kepala Dinas, Kejaksaan Metro, Pengadilan Metro, Kepolisian Metro, Satpo PP serta tamu undangan, Kamis (27/04/2017).

Menurut laporan Ketua Pelaksana dari Kabag Hukum, tujuan dilaksanakan acara ini untuk meningkatkan kesadaran dan pengetahuan terhadap hukum serta peraturan perundang-undangan. Tamu undangan sekitar 200 orang yang terdiri dari tokoh masyarakat, pelajar, mahasiswa dan perangkat daerah.

Dalam sambutannya Plt Sekda Metro mengatakan, penyuluhan hukum merupakan salah satu kegiatan penyebarluasan informasi dan pemahaman terhadap norma hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Penyuluhan Hukum sangat diperlukan untuk menambah wawasan dan pengetahuan bagi masyarakat serta aparatur, dibidang hukum.

” Dengan cepatnya perkembangan sosial politik ekonomi dan teknologi saat ini, sangat penting untuk membangun kesadaran hukum masyarakat, agar memahami hukum yang berlaku. Pemerintah Kota Metro melalui Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kota Metro sudah seyogyanya memberikan wawasan dan pengetahuan tentang hukum melalui Kegiatan Penyuluhan Hukum Terpadu yang bekerja sama dengan instansi terkait dalam pelaksanaan kegiatan ini” ungkap Plt Sekda Metro.

Selain itu juga Plt Sekda Metro juga berharap agar para peserta dapat mengikuti dan menyimak seluruh materi kegiatan ini agar dapat bermanfaat. Selain itu, agar dapat mensosialisasikan kepada masyarakat sehingga dapat mendukung hukum masyarakat dalam bentuk tertib, taat dan patuh terhadap norma hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

 

24 Mahasiswa Akbid Wira Buana Resmi Kenakan Pakaian Seragam

Peresmian Pengunaan Pakaian Seragam Dan Ucap Janji Mahasiswa Akademi Kebidanan Wirabuana Metro Angkatan ke 15 Tahun 2016/2017, Rabu (26/04/17).

Turut hadir Wakil Walikota Metro Djohan,  , Ketua ( Ikatan Bidan Indonesi)  IBI Kota Metro,Ketua Yayasan  Wira Buanan,  Direktur Akbid Wira Buana Metro, Kepala Dinas kesehatan Kota Metro, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Peserta dan seluruh Tamu Undangan.

Berdasarkan laporan Hikmatul Khoiriyah selaku Direktur Akbid Wira Buana Metro, kegiatan Peresmian Penggunaan Pakaian Seragam dan Ucap Janji Akademi Wira Buana Metro merupakan, kegiatan yang ke 15 kalinya di Akbid Wira Buana Metro, dengan jumlah peserta 24 mahasiswi. Mahasiswi yang akan dilantik pada Peresmian Penggunaan Pakaian Seragam tersebut adalah mahasiswi tingkat I semester II yang telah menjalani masa belajar kurang lebih 1 tahun belajar, di Akbid Wira Buana dan akan lulus dengan gelar bidan.

“Saya berharap lulusan kami nanti dapat membantu pemerintah dalam upaya peningkatan derajat kesehatan masyarakat, dan kepada peserta kami berharap agar dapat mempunyai disiplin yang tinggi, beretika dalam melaksanakan praktik pelayanan kebidanan, dipercaya dalam mengemban ilmu pengetahuan dan keterampilan dalam bidang kesehatan, dapat membawa dan menjaga nama baik almamater, serta menjunjung tinggi institusi kesehatan dimanapun tempat tugasnya”, ucap Hikmatul Khoiriyah.

Pada arahannya Ketua Yayasan Wira Buana mengatakan, mahasiswa  pada angkatan tahun 2016/2017 ini memang tidak sebanyak tahun sebelumnya. Walaupun hanya berjumlah 24, saya sangat berharap nantinya para bidan dapat menjadikan profesinya sebagai sarana untuk membantu masyarakat luas, dan siap untuk ditempatkan dimanapun tempatnya .

Selain itu, ” jadikanlah Capping Day ini sebagai motivasi baru , semangat baru yang akan membawa mahasiswa wira buana mencapai kesuksesan” Ucapnya.

Dalam sabutan Walikota Metro yang disampaikan Wakil Walikota Metro Djohan mengucapkan, selamat atas peresmian pengunaan seragam dan ucap janji. Karena kegiatan ini sebagai wahana, untuk menghasilkan tenaga kesehatan yang berkualitas.

” Bekali diri dengan pengetahuan, yang menunjang sikap dan ketrampilan yang baik. Agar kelak menjadi tenaga medis yang profesional dan dapat diandalkan,”Ucap Djohan.

Serah Terima Jabatan Lurah Tejoagung Dari Hartawan Jaya Guna Beralih Ke Suparyono

Bertempat di Aula Kelurahan Tejoagung, Kecamatan Metro Timur, Rabu (26/04/2018) telah berlangsungnya pelantikan Lurah Tejoagung beserta TP. PKK Keluarahan Tejoagung.

Serah terima jabatan (sartijab) yang semula dijabat oleh Hartawan Jaya Guna, SE, MM kini digantikan oleh Suparyono, S.IP, MM. Kemudian untuk Ketua TP. PKK Keluarahan Tejoagung dari Ibu Risma Lati beralih kepada Ibu Marwati.

Berdasarkan sambutannya, Hartawan mengatakan, bahwa ia mempunyai kebanggan tersendiri atas jabatanya selama 18 bulan menjadi lurah di Tejoagung. “Tak hanya itu, saya beserta istri, ingin mengucapakan terimakasih dan permintaan maaf atas kinerja selama ini, jika terdapat kekurangan,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Lurah yang baru saja dilantik yakni Suparyano, mengatakan kepada masyarakat untuk dapat membantu dan mendukung kinerjanya sebagai Lurah. “Mari kita bangun Kota Metro dengan bersama, terlebih lagi membangun Kelurahan Tejoagug menjadi lebih baik,” ucap Lurah yang sering disapa Supar.

Selaku Camat Metro Timur, Rosita Tarmizi juga memberikan arahanya kepada lurah dan mantan luarah Tejoagung yang barusan dilantik, untuk dapat mengenali medan tugasnya. Pergantian pejabat ini dilakukan dalam rangka penyegaran dan untuk menambah pengalaman para pejabat untuk menduduki jabatan lebih tinggi lagi.

“Saya mengucapakan selamat kepada Bapak dan Ibu yang baru saja di lantik. Selamat juga kepada bapak Hartawan yang mendudukin jabatan yang baru di Dinas Perhubungan Kota Metro. Sementara untuk Lurah yang baru binalah kerjasama yang baik, pelajarilah permasalahan dan pelajari peraturan yang ada,” ujarnya.

Tampak hadir Asisten I Ridwan, Danramil, Lurah se-Kecamatan Metro Timur, para Pamong serta para kader TP. PKK Kelurahan Tejoagung.

error: Isi dilindungi !!