Pemkot Metro Terima Penghargaan WTP 5 Tahun Berturut-turut dari Menteri Keuangan Sri Mulyani

Pemerintah Kota Metro menerima penghargaan atas pencapaian opini laporan keuangan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) selama lima tahun berturut-turut, yaitu dalam kurun waktu 2013-2017. Penghargaan itu diserahkan langsung oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam Rakernas Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah 2018 di Gedung Dhanapala, Jakarta, Kamis (20/9/2018).

Dengan mengambil tema “Pengelolaan Keuangan Negara yang Sehat untuk Indonesia Kuat” Rakernas dibuka oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, yang hadir dengan beberapa menteri dari Kabinet Indonesia Kerja. Mewakili pemerintah, Sri Mulyani  memberikan apresiasi bagi Kementerian atau Lembaga dan Pemda yang telah meningkatkan kualitas pelaporan keuangannya.

Untuk 2017, jumlah Kementerian dan Lembaga yang memperoleh opini WTP dari LHP BPK meningkat menjadi 79 entitas dari sebelumnya 73 entitas pada 2016. Sementara Pemerintah Daerah yang mendapatkan WTP menjadi 411 Pemda meningkat dibanding tahun sebelumnya 374 Pemda.

Sri Mulyani juga meminta agar capaian Pemerintah Pusat dan Daerah yang baik tersebut tidak lantas membuat kinerja pemerintahan dan lembaga puas diri. “Capaian laporan keuangan yang mayoritas WTP ini harus menjadi motivasi bagi Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah untuk selalu meningkatkan kinerjanya”, pesannya.

Pada Rakernas ini, Pemerintah juga memberikan penghargaan bagi 93 institusi baik dari Kementerian  Negara/Lembaga maupun Pemerintah Daerah (Provinsi, Kota, dan Kabupaten) yang mendapat opini terbaik dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), yaitu WTP sebanyak 5 kali berturut-turut.

Kota Metro menjadi salah satu Pemerintah Daerah dari 93 institusi penerima penghargaan dalam acara tersebut, karena Pemerintah Kota Metro telah berhasil mempertahankan opini WTP selama 5 tahun berturut-turut. Penghargaan diserahkan Menteri Keuangan Sri Mulyani dan diterima langsung oleh Walikota Metro Achmad Pairin.

“Semoga penghargaan ini menjadi penambah motivasi kita bersama untuk terus membangun Kota Metro menjadi lebih baik lagi,” ujar Achmad Pairin.

SMPN 7 Metro Sabet Juara 1 di Turnamen Bola Volly Putri

Ketua PERWOSI Kota Metro Siti Aisyah menyerahkan reward kepada SMPN 7 Metro, dalam rangka Turnamen Bola Volly Putri tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama) se-Kota Metro Tahun 2018, yang berlangsung di GOR STO Kota Metro, Kamis (20/09/18).

Kegiatan yang diadakan oleh PERWOSI Kota Metro ini berlangsung 2 hari, dari tanggal 19-20 September 2018 dimenangkan oleh SMP N 7 Metro. Sementara untuk juara ke dua SMP N 5, juara ke tiga SMP N 10 dan juara harapan diraih oleh SMP N 2 Kota Metro.

Dalam sambutannya Ketua PERWOSI Kota Metro Siti Aisyah menyampaikan, ucapan terimakasih kepada seluruh peserta dan tim kerja, sehingga lomba volly putri tingkat SMP ini pertama kali dilaksanakan di Kota Metro.

“Saya harap tahun yang akan datang, kegiatan ini terus berlangsung karena Pemerintah Kota Metro juga sangat mendukung berbagai kegiatan olahraga. Terus raih prestasi, jangan berbangga diri dengan prestasi saat ini, namun jadikan ini awal dari perjalanan prestasi yang lebih baik lagi,” jelas Siti Aisyah.

Pelaunchingan Klinik Konsultasi APIP Kota Metro

Pemerintah Kota Metro melaunching Klinik Konsultasi Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP) Kota Metro, yang bertempat di Halaman Inspektorat Kota Metro, Kamis (20/09/2018).

Dalam sambutan Wakil Walikota Metro Djohan, mengucapkan apresiasi dan berharap dengan adanya Klinik Konsultasi APIP, mampu meningkatkan kinerja Inspektorat dalam melaksanakan pembinaan dan pengawasan perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kota Metro.

“Meskipun Inspektorat adalah bagian dari perangkat daerah namun , dalam kedudukannya tetap harus memberikan saran kepada perangkat daerah lain, jika perangkat daerah ingin melakukan konsultasi. Sehingga nantinya banyak kekeliruan/kesalahan yang dapat dicegah lebih awal,” ujar Djohan.

