Achmad Pairin Buka Lomba Mapel dan Seni Tingkat SD Swasta Katolik se-Lampung

Lomba Mata Pelajaran (Mapel) dan Seni Tingkat SD Swasta Katolik, yang diadakan Majelis Pendidikan Khatolik Keuskupan Tanjung Karang Tahun 2019, Jumat (22/02/19).

Kegiatan yang berlangsung di TK SD Xaverius Metro diikuti oleh SD Katolik se Provinsi Lampung, baik dari Tulang Bawang, Tanjung Karang, Kota Metro, Lampung Tengah, Lampung Utara serta yang lainnya.

Dalam kegiatan ini, dihadiri juga oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Metro, Kepolisisn Resort Metro, Ketua Majelis Pendidikan Khatolik, Dewan Kesenian Kota Metro dan Tamu undangan.

Dalam laporannya, Ketua Majelis Pendidikan Khatolik Suster Martina menyampaikan bahwa, tema kegiatan ini yakni “Persembahan Anak Sulung Dan Buah Bungaran Dalam Meraih Prestasi” dengan harapan potensi anak semakin tumbuh dalam sebuah kompetisi.

“15 sekolah dengan jumlah peserta 255 dan pendamping 200 orang  se-provinsi lampung, telah mengikuti kegiatan lomba yang diadakan tiap tahunnya dengan 12 cabang perlombaan baik seni maupun mata pelajaran,” jelasnya.

Dengan harapan, kegiatan ini akan kita raih sebagai kesatuan serta mengajak para anak dan pendamping maupun juri dalam meraih prestasi.

Pada sambutannya Walikota Metro Achmad Pairin, yang sekaligus membuka kegiatan mengucapkan terimakasih dan selamat datang kepada peserta lomba, dimana SD Xaverius Metro saat ini  telah dipercaya menjadi tuan rumah pada kegiatan ini.

“Kepada dewan juri, kegiatan ini merupakan wujud dari visi misi Kota Metro. Untuk itu, laksanakan tugas kalian secara profesional dengan begitu hasilnya akan maksimal,” jelasnya.

Rakor Pemkot Metro Bulan Februari Tahun 2019

Rapat Koordinasi (Rakor) Pemerintah Kota Metro bulan Februari tahun 2019 yang berlangsung di Aula Pemda Kota Metro, Kamis (21/02/19).
Kegiatan yang dipimpin oleh Walikota Metro dihadiri oleh Wakil Walikota Metro, para Asisten dan Staf Ahli, Kepala OPD Kota Metro, Kabag, Camat, Lurah se Kota Metro serta Instansi Vertikal.
Dalam arahannya Walikota Metro Achmad Pairin menyampaiakan bahwa pada rakor pada hari ini membahas tentang kegiatan yang telah dilakukan bersama yaitu musrenbang. Dimana kegiatan ini dengan harapan, dapat membawa perubahan serta perencanaan yang pas serta memenuhi kebutuhan masyarakat.
“Para Lurah saya mengajak, agar berwawasan lebih tinggi, dengan harapan program yang akan dilaksanakan yaitu pemansangan lampu dapat terwujud sehingga Metro lebih terang,” ucapnya.
Selain itu, Achmad Pairin juga mengucapakan terimakasih atas kesigapan Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kota Metro atas penanganan masalah wabah penyakit DBD yang siklusnya 5 tahun sekali.
Pada kesempatannya, Wakil Walikota Metro Djohan juga menegaskan agar perencanaan musrenbang ini harus berasal dari masyarakat yang juga akan disinkronkan oleh kebijakan pusat/provinsi, sehingga apa yang sudah direncanakan dapat berjalan dengan baik.
“Selain itu, visi misi Kota Metro sebagai kota wisata keluarga, dengan begitu kita pun harus memiliki central oleh-oleh, karena selama ini banyak orang dari luar Metro  masih sulit mecarinya,” jelanya.

