Festival Anak Islam Ke-II SD Nurul Huda Islamic School

Festival Anak Islam (FAIS) ke-II di SD Nurul Huda Islamic School Tahun 2020, bertemakan Mewujudkan Generasi lslam yang Unggul Berakhlakarimah dan Mandiri, Sabtu (18/01/2020).

Acara ini turut dihadiri Walikota Metro, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Metro, Ketua Yayasan dan Kepala SD Nurul Huda Islamic School, serta para undangan.

Dengan tema Mewujudkan Generasi Ialam yang Unggul Berakhlakarimah dan Mandiri, bertujuan untuk mempererat silaturrahmi antar anak-anak muslim dan muslimah.

Dimana acara ini berlangsung selama dua hari yaitu tanggal 17-18 Januari 2020 dan diikuti dari 8 TK se-Kota Metro dan 7 TK dari Lampung Tengah dan sekitarnya. Perlombaan yang diadakan pada acara ini berupa lomba Tasydid, Dai, Adzan, dilanjutkan lomba Mewarnai, lomba Nasi Tumpeng dan lomba Pensi.

Pada kesempatan yang sama, Walikota Metro Achmad Pairin, menyambut baik pelaksanaan FAIS ke-II SD Nurul Huda Islamic School ini. Sebagai lembaga pendidikan tingkat Dasar telah menjadi sebuah aset bersama dari upaya kita untuk membentuk generasi muda intlektual yang cerdas, memiliki landasan islami yang kokoh, serta berakhlak mulia, sesuai dengan nilai-nilai ajaran agama islam.

“Melalui kegiatan ini dapatv dijadikann sebagai wahana yang baik dalam membina silahturahmi diantara pata pelajar, sehingga secara tidak langsung visi Kota Metro sebagai Kota Pendidikan,” tutup Pairin.

Penyerahan Bantuan CSR dan 5 Unit Motor, saat Upacara Bulanan Pemkot Metro

Upacara Bulanan Pemerintah Kota Metro yang berlokasi di Lapangan Samber, dibarengi dengan penyerahan Bantuan CSR dan Bantuan Motor Pengangkut Sampah, Jumat (17/01/20).

Walikota Metro beserta jajarannya secara langsung menyerahkan Hibah yang berupa 5 Unit Motor Pengangkut Sampah dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Tahun Anggaran 2020, dalam rangka meningkatkan fasilitasi bank sampah.

Sementara dari PT. Bank Lampung memberikan bantuan CSR senilai Rp. 184.480.000 untuk 9 item diantanya, Pendidikan di TK Khodijah Rp. 25.000.000-, Ekonomi Kerakyatan Kube E-warung  Drupadi Rp.18 .990.000-, Kube E- warung Sentosan Rp. 19.900.000-, Kube E- warung Bina Makmur Rp. 12.880.000-, Kelompok Tani Mandiri Jasa Bersama Rp. 15.000.000-, Wulandari Handmade Rp. 20.740.000-, Rumah Tapis Dewi Sartika Rp. 22.000.000-, Pelestarian Lingkungan Hidup Kelompok Bank Sampah Rp. 27.000.000-,  dan Infrastruktur Dinas kepemudaan dan olahraga Rp. 23.000.000,-.

Berdasarkan sambutan Walikota Metro Achmad Pairin mengatakan kepada pegawai ASN untuk disiplin dalam bekerja, yang berdasarkan tupoksinya masing-masing.

“Saya berharap, kita harus tanamkan sejak dini kedisiplin kerja. Sehingga kegiatan kedinasan harus diiringi dengan tanggung jawab, agar menghasilkan kinerja yang baik,” kata Pairin berdasarkan liputan dari Kominfo Metro .

Pada kesempatan yang sama Pairin juga mengucapkan terimakasih kepada PT. Bank Lampung Cabang Metro dan Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI atas bantuan yang diberikan untuk Kota Metro.

“Sehingga dari bantuan ini juga, kita kami bersama-sama saling bahu membahu, untuk mewujudkan visi Kota Metro sebagai, Kota Pendidikan dan Wisata Keluarga berbasis Ekonomi Kerakyatan Berlandaskan Pembangunan Partisipatif,” tutup Pairin. (sr/dk)

Pisah Sambut Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Kota Metro

Wakil Walikota Metro menghadiri acara serah terima jabatan dan pisah sambut Kepala Lembaga Pemasyarakatan (LP) Kelas II A Kota Metro dan Kepala Rumah Penyimpanan Benda Sitaan dan Rampasan Negara, di Halaman Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Kota Metro, Kamis (16/01/2020).

