Pemkot Metro Melaksanakan Apel Sekaligus Peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia

Pemerintah Kota Metro melaksanakan apel sekaligus peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia (Hakornas) di Halaman Pemerintah Daerah Kota Metro Tahun 2019, Senin (09/12/19).

Tampak hadir Wakil Walikota Metro, Sekretaris Daerah Kota Metro, Para Staf Ahli dan Asisten Kota Metro, serta para Pegawai Pemerintah Kota Metro.

Pada sambutannya Wakil Walikota Metro Djohan menyampaikan, terima kasih dan penghargaan kepada segenap Aparatur Sipil Negara di Lingkungan Pemerintah Kota Metro, atas dedikasi yang telah ditunjukkan dalam mengemban tugas, walaupun dalam berbagai keterbatasan di dalam pelaksanaannya.

Djohan berharap momentum peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia tahun ini, dapat meningkatkan semangat kerja, pengabdian, serta darma bakti kepada negara Republik Indonesia, khususnya Kota Metro ini.

“Sebagai upaya mewujudkan pemerintahan yang bersih pada tanggal 25 Februari 2019 Kota Metro telah mencanangkan Zona Integritas dan Komitmen Bersama Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). Langkah ini merupakan wujud keseriusan Pemerintah Kota Metro dalam mencegah dan memberantas korupsi, dalam rangka reformasi birokrasi dan peningkatan pelayanan publik kedepannya,” terang Djohan.

“Pemerintah Kota Metro sangat mengharapkan dukungan dari seluruh ASN di Lingkungan Pemerintah Kota Metro dalam rangka Menuju Wilayah Bebas Korupsi di Kota Metro. Di akhir tahun di bulan Desember ini semoga semua pekerjaan dapat terselesaikan dengan tepat waktu, jangan sampai akhir tahun belum beres dan menjadi bermasalah,” tutup Djohan. (ly/dk)

Rapat Koordinasi Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Pemerintah Kota Metro

Pemerintah Kota Metro, melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Metro menyelenggarakan Rapat Koordinasi Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Pemerintah Kota Metro tahun 2019, di Aula Kelurahan Yosorejo, Kecamatan Metro Timur, Jumat (06/12/19).

Turut hadir Wakil Walikota Metro Djohan, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Metro, Lurah se-Kota Metro, Pengurus DPD LPM Kota Metro, Pengurus LPM Kecamatan se-Kota Metro, Pengurus LPM Kelurahan se-Kota Metro, serta para tamu undangan.

Dalam sambutannya Wakil Walikota Metro menyampaikan tujuan diadakannya rapat adalah untuk lebih meningkatkan sinergitas dan hubungan kemitraan yang harmonis antara LPM dan pemerintah, dan juga agar pengurus LPM dalam melaksanakan tugas dan fungsinya sesuai dengan aturan perundang-undangan yang berlaku.

Djohan juga memaparkan bahwa Lembaga Pemberdayaan Masyarakat merupakan salah satu lembaga kemasyarakatan sebagai mitra kerja pemerintah untuk mengelola, merencanakan dan melaksanakan pembangunan dengan menggali swadaya gotong royong masyarakat kelurahan. “Saya berharap agar pengurus LPM dapat menjalankan tugas dan fungsinya dengan benar, serta dapat meningkatkan kualitas percepatan pelayanan pemerintah kepada masyarakat,” tutup Djohan. (ins/sr)

 

Pemerintah Kota Metro Menanam 200 Pohon Peringati Hari Menanam Pohon Indonesia

Dalam memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) Pemerintah Kota Metro menanam sebanyak 200 pohon, Jumat (06/12/19).

Kegiatan yang dilakukan di Perumahan Dinas Citra Beringin Kelurahan Karang Rejo Kecamatan Metro Utara ini turut dihadiri Wakil Walikota Metro Djohan, Sekretaris Daerah Kota Metro, Kepala OPD se-Kota Metro, serta tokoh masyarakat.