Lebih lanjutnya, dengan dibentuknya klinik konsultasi APIP akan memberikan ruang bagi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) mendapatkan saran dan bahan pertimbangan. Hal ini dalam rangka mendukung pencapaian visi misi dan program program unggulan sebagaimana yang tertuang pada RPJMD di Kota Metro tahun 2016-2021.

“Sebelum meresmikan APIP diharapkan kepada Inspektorat dapat berkomitmen, agar pelaksanaan pengawasan berdasarkan prinsip professional, independen, objektif, tidak tumpang tindih. Dan kepada OPD di Lingkungan Pemerintah Kota Metro, agar kiranya keberadaan klinik konsultasi ini bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya,” tegasnya.

Tambahnya di akhir sambutan orang nomor dua ini mengatakan, konsultasi kan berbagai permasalahan seperti, potensi penyimpangan pelanggaran aturan, maupun kerugian daerah atas suatu program kegiatan. “Sehingga Dari louncing nya klinink APIP ini mampu membawa lebih baik Kota Metro dari Kabupaten yang lainnya,” tutupnya.

Sementara itu, kegiatan ini dihadiri Plh. Kepala BPKP Provinsi Lampung Rita Erva, Staf Ahli Pemerintah Kota Metro, Kepala OPD, Camat dan Lurah se-Kota Metro.

Turnamen Bola Volly Putri Tingkat SMP se-Kota Metro Tahun 2018

Persatuan Olahraga Wanita Seluruh Indonesia (PERWOSI) mengadakan Turnamen Bola Volly Putri Tingkat SMP Se-Kota Metro Tahun 2018 yang diikuti oleh 7 Team Bola Volly Putri. Acara ini berlangsung di STO (Sekolah Tinggi Olahraga) Kota Metro, Rabu (19/09/18).

Pada kegiatan ini turut dihadiri oleh Penasehat PERWOSI Heryati Pairin, Ketua PERWOSI Siti Aisyah Djohan, Ketua PBVSI Kota Metro Kustani, Pengurus PERWOSI Kota Metro, Kepala Sekolah SMP se-Kota Metro, para wasit dan peserta turnamen bola volly putri.

Ketua PERWOSI Siti Aisyah Djohan dalam laporannya menyampaikan, dasar dari pelaksanaan program kerja PERWOSI Kota Metro bersumber dana dari APBD Kota Metro tahun 2018, sebagai dukungan aksi organisasi bidang olahraga.

“Adapun maksud dan tujuan pelaksana kegiatan ini untuk memantau bakat, pembibitan serta meningkatkan prestasi olahraga bola volly putri. Selanjutnya akan dilakukan pembinaan melalui Perkumpulan Olahraga di Kota Metro,” ujar Ketua PERWOSI.

Sedangkan dalam penyampaian Kepala Dinas Kepemudaan,Olahraga dan Pariwisata Yerri Ehwan, mengungkapkan rasa bahagia atas nama Pemerintah Kota Metro. “Saya memberikan apresiasi kepada para peserta turnament Bola Volly Putri Indonesia, atas ke ikut sertaan adik-adik dalam memenuhi agenda. Peserta dituntut untuk sportif jangan sampai ada kecurangan, karena hal ini sebagai ajang prestasi antar sekolah. Sekali lagi saya ucapkan selamat bertanding. Salam olahraga,” tutupnya.

Kemudian dari sambutan Penasehat PERWOSI Kota Metro, yang sekaligus membuka acara Turnamen ini mengatakan, tujuan dari kegiatan ini untuk mencari bibit atlet berprestasi khususnya bola volly putri, yang semakin langka di Kota Metro yang kita cintai ini.

“Agar pelaksanaan kegiatan ini dapat berhasil, kami mengharapkan dukungan para Kepala Sekolah, agar dapat menggiatkan kembali olahraga bola volly di sekolah masing-masing. Kepada anak-anakku peserta turnamen dan para wasit, pesan saya agar dapat menjaga kesportifan dalam pertandingan ini,” tutupnya.

Gebyar Donor Darah & HUT PMI Kota Metro

Achmad Pairin menghadiri acara Gebyar Donor Darah dalam rangka memperingati HUT Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Metro ke-73 Tahun 2018. Acara yang berlangsung di Gedung Wisma Haji Kota Metro tersebut mengusung tema, Bersama Kita Membantu Sesama Dalam Semangat Kepahlawanan Relawan, Rabu (19/09/2018) .

Dengan tema tersebut, dr. Ade Kurniawan selaku Ketua Panitia Gebyar Donor Darah memberikan apresiasi kepada bapak ibu pahlawan PMI dan Relawan PMI yang dengan penuh semangat tanpa pamrih memberikan sumbangsihnya bagi kelangsungan hidup manusia, bagi kesehatan Kota Metro  terutama dalam pelayanan darah yang mudah didapat/dijangkau oleh masyarakat.