Musrenbang di Kelurahan Hadimulyo Timur

Walikota Metro Achmad Pairin menghadiri acara Musrenbang di Kelurahan Hadimulyo Timur, Jumat (20/02/19).

Heri selaku Lurah Kelurahan Hadimulyo Timur menyampaikan laporannya bahwa, Kelurahan Hadimulyo Timur adalah merupakan kelurahan pecahan dari 3 kelurahan di Metro Pusat.Kelurahan  jumlah RW 15 dan Ketua RT 45.

“Kemudian realisasi pokok PBB tahun ini sebanyak Rp.150.000.000 per desember, dan sudah masuk sebesar Rp. 118.000.000  atau sebesar 89,32 %,” ungkapnya.

Kepala Bapedda Kota Metro, Bangkit Haryo Utomo, menyampaikan tema untuk 2020 yakni “Kita Mantapkan Pembangunan Manusia, Infrastruktur dan wisata keluarga Untuk Metro Sejahtera”. Tema tersebut disusun oleh Bappeda yang di bantu oleh Staf Ahli Walikota Metro.

Sedangkan dalam sambutan Walikota Metro Achmad Pairin, mengucapkan terima kasihnya atas kehadiran saudara-saudara yang telah hadir di Musrenbang kali ini.

“Saya harapkan untuk saling berkordinasi antara Lurah, RW, RT agar dapat terjalin kerja sama, guna menyelesaikan apa yang belum selesai. Tapi saya salut seluruh Ketua RW, RT hadir semua pada kesempatan ini,” ungkap Pairin.

Diakhir sambutan Pairin mengatakan bahwaa, baru kali ini RT, RW semuanya hadir di acara Musrenbang.  “Semoga dengan pertemuan ini dapat mendapatkan solusi guna pembangunan di Keluarahan Hadimulyo Timur yang bermanfaat,” tutupnya Achamad Pairin.

Dana 5 Miliyar akan di Glontorkan di Kelurahan Hadimulyo Barat

Musrenbang Tingkat Kelurahan yang kali ini berlangsung di Aula Kelurahan Hadimulyo Barat, Metro Pusat yang di hadiri langsung oleh Wakil Walikota Metro Djohan, Selasa (18/02/2019).

Pada kesempatan ini turut di hadiri para staf ahli dan Asisten Setda Kota Metro, Kepala OPD se Kota Metro, serta para Camat Metro Pusat dan Lurah Hadimulyo Barat. Tak luput juga dihadiri para LPM, Kader PKK, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, dan tokoh wanita di Kelurahan Hadimulyo Barat, Metro Pusat.

Dalam sambutan Lurah Hadimulyo Barat Herwan Efendi mengatakan luas Kelurahan Hadimulyo Barat seluas 1800 M2  dengan jumlah RW 11 dan Ketua RT 45. “Kemudian
realisasi pokok PBB tahun ini sebanyak Rp. 224.895.360 per desember, dan sudah masuk sebesar Rp. 156.916.780  atau sebesar 73,32 %,” ungkapnya.

Herwan menerangkan mengenai hasil pra musbang di bidang fisik rencananya untuk pembangunan Jl. Bambu Kuning RW 06, Jl. Kebun Cengkeh RW 04, Jl. Natuna RW 02 dan
Jl. pinglet RW 05 RT 21.

“Sedangkan untuk rencana pembangunan drainase akan ditempatkan di Jl. Mulia barat,  Jl. Poksai, Jl. Tanjung. Dimana jalan yang kami pilih dikarenakan, sebagian besar di wilayah ini belum adanya pembangunan drainase selama ini. Kemudian kita juga rencananya akan meningkatkan hasil rumah kerajinan tangan pada CV Wulandari,” jelas Herwan.

Sementara itu, Wakil Walikota Metro Djohan mengucapkan terimakasih kepada Bapak dan ibu yang sudah hadir dalam musrenbang kelurahan kali ini, terlebih yang sudah melakukan pra-musrenbang.