Djohan menyampaikan dengan adanya peiringatan Hari Menanam Pohon Indonesia ini merupakan bentuk kecintaan dan kepedulian kita terhadap alam dan juga melestarikan lingkungan khususnya Kota Metro.

Salah satu kebijakan yang dilakukan Pemerintah Kota Metro adalah memaksimalkan fungsi Ruang Terbuka Hijau (RTH) publik sebagai daerah resapan dan penghasil udara segar. Keberadaan pohon dan tanaman di Ruang Terbuka Hijau termasuk di sempadan jalan dan sempadan sungai sangat penting untuk menyeimbangakan kualitas lingkungan sebagai akibat alih fungsi lahan pada RTH privat.

Pada peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia Kota Metro tahun ini mengambil tema “Pohon Untuk Kehidupan”. “Sesuai dengan tema tahun ini keberadaan pohon sangat penting bagi kehidupan kita. Fungsi pohon selain menjaga keseimbangan tanah dan sumber daya air, pohon juga menghasilkan oksigen dan udara bersih untuk kita bernafas,” ujar Djohan

Di akhir sambutannya Djohan berharap dengan adanya penanaman pohon ini semua masyarakat dapat bekerja sama untuk menjaga dan memelihara pohon, demi kemajuan, kesejahteraan dan kemakmuran kita semua, bukan hanya untuk saat ini namun juga masa mendatang. (ins/sr)

Dharma Wanita Persatuan Menggelar Lomba Pidato Dalam Rangka Memperingati HUT Ke-XX

Dharma Wanita Persatuan (DWP) dalam rangka memperingati HUT ke-XX menggelar berbagai kegiatan lomba, salah satunya lomba pidato yang berlangsung di Aula PKK Kota Metro, Kamis (05/12/19).

Budi Wati Sani Nasir selaku Ketua Dharma Wanita Persatuan memberi sambutan sekaligus membuka acara lomba pidato secara resmi yang diikuti oleh 25 peserta, di aula PKK Kota Metro. Dalam sambutannya Budi Wati mengatakan bahwa kegiatan demi kegiatan dalam rangkaian HUT Dharma Wanita Persatuan ke-20 di Kota Metro telah dilaksanakan dengan baik dan sukses. “Hari ini kita akan melaksanakan lomba pidato bagi ibu-ibu Ketua DWP Unsur Pelaksana se-Kota Metro, saya berharap lomba pidato ini akan membuat ibu-ibu lebih percaya diri dalam bicara dan tampil di muka umum, serta dapat meningkatkan kemampuan dan potensi. Kiranya kegiatan dan ilmu yang didapatkan pada hari ini dapat ditindaklanjuti ke anggota DWP Unsur Pelaksana masing-masing,” ucap Budi Wati.

“Kepada dewan juri, saya berharap pada penilaian lomba ini betul-betul sesuai dengan keadaan dan kemampuan peserta. Kepada pemenang saya ucapkan selamat dan bagi yang belum berhasil agar bisa menerima, semoga di lain kesempatan bisa mendapatkan juara. Karena dalam perlombaan pasti ada yang menang dan kalah,” tutupnya.

Usai acara tersebut, dewan juri mengumumkan para pemenang lomba pidato, adapun pemenang juara I nomor urut 08, juara III nomor urut 09, juara harapan I nomor urut 17, juara harapan II nomor urut 22, dan juara harapan III nomor urut 19.

Tampak hadir Ketua DWP Kota Metro, Ibu-Ibu Ketua DWP Unsur Pelaksana se-Kota Metro

Rapat Koordinasi Forsesdasi Komisariat Wilayah Lampung Tahun 2019

Pemerintah Kota Metro menggelar Rapat Koordinasi Forum Sekretaris Daerah Seluruh Indonesia (Forsesdasi) Komisariat Wilayah Lampung Tahun 2019, di Ruang Rapat TMII Kota Metro, Rabu (04/12/19).