Ade Kurniawan mengatakan bahwa kebutuhan akan darah di Kota Metro setiap tahunnya terus meningkat, hal tersebut merupakan tantangan Unit Donor Darah (UDD) PMI untuk terus melakukan inovasi dan aksi dalam upaya pemenuhan kebutuhan tersebut.

“Walaupun belum 100% tetapi kami mampu mengimbangi peningkatan kebutuhan tersebut, hal ini bukan karena kerja kami namun ini adalah karena bapak ibu semua para pahlawan dan relawan donor darah sukarela,” ujarnya.

Sementara itu, Walikota Metro Achmad Pairin yang juga sebagai Ketua PMI Kota Metro, menyambut baik dan mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan Gebyar Donor Darah dan juga sekaligus memperingati HUT PMI Kota Metro ke-73 yang jatuh pada tanggal 17 September. Kegiatan yang berlangsung ini sejalan dengan Misi Kota Metro Tahun 2016-2021 yaitu “Meningkatkan Kualitas Sumberdaya Manusia Melalui Sektor Pendidikan dan Kesehatan”.

Pairin menjelaskan, cakupan darah di Kota Metro dalam satu tahun mencapai 14.000 kantong darah, yang selanjutnya dari jumlah tersebut ada diantaranya yang tidak diperbolehkan untuk diberikan kepada orang lain.

“Untuk memberikan transfusi darah ini tidak gegabah dan tidak sembarangan, harus melalui pemeriksaan, darah yang tidak diperbolehkan untuk diberikan kepada orang lain antara lain didalam darah mengandung penyakit hepatitis, penyakit sifilis, dan penyakit HIV,” jelas Ketua PMI Kota Metro tersebut.

Lanjutnya, Pairin berharap UDD PMI dapat memberikan hasil dan pelayanan yang lebih baik, agar apa yang dipercayakan oleh Pemerintah dan Masyarakat indonesia kepada PMI dalam bidang Transfusi Darah dapat terwujud sebagaimana mestinya.

Usai sambutan, dilanjutkan dengan penandatanganan MoU VCT Dinkes dan RSU A Yani, PMI Kota Metro yang disaksikan langsung oleh Walikota Metro. Dan kemudian berlanjut dengan Penyerahan Piagam Penghargaan sebagai Pelopor Donor Darah, serta pemotongan tumpeng oleh Walikota Metro dan Ketua PMI Provinsi Lampung.

Pengundian Ratusan Hadiah dari Paguyuban SRC Lampung

Perkumpulan retail tradisional Lampung yang tergabung dalam Paguyuban SRC (Sampoerna Retail Club) Lampung meluncurkan program undian berhadiah bernama  #YukBelanjaKeSRC.

Pada kesempatan ini, Pemerintah Kota Metro yang terwakili oleh Staf Ahli Bidang II Dian Christini menghadiri SRC gathering penarikan undian, yang dilakukan di Lapangan Samber Kota Metro, Selasa (18/09/2018).

Dalam sambutan Dian Christini mengatakan, dengan adanya paguyuban SRC semoga dapat memberikan distribusi besar di Kota Metro. Sehingga mampu mendukung visi Kota Metro sebagai Kota Pendidikan dan Wisata Keluarga berbasis Ekonomi Kerakyatan Berlandaskan Pembangunan Partisipatif.

Dengan harapan SRC dapat membantu ekonomi masyarakat, baik secara langsung dan tidak langsung. Semoga juga. Sampoerna Retail Club lebih maju dan berkembang, sehingga membawa kebaikan buat kita semua,” ungkap Dian Christini.

Sedangkan itu, dalam penyampaian Ketua pelaksana Riyanto melaporkan bahwa, program ini akan dilaksanakan serempak pada 19 Maret – 26 Agustus 2018. Konsumen yang belanja di outlet SRC berkesempatan mendapatkan berbagai  hadiah diantaranya dua unit sepeda motor, TV, sepeda, handphone, dispenser, blender, voucer belanja dan hadiah menarik lainnya.

“Caranya cukup mudah, setiap konsumen  yang berbelanja dengan minimal senilai Rp. 30 ribu akan mendapatkan satu kupon undian dan berlaku kelipatan. Hal ini digelar untuk menghadapi bisnis retail tradisional dan retail modern. Kita tahu minat masyarakat untuk berbelanja di ritel modern makin tinggi, maka kita menginisiasikan perkumpulan retail tradisional Lampung yang tergabung dalam SRC membuat program yang akan memikat konsumen,” kata dia.

Kegiatan ini juga dihadiri perwakilan Dinas sosial angga, perwakilan Polres Metro, Notaris Edwin dan Pembina SRC Pembina Regional Sumatra 4, Pembina SRC Area Metro, Kepala Cabang BNI dan Paguyuban Lampung Tengah, Paguyuban Metro serta Paguyuban Lampung Timur.