Kepala LP Kelas II A Kota Metro Ismono, yang sebelumnya menjabat digantikan oleh Ade Kuswanto sebagai Kepala LP Kelas II A Kota Metro yang baru. Kepala Rumah Penyimpanan Benda Sitaan dan Rampasan Negara yang sebelumnya adalah Firman Hidayat, sekarang dijabat oleh Sahril.

Acara yang dihadiri oleh Wakil Walikota Metro Djohan, Anggota Fokorpimda Kota Metro, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Lampung,  Kepala Badan dan Kepala UPT, serta Satker Lapas se-Provinsi Lampung.

Pada kesempatan tersebut Sutarjo sebagai perwakilan rekan-rekan Lapas menyampaikan ucapan terima kasih dan juga ucapan selamat datang kepada Kepala Lembaga yang baru. “Terima kasih kepada Bapak Ismono dan juga Bapak Firman atas bimbingan dan pembinaannya selama masa jabatan, dan juga saya ucapkan selamat datang kepada Bapak Ade dan Bapak Sahril di Lapas kelas II A Kota Metro, dan semangat atas tugas baru yang akan diemban di Lapas Kelas II A Kota Metro,” ucap Sutarjo.

Sementara itu dalam sambutannya, Kepala Lapas Kelas II A Kota Metro Ade Kuswanto, meminta dukungan kepada rekan-rekan untuk dapat bekerja sama. “Semoga kita dapat bekerja sama dengan baik, sebagai rekan kerja dan saya juga mengharapkan kedepannya Kota Metro menjadi lebih kondusif lagi,” ucapanya.

Wakil Walikota Metro Djohan, juga menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada Bapak Ismono dan Bapak Firman selama masa jabatannya telah mengkoordinasikan dan memaksimalkan kinerja personil di unit kerjanya. Djohan juga menyampaikan ucapan selamat datang kepada kedua Kepala Lembaga yang baru. “Selamat datang dan selamat bertugas sebagai Kepala LP Kelas II A Metro Bapak Ade Kuswanto dan Bapak Sahril, dengan harapan kerja sama dan silahturahmi yang telah terbina selama ini dapat terus kita jalin dengan baik,” tutupnya.

Serah Terima Jabatan Lurah Rejomulyo Metro Selatan

Asisten I Kota Metro Ridhwan mewakili Walikota Metro menghadiri pelaksanaan serah terima jabatan Lurah Rejomulyo di Balai Kelurahan Rejomulyo Metro Selatan, Selasa (14\01\2020).

Acara yang dihadiri oleh Staf Ahli Kota Metro, Kepala OPD Kota Metro, Unsur Pimpinan Kecamatan Metro Selatan, para Lurah se-Kecamatan Metro Selatan, serta para Tokoh Masyarakat

Pada sambutan Camat Metro Selatan menyampaikan, selamat kepada Mutiara, S.E yang sudah dikukuhkan menjadi Lurah Rejomulyo tepatnya, kemarin pada tanggal 07 Januari 2020.

“Proses ini merupakan tangung jawab ASN yang telah ditunjuk oleh pemerintah untuk melaksanakan tugas yang ada, dan dapat melaksanakan tugas dengan rasa penuh tanggung jawab, sehingga pelaksanaan pelayanan masyarakat dapat berjalan dengan baik. Semoga tugas yang  telah diterima dapat terlaksana dengan baik dan juga tidak mendapatankan  halangan,” terang Juanda.

Sementara dalam penyampaian Ridhwan mengatakan, atas nama pribadi dan Pemerintah Kota Metro mengucapkan selamat kepada Muriara, S.E sebagai Lurah Rejomulyo.

“Dengan Sertijab ini, kami berharap kepada saudara-saudara kiranya dapat menerima amanah ini dengan baik dan meneruskan tongkat estafet pimpinan dari pejabat sebelumnya. Sehingga dapat meningkatkan dan menyempurnakan lagi berbagai hal yang terkait dengan kegiatan administrasi dan koordinasi dibidang pemerintahan, pelayanan publik, pembangunan dan lain sebagainya,” ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, Ridhwan mengingatkan kepada seluruh Lurah dan Aparatur Pemerintah Kota Metro, agar tetap menanamkan dan melaksanakan prinsip Tata Kelola Pemerintahan yang baik.

“Prinsip ini yaitu transparasi, aspirasi, dan akuntabilitas. Tentunya hal ini harus berlaku pada semua level pemerintahan,” terang Ridhwan di akhir sambutan.