“Saya berpesan kepada masyarakat untuk selalu mengawasi perkembangan musrenbang dari tingkat Kelurahan, Kecamatan dan tingkat Kota. Sehingga jangan sampai ada pembangunan yang tidak di usulkan oleh masyarakat,” kata Wakil Walikota.

Lebih lanjutnya, Djohan mengatakan Kelurahan Hadimulyo Barat akan mendapatkan dana sebanyak 5 Miliyar untuk pembangunan. Ia juga meminta kepada masyarakat, untuk terus mengawasi pembangunan yang ada di wilayahnya.

“Masyarakat juga turut mengawasi pembangunan yang ada di wilayahnya, serta langsung laporkan jika pembangunan tidak sesuai standar. Jangan sampai sudah selesai bangunan yang bertahun-tahun baru di laporkan,” ungkapnya.

Sekda Kota Metro hadiri Musrenbang di Yosomulyo

Sekda Kota Metro, A. Nasir AT, menghadiri Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) di Kelurahan Yosomulyo, senin (18/19).

Dalam kesempatan ini, Sekda Kota Metro memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada saudara yang telah hadir pada kesempatan ini. Ia menyampaikan, bahwa kesempatan ini bersama-sama akan membicarakan Musrenbang Kelurahan Yosomulyo yang membahas usulan masyarakat guna pembangunan di Kelurahan ini.

“Dimana hal ini kita akan menyepakati keputusan yang akan menjadi prioritas pembangunan di tahun mendatang. Saya berharap, untuk semua yang hadir disini untuk bersama-sama bekerjasama demi kemajuan Kelurahan Yosomulyo,” tegasnya.

Kepala Bapedda Kota Metro, Bangkit Haryo Utomo, menyampaikan tema untuk 2020 yakni “Kita Mantapkan Pembangunan Manusia, Infrastruktur dan wisata keluarga Untuk Metro Sejahtera”. Tema tersebut disusun oleh Bappeda yang di bantu oleh Staf Ahli Walikota Metro.

Achmad Pairin Pimpin Upacara Bulanan Pemerintah Kota Metro

Walikota Metro memimpin langsung Upacara Bulanan Pemerintah Kota Metro Bulan Ferbuari yang berlangsung di Samber Park Kota Metro, Senin (17/02/19).

Achmad Pairin  dalam sambutannya, kembali mengingatkan kepada ASN yang ada di Kota Metro untuk disiplin dalam bekerja, sebagai seorang ASN Abdi Negara dan Abdi Masyarakat.

“Dimulai dari jam masuk kerja, apel pagi dan tanggung jawab atas tugas yang telah dibebankan sesuai tupoksinya masing-masing dengan harapan  kita semua dapat melaksanakan tugas kita penuh rasa tanggung jawab dan semangat yang tinggi,” ujarnya.

Dikesempatan yang sama, Walikota Metro juga berpesan kepada seluruh peserta  yang hadir untuk waspada terhadap meningkatnya kasus Demam  Berdarah Dengue (DBD) di lingkungan Kota Metro.

“Dengan Tingkat DBD yang tinggi di Kota Metro saya menghimbau kepada kita semua  agar dapat menjaga kebersihan  sehingga bebas dari nyamuk aedes aegypti dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman terhadap kesehatan lingkungan yang merupakan salah satu faktor pencetus meningkatnya kasus Demam Berdarah Dengue (DBD)”, ucap Pairin.

Lanjut Pairin, Pemerintah Kota Metro melalui Dinas Kesehatan dan semua pihak terkait agar memberikan informasi tentang pencegahan dan pemberantasan penyakit DBD kepada masyarakat sehingga dapat melakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) DBD secara terus menerus dan pemeliharan menjadi kebiasaan sehari-hari bagi setiap keluarga.

“Tentunya diperlukan kerjasama seluruh lapisan masyarakat agar ikut serta dalam pelaksanaan PSN-DBD sehingga penyakit DBD dapat dicegah sedini mungkin dan di minimalisir perkembangannya”, tutupnya.