Sekretaris Daerah Kota Metro A. Nasir dalam laporannya menyampaikan bahwa posisi sekda adalah sebagai unsur pembantu pimpinan yang merupakan jabatan karir PNS tertinggi di daerah yang mempunyai peran penting dan strategis dalam mewujudkan otonomi daerah, oleh karena itu dituntut secara aktif dapat memberikan kontribusi yang besar dan profesional dalam perumusan kebijakan yang ditetapkan oleh pemerintah, maupun pemerintah daerahnya. Terkait Undang-Undang Nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) dengan arah kebijakan memperbaiki pola karir serta meningkatkan kinerja dan profesionalisme serta etos dan budaya kerja yang lebih baik.

Pada kesempatan yang sama Wakil Walikota Metro Djohan menyambut bangga kedatangan Sekda se-Provinsi Lampung di Kota Metro. “Semoga dengan adanya kegiatan semacam ini kedepannya akan memberikan kemajuan terhadap ASN di kabupaten masing-masing, sebab penyelenggaraan pemerintahan daerah diarahkan untuk mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan pelayanan, pemberdayaan dan peran masyarakat, serta peningkatan daya saing daerah dengan memperhatikan prinsip demokrasi, pemerataan, dan keadilan dalam sistem Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” tutup Djohan.

Fahrizal selaku Sekretaris Daerah Provinsi Lampung juga memberikan sambutan serta membuka acara secara resmi kegiatan Rapat Koordinasi Forsesdasi Komisariat Wilayah Lampung, yang diadakan di Ruang Rapat TMII Kota Metro. Dalam sambutannya Fahrizal menyambut baik dan memberikan apresiasi kepada Komwil Forsesdasi atas terselenggaranya rapat koordinasi sebagai ajang untuk memberikan kontribusi serta untuk saling membantu, bersatupadu serta berpartisipasi dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah khususnya.

“Pada kesempatan yang berbahagia ini, izinkan saya menyampaikan beberapa hal serta isu-isu aktual dan strategis terkait dengan penyelenggaraan pemerintahan daerah dimana mengingat peran Pemerintah Provinsi adalah sebagai koordinator pembinaan, pengawasan dan fasilitator serta evaluasi penyelenggaraan pemerintah daerah, hal ini sebagaimana dirumuskan dalam “Rakyat Lampung Berjaya”. Perubahan kebijakan beberapa elemen dasar penyelenggaraan pemerintahan daerah antara lain, pembagian urusan antara pemerintah dengan pemerintah provinsi dan kabupaten/kota, penataan daerah, kelembagaan perangkat daerah, kepegawaian daerah, keuangan daerah, perwakilan daerah, pelayanan publik serta pembinaan dan pengawasan,” tutupnya. (nv/in/gt/ys)

Penutupan Kompetisi Liga Sepak Bola Tahun 2019

Wakil Walikota Metro Djohan Hadiri Penutupan Kompetisi Olahraga Liga Sepak Bola Tahun 2019, yang berlangsung di Lapangan Mulyojati Kecamatan Metro Barat, Rabu (04/12/19).

Kompetisi Sepak Bola yang berlangsung sejak tanggal 01 November 2019 ini ditutup secara resmi, dengan tujuan untuk lebih memantau bakat dan prestasi para atlet yang ada di Kota Metro. Selain itu, dalam final pertandingan sepak bola liga Kota Metro antara Forham FC Hadimulyo Barat melawan Persega Ganjar Agung dimenangkan oleh Persega dengan skor 1-0.

“Selamat Kepada Forham FC dari Hadimulyo Barat, semoga dengan mendapatnya gelar juara tersebut dapat lebih menambah semangat para atlet. Namun Saya juga berpesan, jangan berpuas diri dengan juara saat ini, namun jadikan ini sebagai motivasi yang lebih untuk event yang akan datang, dan untuk yang belum mendapat gelar juara mari terus bersemangat, karena di setiap pertandingan menang kalah itu sudah biasa,” jelas Wakil Walikota Djohan.