Sertijab Camat Sekaligus Pelantikan TP PKK Kecamatan Metro Timur

Pemerintah Kota Metro mengadakan Serah Terima Jabatan Camat Metro Timur yang semula Rosita menjadi Jonizar Arifin, yang berlangsung di Halaman Kantor Camat Metro Timur, Selasa (14/01/2020).

Turut Hadir pada acara tersebut Walikota Metro, Wakil Walikota Metro, Asisten I Kota Metro, Para Staf Ahli Kota Metro, Ketua TP PKK Kota Metro, Kepala OPD se-Kota Metro, Forkopimcam Metro Timur, Camat dan Lurah, Ketua RT/RW se-Kota Metro, Danramil Metro Timur, serta tamu undangan.

Serah Terima Jabatan (Sertijab) Camat Metro Timur tersebut ditandai dengan penandatanganan naskah serah terima jabatan yang disaksikan oleh Walikota Metro, beserta staf jajarannya.

Pada kesempatannya, Rosita selaku pejabat lama menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Kota Metro yang telah mempercayakan jabatan Camat kepadanya. “Selama kurang lebih empat tahun lima bulan saya dipercayakan sebagai Camat Metro Timur, dan sekarang diberi amanah dalam mengemban jabatan sebagai Kepala Bagian Pemerintahan Setda Kota Metro. Saya mohon bantuan dan arahannya agar dapat mengemban tugas ditempat yang baru dengan sebaik-baiknya,” ujar Rosita.

Pada kesempatan yang sama juga, Jonizar Arifin selaku pejabat baru menyampaikan agar seluruh pejabat yang ada di Kecamatan Metro Timur dapat mendukung dan membantu dalam menjalankan tugas ini, sehingga  dapat memberikan yang terbaik untuk Pemerintah Kota Metro.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kota Metro Heriyati Achmad Pairin dalam sambutannya mengucapkan terima kasih serta apresiasi yang tinggi kepada Ketua TP PKK lama yang telah melaksanakan tugas dengan baik, semoga apa yang telah dilakukan masih terus dirasakan manfaatnya bagi keluarga dan masyarakat Kecamatan Metro Timur. “Saya ucapkan selamat bertugas kepada Ny. Eva Livia Ayu Jonizar sebagai ketua TP PKK Kecamatan Metro Timur. Amanah yang ibu emban cukup berat, namun saya percaya bahwa ibu dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya, apalagi hal ini bukanlah hal baru bagi ibu yang memang sudah pernah bertugas di PKK,” tutupnya.

Selanjutnya, dalam kesempatannya Walikota Metro Achmad Pairin menyambut baik atas terlaksananya kegiatan ini dan mengucapkan terima kasih kepada camat lama yang sudah mengemban tugas dengan baik, dengan berbagai pencapaian, juga prestasi yang telah diraih selama ini.

“Selamat bertugas kepada bapak Jonizar sebagai Camat Metro Timur, saya juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran di pemerintahan Kota Metro atas pencapaian prestasi dan kemajuan Kota Metro,” tutup Pairin. (ian/nv)

Walikota Metro Pimpin Apel Siaga Bencana

Walikota Metro menjadi pemimpin apel bersama  dengan Dandim 0411 LT dan Kapolres Metro pada acara Apel Siaga Bencana Kota Metro. Kegiatan yang berlangsung di Halaman Apel Polres Metro (13/01) tersebut turut hadir dari TNI-Polri, Sat Pol-PP, Dishub, dan BPBD Kota Metro.

Secara geografis Kota Metro termasuk wilayah yang relatif cukup aman dari kemungkinan bencana, namun fenomena iklim yang sulit untuk diprediksi seperti saat ini tentu harus diwaspadai terjadi di Kota Metro diantaranya kebakaran, banjir, angin puting beliung, dan lain sebagainya.

Walikota Metro Achmad Pairin menerangkan, bahwa tanggung jawab penanggulangan bencana tidak hanya berada di atas pundak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), akan tetapi juga menjadi tanggung jawab semua pihak dan seluruh lapisan masyarakat.

“Keberhasilan penanggulangan bencana sangat ditentukan oleh kesiapsiagaan para petugas pelaksana di lapangan, peran serta warga masyarakat, peran instansi terkait serta tersedianya sarana pendukung lainnya”, terangnya.

Tambahnya, Pairin mengatakan, dengan adanya pelaksanaan apel siaga ini bertujuan untuk menyamakan langkah serta menyatukan tekad untuk saling bekerjasama dalam upaya penanggulangan setiap terjadinya bencana.

Usai pelaksanaan apel, dilanjutkan dengan pemeriksaan pasukan dan peralatan. (Dk)